Gudang Informasi

√Pengertian Data Adalah

√Pengertian Data Adalah
√Pengertian Data Adalah

Pada Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan wacana Data Berikut Adalah Penjelasannya:




Pengertian Data


Data Adalah kumpulan informasi dari sebuah hal yang didapatkan lewat pengamatan kesumber tertentu. Data yang didapat bisa menjadi suatu fakta karena memang belum diproses lebih lanjut. Setelah diproses melalui observasi maka suatu data bisa menjadi bentuk yang lebih kompleks seperti suatu database, gosip bahkan solusi untuk persoalan tertentu.


√Data Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Metode Pengumpulan Data


Dari segi Bahasa kata “data” diperoleh dari kata “datum” yang dalam Bahasa Romawi yang maknanya selaku sesuatu yang diberikan. alasannya adalah itu definisi bahu-membahu dari data adalah diberikan, karena bila menunjukkan maka data itu telah menjadi berita yang baku serta diakui kebenarannya.




Jenis-Jenis Data


Terdapat 2 (dua) jenis tipe data adalah :


1. Data Primer


Berdasarkan asal sumbernya, data primer bantu-membantu adalah angka, skala, dan lain-lain yang diperoleh langsung dari sumbernya. Cara menerimanya mampu melalui wawancara secara live (langsung) dan pengamatan serta jejak pertimbangan . kau juga dapat menyebarkan angket kepada beberapa orang yang telah kau kualifikasi. Hasil angka yang kau peroleh akan lebih akurat, namun sayangnya akan menyantap banyak waktu serta budget.


2. Data Sekunder


Data sekunder ialah hasil perhitungan yang diperoleh tidak secara eksklusif, melainkan mengambil dari sumber yang ada di buku, jurnal, arsip, dan lain-lain. Pastikan sumber yang kau gunakan untuk menerima data tepercaya serta akurat. meskipun lebih meminimalisir duit serta juga waktu, tetapi akibatnya masih tidak dapatdipercaya 100%.




Fungsi Data


Data memiliki kegunaan selaku pembuat keputusan terbaik dalam memecahkan masalah, mampu dijadikan untuk dasar sebuah penelitian, dijadikan sebagai contoh dalam setiap implementasi suatu aktivitas serta terakhir data juga bisa dijadikan untuk bahan evaluasi. Suatu data mampu diibaratkan sebagai dasar penyusunan rencana segala langkah-langkah yang sudah dikerjakan.




Metode Pengumpulan Data


Dalam sebuah observasi, metodeuntuk pengumpulan data ialah aspek penting yang harus dikenali terlebih dahulu untuk mengetahui kesuksesan dalam observasi. Metode tersebut sama dengan cara yang dilaksanakan untuk menghimpun data, mengetahui sumbernya serta alat yang dipakai dalam suatu observasi.

Terdapat 3 teknik yang dipakai dalam tata cara pengumpulan data, ialah Observasi, Wawancara dan Angket. Berikut penjelasanya.


1. Observasi


Observasi ialah sebuah teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden seperti wawancara serta angket, tetapi dalam observasi bisa dipakai untuk merekam aneka macam fenomena yang terjadi mirip situasi serta kondisi yang ada. Teknik pengamatan dibagi menjadi 2, yakni :



  • Participant ObservationNteknik Participant Observation, peneliti secara eksklusif terlibat dalam acara sehari-hari orang.

  • Non participant Observation Teknik ini adalah kebalikan dari teknik participant Observation, adalah si peneliti tidak berpartisipasi dalam acara.


2. Wawancara


Wawancara yaitu teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dengan bertemu secara langsung serta tanya jawab langsung antara peneliti dan narasumber.

Wawancara terbagi menjadi 2 (dua).



  • Wawancara terorganisir ialah peneliti yang sudah mengetahui dengan niscaya perihal isu yang ingin dicari dari responden sehingga daftar pertanyaan sudah dibuat secara sistematis.

  • Wawancara tidak teratur ialah suatu observasi bebas dalam arti peneliti tidak memakai ajaran wawancara yang berisi pertanyaan yang hendak diajukan secara spesifik, dalam wawancara ini cuma memuat poin-poin yang penting saja.


3. Angket


Angket atau kuisioner ialah teknik pengumpulan data yang dijalankan dengan proses menawarkan seperangkat pertanyaan terhadap responden untuk dijawabnya. Dalam prinsip penulisan angket berada beberapa faktor yang harus diperhatikan, yakni :



  • Isi dan tujuan pertanyaan

  • Bahasa yang dipakai mesti sesuai dengan skil yang dimiliki oleh responden.

  • Tipe dan bentuk pertanyaan yang diberikan ialah pertanyaan terbuka atau tertutup. Jika terbuka maka jawaban yang diberikan bebas, kalau tertutup maka responden hanya diminta untuk memilih tanggapan yang telah disediakan.


Demikianlah postingan perihal √Data Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Metode Pengumpulan Data dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.



Advertisement