Gudang Informasi

Seni Rupa 3 Dimensi

Seni Rupa 3 Dimensi
Seni Rupa 3 Dimensi

Pada potensi kali ini pengajar.co.id akan menciptakan artikel yang berjudul Seni Rupa 3 Dimensi – Teknik, Unsur, Bahan, Fungsi dan Contohnya, yuk sama-sama kita diskusikan dibawah ini :Seni-Rupa-3-Dimensi




Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi


Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni yang tidak hanya dibatasi oleh segi panjang dan lebar, tetapi juga dibatasi oleh kedalaman atau tinggi. Dalam bahasa yang sederhana ialah karya seni yang memiliki volume dan menempati suatu ruangan.




Teknik-Teknik Seni Rupa 3 Dimensi


Berikut dibawah ini merupakan teknik seni rupa, ialah :



  1. Teknik aplikasi – yakni karya hias yang digunakan dalam seni menjahit, caranya dengan menempelkan aneka macam macam kain yang sudah di gunting mirip bunga, bintang, boneka dan bentuk lain pada kain selaku dekorasi guna lebih mempercantik.

  2. Teknik mozaik – ialah teknik menggambar dengan bentuk geometris tertentu. Bentuk geometris digunakan untuk mengubah pewarna.

  3. Teknik Merakit – yaitu suatu karya seni dengan menghubungkan beberapa materi. Ini mampu disebut dengan perakitan, perakitan ialah hasil dari pekerjaannya.

  4. Teknik Pahat – adalah teknik yang membuat karya seni dengan meniadakan bahan yang tidak terpakai. Sering dilaksanakan dengan alat martil, pahat, kikir dan sebagainya.

  5. Teknik Cor/Menuang – adalah sebuah karya seni yang dibentuk dengan menuang bahan cair ke alat cetak. Bahan cair yang sering digunakan yang dibuat dari semen, karet, logam dan lain sebagainya.




Unsur-Unsur Seni Rupa


Berikut dibawah ini merupakan unsur seni rupa, yaitu :




  1. Titik


    Titik ialah komponen yang paling fundamental dan terkecil dari karya seni.



  2. Garis


    Garis ialah tabrakan atau batas dari objek, Ruang, bidang, tekstur, warna, dan sebagainya. garis mempunyai dimensi yang cenderung memanjang dan memiliki arah tertentu. Garis juga mempunyai beberapa sifat mirip panjang, pendek, vertikal, tipis, horisontal, lurus, gelombang, melengkung, tebal, patah-patah, miring, halus dan lain-lain.



  3. Bidang


    Salah satu karya seni yang terbentuk atau dibuat dari hubungan beberapa garis disebut dengan bidang. Bidang memiliki dimensi panjang, lebar, atau dapat juga disebut pipih.



  4. Bentuk


    Bentuk mampu ditafsirkan selaku berdiri atau plastis. Bentuknya memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi, sehingga bentuknya memiliki isi atau volumenya.



  5. Tekstur


    Tekstru yaitu sifat permukaan objek. Berdasarkan jenis tekstur yang dibagi menjadi dua jenis tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur faktual sebetulnya mempunyai nilai yang sama dengan kandungan dengan pandangan dan perabaan, sementara Tekstru semu tidak mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan penglihatan dan perabaan.





Fungsi Seni Rupa 3 Dimensi


Berikut dibawah ini beberapa fungsi seni rupa 3 dimensi :



  1. Fungsi selaku fasilitas hiasan

  2. Fungsi selaku rekomendasi peringatan

  3. Fungsi selaku fasilitas komunikasi

  4. Fungsi sebagai sarana wisata

  5. Fungsi selaku fasilitas religi

  6. Fungsi sebagai fasilitas artistik




Jenis-Jenis Karya Seni Rupa


Berikut dibawah ini jenis karya seni rupa, yaitu :



  1. Seni rupa murni ialah karya seni bebas dengan fungsi yang lebih bekerjasama dengan keindahan fungsi dari pada kepuasan mata saja dan umumnya cuma digunakan selaku pajangan.

  2. Seni rupa Terapan yaitu karya seni yang tidak hanya berfungsi sebagai bazar rumah, tetapi juga berfungsi untuk mengganti kehidupan orang. Seni rupa terapan lebih bergantung pada kegunaan ketimbang pada keindahannya.




Bahan Karya Seni Rupa 3 Dimensi



  1. Bahan lunak : karton, Kertas, styrofoam.

  2. Bahan liat : Tanah liat, lilin, gips, plastisin.

  3. Bahan keras : batu, Kayu, logam.




Contoh Seni Rupa 3 Dimensi


Berikut dibawah ini beberapa teladan gambar seni rupa 3 dimensi, ialah :




  • Patung




contoh-seni-rupa-3-dimensi-Patung






  • Vas BungaVas-Bunga








  • MebelMebel








  • TopengTopeng








  • Gantungan KunciGantungan-Kunci






Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Seni Rupa 3 Dimensi – Teknik, Unsur, Bahan, Fungsi dan Contohnya, semoga dengan adanya postingan ini bisa berfaedah dan lebih memperbesar pengetahuan anda.


Advertisement