Gudang Informasi

√Bank Lazim Yaitu

√Bank Lazim Yaitu
√Bank Lazim Yaitu

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan wacana Bank Umum Berikut Adalah Pembahasannya:


√Contoh Bank Umum : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Tujuannya


Pengertian Bank Umum


Pengertian bank umum yakni forum intermediasi keuangan yang hendak bertugas menghimpun maupun menyalurkan dana di penduduk untuk dapat meningkatkan taraf hidup rakyat. Sedangkan pengertian perbankan ialah segala sesuatu yang akan bekerjasama perihal bank. Penghimpunan dana dari penduduk akan dijalankan bank lewat tabungan ataupun simpanan atau penyaluran dana akan dilakukan lewat kredit ataupun tunjangan terhadap masyarakat tersebut.


Selain dari kedua tugas itu,adapun menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998, bank juga memberikan jasa bank yang lainnya. Seiring dengan jalannya pertumbuhan zaman, industri perbankan yang mau mengalami pergeseran besar sebab adanya deregulasi peraturan. Sehingga akan menyebabkan bank yang akan lebih kompetitif dalam menyediakan jasa bank yang yang lain. Jasa tersebut yang di antaranya juga akan tergolong transfer dana dianantara rekening, pembayaran tagihan, sarana investasi, penukaran mata uang gila maupun yang banyak lagi.




Sejarah Bank Umum


Bank pertama kali didirikan dalam bentuk mirip sebuah firma pada umumnya pada tahun 1690, pada ketika kerajaan Inggris yang berkemauan mempersiapkan membangun kembali kekuatan armada lautnya untuk mampu bersaing dengan kekuatan armada laut Perancis akan juga namun pemerintahan Inggris dikala itu tidak memiliki kemampuan pendanaan kemudian berdasarkan ide William Patersonyang lalu kemudian oleh Charles Montagu akan direalisasikan dengan adanya membentuk suatu forum intermediasi keuangan yang lalu kesannya dapat memenuhi dana pembiayaan tersebut cuma dalam waktu 12 hari.


Sejarah juga akan mencatat asal mula yang dikenalnya kegiatan perbankan merupakan pada zaman kerajaan tempo dulu di daratan Eropa.kemudian Kemudian usaha perbankan ini meningkat pesat ke Asia Barat oleh para pedagang. Perkembangan perbankan di Asia, Afrika ataupun Amerika dibawa oleh bangsa Eropa pada saat melakukan penjajahan ke negara jajahannya baik di Asia, Afrika maupun benua Amerika. Bila ditelusuri, sejarah yang dikenalnya perbankan dimulai dari jasa penukaran duit. Sehingga dalam sejarah perbankan, arti bank juga sering dikenal sebagai meja tempat penukaran duit.Dalam perjalanan sejarah kerajaan pada periode dulu penukaran uangnya akan dilakukan antar kerajaan yang satu dengan kerajaan yang lainnya. Kegiatan penukaran ini sekarangai sudah mu diketahui dengan namaPedagang Valuta Asing (Money Changer). kemudian Kemudian dalam kemajuan selanjutnya, aktivitas operasional perbankan meningkat lagi menjadi kawasan penitipan uang maupun yang sering disebut kini ini acara simpanan. Awal mulanya memang pekerjaan bank sebagai pedagang uang, ialah memasarkan maupun membeli mata uang logam .cepat Lambat laun keberadaan bank mampu akan menjadi tempat penitipan logam mulia untuk dapat menjaga keamanan.


Sebagai bukti penyimpanan maupun penitipan logam mulia tersebut, pihak pedagang akan memberi surat bukti atas penitipannya yang juga disebut nita emas smith(Gold Smith Note) atau duit giral.kemudian Berikutnya kegiatan perbankan akan bertambah dengan acara peminjaman duit. Uang yang mau disimpan oleh penduduk , oleh perbankan dipinjamkan kembali kepada masyarakat yang akan membutuhkannya, Jasa-jasa bank yang lainnya akan menyusul sesuai dengan perkembangan zaman ataupun kebutuhan penduduk yang kian beragam yang contohnya simpanan haji, pembayaran pajak, pembayaran rekening listrik, air atau lainnya sebagainya. Lama kelamaan meja2 tersebut akan menjelma bangunan yang bisa kita sebut dangan BANK. “,nah jadi pengertian bank yakni forum keuangan yang usaha pokoknya ialah memberi kredit,atau jasa kemudian lintas keuangan ataupun peredaran duit”.




