Gudang Informasi

√Dongeng Ulang

√Dongeng Ulang
√Dongeng Ulang

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Cerita Ulang Berikut Adalah Pembahasannya:


√Cerita Ulang : Pengertian, Jenis, Struktur, Kaidah dan Contohnya


Pengertian Cerita Ulang


Teks Cerita Ulang ialah sebuah teks yang mau menceritakan dalam pembaca mengenai sebuah cerita, aksi atau aktivitas lampau. Tujuan komunikatif teks kisah ulang yaitu melaporkan insiden, insiden ataupun acara yang mau terjadi dalam waktu lampau pada suatu urutan secara kronologis buat dapat menghibur ataupun menaruh gosip pada pembaca tersebut .




Jenis Teks Cerita Ulang


Teks kisah ulang ataupun Rekon juga terbagi menjadi 3 jenis, yakni Rekon faktual (informasional), rekon imajinatif, & rekon pribadi (biografi)



  • Teks dongeng ulang pribadi (Rekon Biografi),ialah dimana teks yang akan berisi insiden masa lampau dan penulisnya juga terlibat secara pribadi

  • Teks cerita ulang konkret (Rekon Faktual),ialah teks yang dasar penceritaanya yang berbentukperistiwanya yang benar benar terjadi, pengalaman aktual pada kala lampau yang dapat dibangunkan atau dihidupkan kembali, yang misalnya : kisah ulang sejarah maupun teks kisah ulang biografi.

  • Teks cerita imajinatif (Rekon Imajinatif),ialah kisah yang mau memuat sebuah peristiwa abad lampau lebih detail dengan imajinasi tersebut.




Struktur teks kisah ulang


1. Orientasi (Pengenalan)


yakni dapat memberikan informasi ihwal siapa, dimana, ataupun kapan peristiwa ataupun peristiwa terjadi di abad lampau.


2. Peristiwa (Events)


ialah dimana rekaman kejadian yang mau terjadi, yang umum akan disampaikan dalam urutan kronologis.yang Misalnya mirip

Pada bagian events ini umumnya juga terdapat komentar pribadi tentang insiden maupun peristiwa yang diceritakannya.


3. Reorientasi (Pengulangan Pengenalan)


Terdapat pengulangan pengenalan yang ada di orientasi, pengulangan yang akan merangkum rentetan insiden, insiden maupun kegiatan yang mau diceritakan.




Kaidah Teks Cerita Ulang


Ciri kebahasaan yang ada di teks dongeng ulang ialah penggunaan konjungsi subordinatif waktu dan verba tingkah laris.yang Penjelasannya yaitu:



  • Menggunakan kata yang mampu memperlihatkan apa, siapa, kapan, dimana,atau bagaimana.

  • Verba tingkah laris, ialah verba yang akan mengacu pada perilaku yang telah dinyatakan dengan ungkapan ekspresi (bukan perilaku mental yang tidak akan tampak). Seperti kata mengambil pada sebuah teks.

  • Keterangan waktu lampau, merupakan kata keterangan waktu yang akan menyatakan waktu lampau.yang contohnya : pernah, sering, umumnya, pagi-pagi, sesudah maupun sebelum.

  • Menggunakan kata yang akan pertanda tempat & waktu.




Contoh Teks Cerita Ulang dan Strukturnya


Berikut ini teks dongeng ulang biografi joko widodo beserta bagian-bagian strukturnya yaitu:


Orientasi :


Ir. H. Joko Widodo yang lahir di Surakarta, 21 Juni 1961 lebih dikenalnya dengan nama julukan Jokowi merupakan usahawan furniturataupun Beliau merupakan Walikota Surakarta (Solo) selama 2 kali abad bakti 2005 samapi 2015. Dalam kurun jabatannya, beliau juga diwakili F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil walikota. Ketika itu, dia dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Tahun 2012 ini, Beliau bareng dengan Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. (Ahok) maju sebagai kandidat gubernur atau wakil gubernur Jakarta


