Gudang Informasi

√Surat Dinas Yakni

√Surat Dinas Yakni
√Surat Dinas Yakni

Pada kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel perihal Surat Dinas Berikut Adalah Penjelasannya:




Pengertian Surat Dinas


Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Surat Dinas adalah  surat yang sudah dikeluarkan oleh kantor pemerintah maupun instansi atau juga lembaga yang resmi yang lain dan tidak dikenakan dari biaya.


Surat dinas isinya akan ditujukan untuk kebutuhan kedinasan, baik itu pemerintah maupun swasta. Karena fungsi kedinasan tidak cuma berlaku di pemerintahan, akan tetapi juga akan berlaku juga di instansi atau juga lembaga swasta. Biasanya isinya juga akan berupa permasalahan seperti penyampaian pengumuman, sumbangan sebuah izin, bantuan peran atau yang lain-lain.


Oleh alasannya itu, bila terdapat surat yang sudah diantarkan dari satu pihak ke pihak lain yang isinya akan berhubungan dengan kepentingan peran maupun acara dinas sebuah instansi, maka surat mirip itu disebut juga surat resmi. Kenapa disebut surat resmi? sebab penulisan dalam surat dinas itu ditulis dengan format atau juga memakai bahasa yang resmi.




Jenis – Jenis Surat Dinas


Jenis – jenis surat dinas terdapat 8 macam atau bahkan lebih , yaitu surat pemberitahuan, surat seruan, surat kuasa, surat keterangan, surat memo atau nota dinas, surat edaran, surat pengantar, surat perintah serta pemahaman surat tugas. Berikut ini keterangan dari masing – masing jenis surat dinas tersebut,ialah :


1. Surat pemberitahuan


Surat pemberitahuan merupakan jenis surat dinas yang isinya terdapat pemberitahuan yang hendak ditujukan pada semua anggota lingkungan kerja supaya mereka mengetahui suatu hal maupun juga gosip tertentu terkait apa yang perlu dikenali.


2. Surat undangan


Surat undangan merupakan surat yang isinya terdapat pemberitahuan yang bersifat menghendaki kedatangan seseorang maupun sekelompok orang supaya mampu berkumpul dalam program tertentu di kawasan atau waktu yang sudah diputuskan .


3. Surat kuasa


Surat kuasa merupakan surat yang isinya perihal pelimpahan wewenang dari seseorang pejabat kepada seseorang atau juga pejabat lain yang sanggup menerima amanah untuk dapat akan bertindak mewakili orang yang memberi kuasa tersebut, dikarenakan orang yang akan bersangkutan tidak akan dapat melaksanakannya sendiri.


4. Surat informasi


Surat informasi ialah surat yang isinya dapat berguna untuk menunjukan tentang kegiatan seseorang maupun sesuatu hal-hal tertentu.


5. Surat memo atau nota dinas


Surat memo diketahui juga selaku nota dinas. Surat memo ialah surat khusus yang dapat dipergunakan secara interen dalam suatu unit organisasi yang hendak dilakukan oleh pejabat kantor dengan isi yang condong sungguh singkat.


6. Surat edaran


Surat edaran dalah surat yang isinya akan ditujukan selaku bentuk pemberitahuan perihal sesuatu yang mau ditujukan pada beberapa orang atau juga kepada banyak pihak yang sekaligus.


7.Surat pengirim


Surat pengirim merupakan jenis surat dinas yang dapat dipergunakan untuk mampu mengantar sesuatu dengan maksud biar orang yang hendak mendapatkannya mampu mengenali maksud tertentu sesuatu yang diterimanya.


8. Surat perintah


Surat perintah ialah jenis surat dinas yang akan dikeluarkan oleh sebuah instansi / pihak yang berada pada di posisi / jabatan lebih tinggi yang mau ditujukan kepada pihak / instansi yang lebih rendah, semoga bawahan tersebut mampu berbuat sesuatu maupun tidak berbuat sesuatu sebagaimana akan dijelaskan dalam surat perintah tersebut.




Fungsi Surat Dinas


Secara khusus fungsi surat mampu juga disebut sebagai berikut adalah:



  • Surat dinas sebagai duta atau juga wakil penuli untuk berhadapan dengan musuh bicaranya. Oleh alasannya itu, isi surat ialah gambaran mentalitas pengirimnya.

  • Surat dinas sebagai alat pengingat karena surat mampu diarsipkan atau juga mampu dilihat lagi jika akan diharapkan

  • Surat dinas sebagai anutan kerja, mirip surat keputusan atau juga surat kode

  • Surat dinas sebagai bukti akan tertulis hitam diatas putih, khususnya surat surat yang perjanjian

  • Surat dinas sebagai alat bukti ihwal yang mau dikomunikasikan, yang hendak selanjtunya selaku bukti sejarah, mirip pada surat surat ihwal pergeseran atupun perkembanagan suatu instansi, yuridis atau adminstratif.




Unsur-Unsur Surat Dinas


Unsur-unsur yang akan membentuk surat dinas intinya sama saja dengan surat resmi yag yang lain. Struktur surat dinas adalah:



  1. Kepala surat atau Kop Surat (berisi nama forum atau perusahaan beserta alamatnya).

  2. Tanggal surat.

  3. Identitas surat (nomor, lampiran, dan hal).

  4. Alamat yang dituju.

  5. Salam pembuka surat berbentukkata-kata pembukaan, mirip: dengan hormat, salam sejahtera, dan assalamualaikum.

  6. Tubuh Surat: Pembuka surat, isi, penutup surat berisi kata-kata epilog, mirip: atas perhatian kerabat, kami ucapkan terimakasih.

  7. Salam epilog.

  8. Pengirim (tanda tangan, nama terang, dan jabatan).

  9. Tembusan yang dicantumkan pada tamat surat tersebut.




Contoh Surat Dinas


√Contoh Surat Dinas : Pengertian, Jenis, Fungsi, Unsur dan Contohnya


Demikianlah postingan tentang √Surat Dinas Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Unsur dan Contohnya dari pengajar.co.id supaya berguna.


Advertisement