Fungsi Bank Umum


Sebagai forum intermediasi keuangan, bank juga mempunyai fungsi utama ataupun fungsi sampingan. Sesuai dengan tugasnya, fungsi utama bank mampu dikatakan menjadi:


1. Menghimpun dana dari masyarakat


Bank menghimpun dana dari masyarakat yang melalui simpanan, deposito berjangka, giro ataupun bentuk tabungan yang lainnya. Dengan penghimpunan dana ini, bank akan menjamin keamanan duit penduduk tersebut sekaligus menawarkan bunga untuk dana tersebut.


Setiap produk tabungan bank memperlihatkan bunga yang akan berbeda-beda mirip misalnya deposito juga mempunyai bunga lebih tinggi dari simpanan, sebab nasabah harus menyimpan uangnya untuk jangka waktu akan yang tertentu agar mampu menikmati bunga lebih yang tinggi.kemudian Sedangkan simpanan mampu itu dapat ditarik kapanpun nasabah yang hendak memerlukan duit tersebut.


2. Menyalurkan dana kepada masyarakat


Setelah menghimpun dana dari masyarakat, bank akan menyalurkan dana ini kepada pihak-pihak yang hendak membutuhkan lewat sistem kredit ataupun tunjangan. Kredit yang disediakan bank akan mengenakan bunga terhadap peminjam. Produk kredit ini pun juga memiliki beberapa jenis seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Mobil, maupun jenis perlindungan yang lainnya.


Dengan penyaluran dana tersebut maka tujuan bank dalam pelaksanaan pembangunan nasional dapat akan tercukupi. Masyarakat yang mau memerlukan dana mampu menyejahterakan kehidupannya atau juga menghasilan perjuangan yang akan mendukung pembangunan nasional.




Tujuan Bank


Tujuan bank berdasarkan undang-undang. Berdasarkan dari UU Nomor 10 Tahun 1998, secara garis besarny tujuan perbankan Indonesia yaitu akan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka yang mengembangkan pemerataan, pertumbungan ekonomi, maupun stabilitas nasional ke arah kenaikan kesejahteraan rakyat.




Jenis-jenis Bank Umum


1. Bank Devisa


Bank devisa yakni bank yang mendapat kesepakatan atau ditunjuk oleh Bank Sentral (Bank Indonesia) untuk mampu melaksanakan kegiatan usaha bidang perbankan dalam valuta aneh. Bank devisa memiliki keunggulan ialah bisa memperlihatkan jasa-jasa bank yang berkaitan dengan mata uang gila tersebut. Contohnya: transfer duit ke luar negeri, transaksi ekspor dan impor, perdagangan valuta aneh dan lainnnya.


2. Bank Non Devisa


Adalah bank yang belum mempunyai izin untuk melakukan transaksi sebagai bank devisa sehingga tidak dapat melakukan transaksi seperti halnya bank devisa.




Kegiatan Bank Umum



  1. Menghimpun dana dari penduduk dalam bentuk giro, deposito, sertifikat deposito, dan simpanan.

  2. Memberikan kredit.

  3. Menerbitkan surat pengesahan utang.

  4. Memindahkan duit, baik untuk kepentingan nasabah maupun untuk kepentingan bank itu sendiri.

  5. Menerima pembayaran dari tagihan atas surat berguna dan melakukan perkiraan atau dengan pihak ketiga.

  6. Menyediakan kawasan untuk menyimpan barang dan surat berharga.

  7. Melakukan penempatan dana dari nasabah ke nasabah yang lain dalam bentuk surat berharga yang tidak tercatat di bursa imbas.


Demikianlah Penjelsasan ihwal √Bank Umum Adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Tujuannya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.


Advertisement