Gudang Informasi

Gelombang Mekanik

Gelombang Mekanik
Gelombang Mekanik

Pada potensi kali ini pengajar.co.id akan membuat postingan yang berjudul Gelombang Mekanik yang mana akan mengulas Pengertian, Rumus, Jenis, Karakteristik, Sifat, & Contoh berikut dibawah ini penjelasannya.




Gelombang-MekanikPengertian Gelombang Mekanik


Gelombang mekanik ialah gelombang yang, dalam perambatannya membutuhkan media [mediator] bermakna menyalurkan energi untuk kebutuhan proses perambatan gelombang. Suara yaitu teladan gelombang mekanik yang merambat selama pergantian tekanan udara di dalam ruang(rapat atau renggangnya molekul-molekul  udara padat). Tanpa udara, suara tidak bisa dirambatkan. Di pantai bisa kita lihat ombak, yang ialah gelombang mekanik yang membutuhkan air selaku sarana. Contoh lain ialah gelombang pada seutas tali.




Jenis-Jenis Gelombang Mekanik


Berikut dibawah ini klasifikasi dari Jenis-jenis gelombang mekanik :




  1. Gelombang Transversal


    Ketika gelombang mekanis melewati medium, partikel-partikel yang membentuk medium mengalami berbagai jenis perpindahan, yang tergantung pada sifat gelombang. Sebagai contoh, apa yang terjadi dengan gelombang string, kalau kita menggoyang sedikit ke atas di ujung string atau string, maka goyangan tersebut berlangsung sepanjang dawai.


    Bagian dawai yang berurutan mengalami gerakan yang serupa seperti yang kita berikan ke ujung dawai tersebut, tetapi lalu secara berurutan. Karena pergantian medium tersebut tegak lurus atau transversal ke arah perjalanan gelombang yang merambat sepanjang medium tersebut, maka gelombang ini disebut gelombang transversal. Dengan demikian, gelombang transversal ialah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus terhadap arah rambat. Contoh lain gelombang transversal yakni gelombang cahaya, gelombang air, gelombang tali, dan semua bentuk gelombang elektromagnetik.jenis-jenis-gelombang-mekanik

    Satu gelombang pada gelombang transversal ialah puncak ditambah satu lembah.



  2. Gelombang Longitudinal


    Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarannya mempunyai arah yang serupa dengan arah rambat. Contoh gelombang longitudinal tergolong gelombang suara dan gelombang slinky.


    jenis-jenis-gelombang-mekanik


    Satu gelombang pada gelombang longitudinal yaitu satu rapatan yang ditambah dengan satu rengganga.






Karakteristik Gelombang Mekanik


Karakteristik atau ciri-ciri gelombang mekanik, diantaranya ialah gelombang mekanik, memerlukan peralatan untuk berpindah atau alat. Gelombang ini memiliki panjang gelombang, abad dan frekuensi gelombang, serta kecepatannya rambat gelombang.


Panjang gelombang yang dihasilkan oleh gelombang transversal dan gelombang terpolarisasi sungguh berbeda. Panjang gelombang transversal mampu diukur dari bukit, dasar gelombang dan puncak. Periode gelombang yakni waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu gelombang. Frekuensi gelombang ialah jumlah gelombang yang dihasilkan per detik. Perambatan gelombang cepat adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang penuh setiap detik.




Sifat Gelombang Mekanik



  • Dipantulkan (Refleksi)

  • Dipadukan (Interferensi)

  • Dibiasakan (Refraksi)

  • Dibelokkan/disebarkan (Difraksi)




Rumus Gelombang Mekanik


Persamaan yang digunakan didalam sebuah gelombang selaku berikut :


T = t/n


f = n/t


serta


T = 1/f


f = 1/T


Catatan / Keterangan:


T = kurun (s), ialah waktu yang diperlukan untuk dapat menempuh satu gelombang.


t = waktu (s)


n = banyaknya gelombang (kali)


f = frekuensi (Hz), ialah jumlah gelombang yang dihasilkan setiap detiknya.


Untuk dapat memilih cepat rambat gelombang itu dipakai persamaan selaku berikut :


v = λ.f atau v = λ/T


Keterangan:


λ = panjang gelombang (m)


v = cepat rambat gelombang (m/s)




Contoh Gelombang Mekanik


Berikut dibawah ini teladan gelombang mekanik :



  1. Gelombang air laut, yaitu gelombang dengan medium perambatan air maritim

  2. Gelombang suara, yang dihasilkan oleh getaran benda, merambat lewat udara

  3. Gelombang gempa, disebabkan oleh pergerakan kerak bumi dan merambat lewat tanah

  4. Gelombang tali, berbentukgetaran di tali yang merambat

  5. Gelombang slinki, terjadi alasannya adalah slinki yang bergetar


Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id yang membahas perihal Gelombang Mekanik : Pengertian, Rumus, Jenis, Karakteristik, Sifat, & Contoh, biar dengan adanya postingan ini mampu sangat menolong dan lebih memperbesar pengetahuan anda.


Advertisement