Gudang Informasi

Akhlak Yaitu

Akhlak Yaitu
Akhlak Yaitu

Halo guys kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan perihal Akhlak Apa itu Akhlak? Mari simak dibawah ini Bersama-sama!


Akhlak Adalah




Pengertian Akhlak Adalah


Akhlak adalah suatu sifat atau perangai yang ada pada diri seseorang yang tercermin dari langkah-langkah serta perbuatan orang itu dalam kehidupannya sehari-hari.


Akhlak menyangkut sikap atau budi pekerti seseorang yang tercermin dari langkah-langkah serta kebiasaan orang itu secara impulsif selaku bentuk manifestasi pencerminan serta refleksi jiwa batinnya.


Secara etimologi, Kata budbahasa diambil dari bahasa Arab “Khuluk” yakni perilaku, baik itu perilaku terpuji ataupun sikap tercela. Akhlak seseorang tercermin dari perilakunya sehari-hari tanpa banyak berpikir atau pertimbangan serta tidak ada unsur paksaan dari luar.




Macam-macam Akhlak Dan Contohnya


1. Akhlak Terpuji


Akhlak terpuji yaitu sifat serta perilaku seseorang pada orang lain yang dikerjakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku di penduduk .


Berikut yaitu acuan Akhlak Terpuji:



  1. Sikap jujur: Perilaku di dalam diri seseorang yang ingin mengungkapkan sesuatu yang sesungguhnya dengan tujuan tak menghadirkan kerugian untuk dirinya dan orang lain.

  2. Perilaku baik: Reaksi psikis seseorang dalam menanggapi hal-hal yang ada di sekitarnya dengan cara yang terpuji.

  3. Rasa aib: Bentuk emosi negatif di dalam diri seseorang sampai membuat orang itu meninggalkan tindakan-perbuatan tercela yang bisa membuatnya malu.

  4. Rendah hati: Sifat pribadi seseorang yang menggangap dirinya sederajat dengan orang lain serta tidak merasa lebih tinggi dari orang lain.

  5. Murah hati: sifat seseorang yang mudah memberi pada orang lain tanpa ada cita-cita yang tujuannya pamer atau pamrih.

  6. Sabar : Sifat di dalam diri seseorang yang mampu bersikap bijak atau menahan diri dalam menanggapi semua sesuatu yang terjadi pada dirinya.


2. Akhlak Tercela


Akhlak terpuji yakni sifat serta perilaku seseorang pada orang lain yang cenderung melanggar norma-norma yang ada di masyarakat.


Berikut Adalah Contoh Akhlak Tercela:



  1. Suka mencuri: Sifat serta perbuatan seseorang yang mengambil hak milik orang lain tidak diikuti seijin dari pemiliknya.

  2. Pemarah: Sifat seseorang yang mudah murka saat sesuatu tak sesuai dengan keinginannya.

  3. Pembohong: Sifat seseorang yang suka berbohong pada orang lain dengan maksud tertentu.

  4. Fitnah: Komunikasi kepada satu orang ataupun lebih maksudnya menawarkan imbas negatif pada pihak lain dengan membertikan fakta palsu yang bisa mensugesti penghormatan, wibawa, maupun reputasi seseorang.




Ruang Lingkup Akhlak


1. Akhlak Pribadi


Perilaku eksklusif seseorang dalam menanggani semua hal yang bekerjasama dengan dirinya sendiri. Contohnya motivasi, adat, kreativitas, serta Emosi.


2. Akhlak Berkeluarga


Perilaku seseorang dalam menanggani hubungan dengan keluarganya, ialah keharusan orang bau tanah, anak, serta kerabat. Contohnya adab terhadap orang tua, tanggungjawab orang tua pada anak-anaknya.


3. Akhlak Bermasyarakat


Perilaku seseorang dalam menanggani relevansinya pada anggota masyarakat yang ada di sekitarnya. Contohnya kehidupan penduduk yang saling membantu, saling menghargai antar tetangga di lingkungan sekitarnya.


4. Akhlak Bernegara


Tingkah laris serta langkah-langkah seseorang dalam menanggani hubungannya dengan negara serta bangsanya. Contohnya membayar pajak demi pembangunan, menjaga kerukunan serta keutuhan bangsa.


5. Akhlak Beragama


Tingkah laku serta langkah-langkah seseorang dalam melaksakanan kewajibannya pada kepercayaannya, baik itu kepada Tuhan ataupun terhadap sesama manusia.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id perihal Akhlak Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!


Advertisement