Gudang Informasi

√Pengertian Usulan

√Pengertian Usulan
√Pengertian Usulan

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan ihwal Proposal Berikut Adalah Penjelasannya:


√Cara Membuat Proposal : Pengertian, Jenis, Unsur, Tujuan dan Fungsinya


Pengertian Proposal


Pengertian Proposal adalah sebuah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan acara dalam bentuk tulisan dan akan diterangkan secara sistematis ataupun terperinci. Proposal yang kebanyakan akan dijadikan aliran kerja atau pola dalam pelaksanaan acara yang mau direncanakan.


Secara etimologis kata ajuan juga berasal dari bahasa Inggris, yakni Propose yang artinya pengajuan maupun mengajukan ataupun permintaan. Suatu pihak akan menawarkan tawaran untuk memperlihatkan ilham, ide, ataupun rencana terhadap pihak lain supaya menerima santunan. Dukungan tersebut mampu berupa ijin, kesepakatan, dana, atau lainnya-lain.




Jenis-Jenis Proposal


Pada lazimnya , proposal mampu juga dibedakan dalam 4 jenis. Mengacu pada pengertian anjuran di atas, berikut ini yakni berbagai jenis proposal tersebut adalah:


1. Proposal Kegiatan


Ini merupakan usulan untuk dapat melaksanakan sesuatu kegiatan. Isi anjuran aktivitas ialah pengajuan rencana kegiatan, baik yang sifatnya individu ataupun jug golongan, yang conthnya pertunjukan seni & budaya.


Seringkali tawaran kegiatan ini sekaligus untuk suatu pengajuan permohonan dana dari pihak tertentu. atau selaku kompensasi, penyelenggaran kegiatan akan mampu menawarkan sesuatu yang berguna bagi donatur,yang contohnya space iklan.


2. Proposal Bisnis


Ini merupakan anjuran yang sungguh bekerjasama dengan dunia bisnis, baik perseorangan ataupun kalangan.yang Contohnya merupakan tawaran pendirian suatu perjuangan, ajuan kerjasama antar perusahaan, ataupun yang lain-lain.


3. Proposal Penelitian


Jenis proposal ini kebanyakan akan dipakai pada bidang akademisi.yang Contohnya usulan akan observasi untuk membuat skripsi, tesis, maupun yang lainnya. Proposal ini dibuat juga selaku pengajuan aktivitas penelitian.


4. Proposal Proyek


Jenis tawaran ini pada umumnya digunakan juga pada dunia bisnis yang dimana isi ajuan tersebut tentang rangkaian rencana aktivitas.yang Contohnya ialah anjuran suatu proyek pembangunan.




Unsur-Unsur Proposal


Dalam pembuatan harus ada unsur-bagian agar dapat disetujui. Berikut penjelasannya:


1. Nama Kegiatan (Judul)


Merupakan nama dari kegaiatan ataupun judul yang akan dilakukan atau dikerjakan yang menjadi gambaran secara biasa usulan tersebut.


2. Latar Belakang


Dalam pengerjaan proposal mesti terdapat sebuah latar belakang yang isinya pokok-pokok ataupun alasan mengapa perlu diadakan maupun disetujui kegiatan tersebut.


3. Tujuan Kegiatan


Dapat juga berisi tujuan dari aktivitas yang mau dilaksanakan, tujuan harus akan diterangkan dengan rinci biar bermanfaat bisa tampakoleh pembaca.


4. Tema


Tema merupakan yang mau mendasari suatu kegiatan yang mau tertera pada proposal.


5. Sasaran atau Peserta


Pada setiap usulan yang mau dibentuk mesti memutuskan secara terang siapa yang akan menjadi sasaran dalam aktivitas tersebut


6. Tempat dan Waktu


Berisikan secara rincian waktu atau daerah yang diadakan acara tersebut


7. Kepanitiaan


Pada usulan mesti akan dituliskan secara lengkap susunan panitia yang hendak menyelenggarakan acara tersebut


8. Rencana Anggaran Biaya


Berisikan rencana anggaran biaya secara detail atau terperinci yang akan digunakan dalam acara tersebut supaya dapat dipertanggungjawabkan.