Urutan Peristiwa 1 :


Gubernur baru DKI Jakarta Joko Widodo juga memiliki dongeng kala kecil yang sungguh unik. Jokowi kecil sempat merasakan yang pahitnya kehidupan saat rumahnya tergusur. Masa kecil Jokowi diwarnai canda ataupun tawa, dengan sesekali jug diselingi tangisan. Rumah sepetak sekaligus kawasan usaha kayu ayahnya yang di kawasan Cinderejo Lor, yang digusur & dijadikan pusat jasa travel. Sang bunda jug menuturkan bahwa Jokowi kecil yakni sosok yang pendiam, tetapi bakir dengan bergaul. Banyak yang mengenal Jokowi selaku orang yang selalu mengalah dalam hal apapun, untuk dapat menghindari pertengkaran. Sikap tersebut diwarisi Jokowi dari ke 2 orangtuanya yang selalu mengajarkan makna nrimo maupun bertanggung jawab.


Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh Tahap 2 :


Berbeda dengan anak-anak yang lainnya kebanyakan, Jokowi juga selalu berlangsung kaki menuju sekolahnya, disaat yang lain menunjukkan sepeda ontel yang terbaru. Menurut Jokowi kurun itu, sekolah tidak juga terlalu jauh dari rumah, sehingga berjalan kaki pun tidak akan menjadi duduk perkara. Bakti kepada orangtua yang ditunjukkan Jokowi tak cuma lewat perilaku, tetapi juga sejumlah prestasi. waktu itu menjadi Walikota Solo hingga menjadi Gubernur DKI Jakarta, orang yang mengenalnya tidak akan pernah menyangka perjalanan hidup Joko kecil. Sosok Jokowi sungguh dicintai masyarakat. Dukungan warga Solo tak pupus, tergolong dimana ketika Jokowi maju menjadi Gubernur DKI Jakarta. Anak tukang kayu itu pun, sekarang menjadi orang nomor 1 di DKI Jakarta.


Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh Tahap 3 :


Jokowi kecil merupakan anak seorang “tukang kayu”. Setelah Beliau lulus dari Sekolah Menengan Atas, kemudian kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Kehutanan Unuversitas Gajah Mada. Setelah beliau lulus kuliah tahun 1985,yang dirinya merantau ke Aceh atau melakukan pekerjaan di salah satu BUMN. Kemudian beliau kembali ke Solo dan bekerja di Perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan seeperti bapaknya, CV. Roda Jati. Setelah merasa cukup, pada tahun 1998, dirinya sudah berhenti melakukan pekerjaan di CV tersebut dan ia pun memulai berbisnis sendiri bermodal dari pengalaman yang pernah beliau miliki. Dengan kerja keras nya, ketekunan maupun keuletan,kemudian jadinya Jokowi juga sukses membuatkan usahanya dan menjadi seseorang eksportir mebel.


Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh Tahap 4 :


Jokowi juga menjangkau gelar insinyur dari Fakultas Kehutanan UGM pada tahun 1985. Ketika itu mencalonkan diri sebagai walikota, banyak yang akan mencurigai kesanggupan laki-laki yang berprofesi selaku pedagang furniturrumah ataupun taman ini bahkan hingga dikala beliau juga terpilih. Pada tahun 2005, Pak Jokowi juga menetapkan untuk mendaftarkan diri selaku Walikota Solo dengan partai politik PDI Perjuangan sebagai kendaraan politiknya. Akhirnya Beliau pun terpilih menjadi Walikota Solo. Selama kepemimpinannya, Solo juga banyak mengalami perkembangan. Setahun sehabis dia memimpin, banyak gebrakan progresif yang dilaksanakan olehnya. Ia juga banyak mengambil acuan pengembangan kota-kota di Eropa yang sering beliau datangi dalam rangka perjalanan usahanya.


Demikianlah artikel ihwal √Cerita Ulang : Pengertian, Jenis, Struktur, Kaidah dan Contohnya dari pengajar.co.id agar berguna.


Advertisement