Tujuan Proposal


Tujuan seseorang membuat sebuah tawaran ialah untuk memberikan suatu planning aktivitas juga sehingga acara tersebut mampu akan diterima, mendapat bantuan, menerima izin, serta akan mendapatkan derma dana atau sponsor.kemudian Sedangkan fungsi yang dibuatnya sebuah usulan antara lain untuk mampu mengadakan sebuah program seperti diskusi, seminar, talkshow, pelatihan, workshop, atau yang sebagainya.


Fungsi pembuatan tawaran yang dimaksudkan dalam planning aktivitas penelitian dalam berbagai bidang tersebut, fungsi pengerjaan usulan untuk pendirian sebuah usaha biar dapat mendapatkan sumbangan dana dari pemerintah ataupun pihak swasta, ataupun bank & masih banyak lagi. Berdasarkan tujuan atau fungsinya, proposal juga dapat dikelompokan menjadi berbagai macam yaitu ajuan kegiatan, usulan pyoyek, usulan observasi, dan ajuan bisnis.




Fungsi Proposal



  • Bisa dipakai untuk mendirikan perjuangan kecil, menengah, atau besar.

  • Untuk pengajuan kerja sama dari suatu lembaga seperti pemerintah atau swasta.

  • Bisa dipakai untuk pengajuan kredit kepada bank.

  • Membuat acara lebih terstruktur.




Syarat-syarat Menyusun Proposal



  1. Harus mempunyai struktur maupun nalar yang sangat jelas dan gampang dikenali.

  2. Hasil dari kegiatan tersebut harus teratur.

  3. Rumusan jenis kegiatan yang dilaksanakan harus di tulis secara dan rincian serta harus sungguh-sungguh mampu dilkerjakan.

  4. Jika ada budget dana yang diharapkan, maka anggaran dana yang diharapkan harus kongkret dengan aktivitas tersebut.




Manfaat Proposal



  1. Menjadi rencana yang mengarahkan panitia dalam melakukan aktivitas tersebut.

  2. Menjelaskan secara tidak langsung kepada pihak-pihak yang ingin mengenali aktivitas tersebut.

  3. Untuk meyakinkan para donatur/ sponsor biar mereka menawarkan sumbangan material maupun finansial dalam merealisasikan kegiatan yang telah dijadwalkan.




Unsur-komponen Proposal


1. Latar Belakang Masalah


Dalam komponen ini dikemukakan kesenjangan antara keinginan dan realita baik itu kesenjangan teorik maupun kesenjangan parktis yang melatarbelakangi problem.


2. Rumusan Masalah


Dalam unsur ini menyatakan secara tersurat berupa pertanyaan yang ingin dicari jawabannya.


3. Tujuan Penelitian


Dalam hal ini diungkapkan target atau tujuan yang mau diraih.


4. Hipotesis


Dalam hipotesis diajukan berupa jawaban sementara persoalan observasi semoga korelasi antara persoalan dan balasan yang lebih terperinci.


5. Asumsi Penelitian


Asumsi observasi merupakan fikiran dasar ihwal suatu hal yang dijadikan dasar dalam berpikir dan bertindak.


6. Manfaat Penelitian


Dalam komponen ini berisi argumentasi kelayakan atas persoalan yang diteliti.


7. Tuang Lingkup


8. Kajian Pustaka


9. Definisi Operasional




Kaidah Kebahasaan Proposal



  1. Menggunakan perumpamaan ilmiah, baik yang berkaitan dengan acara yang hendak dikerjakan atau yang berkaitan dengan bidang keilmuannya.

  2. Menggunakan kata kerja langkah-langkah untuk menyatakan tindakan aktivitas atau sistem penelitian.

  3. Menggunakan kata-kata yang menyatakan pendefinisian, mirip ialah, adalah, ialah, yaitu.

  4. Menggunakan kata-kata yang mengandung makna perincian, seperti pertama, kedua, selain itu.

  5. Menggunakan kata-kata yang bersifat ke-akan-an, mirip akan, diharapkan.

  6. Menggunakan kata-kata denotatif atau mempunyai arti bergotong-royong. Hal ini sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman antara pihak pengaju proposal dengan pihak penerima usulan.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id wacana √Proposal Adalah: Pengertian, Jenis, Unsur, Tujuan dan Fungsinya biar berguna.


Advertisement