Gudang Informasi

√Pengertian Mitos

√Pengertian Mitos
√Pengertian Mitos

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan wacana Mitos Berikut Adalah Pembahasannya:


√Contoh Mitos : Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsinya


Pengertian Mitos


Mitos ataupun juga disebut mite (myth) yakni cerita prosa rakyat yang hendak ditokohi oleh para ilahi ataupun makhluk setengah ilahi yang sering terjadi di dunia lain (kahyangan) pada periode lampau atau dianggap betul-betul terjadi oleh yang empunya dongeng ataupun penganutnya. Mitos juga disebut Mitologi, yang sering kadang diartikan Mitologi ialah cerita rakyat yang hendak dianggap benar-benar terjadi atau bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para yang kuasa, akhlak istiadat, maupun desain dongeng suci.kemudian, mitos yaitu kisah perihal asal-undangan alam semesta, insan, atau juga bangsa yang mau diungkapkan dengan cara-cara mistik dan mengandung arti yang sungguh dalam. Mitos juga dapat menceritakan petualangan para ilahi, dongeng percintaan mereka, kisah perang mereka atau yang lain sebagainya.




Ciri-Ciri Mitos


Mitos yang pada umumnya juga memiliki ciri-ciri yang diantara lain selaku berikut yakni:


1. Distorsif


Mitos juga berhubungan antara form dengan concept. yang adalah sifatnya distorsif dan deformatif. Dan dari Concept mendistorsi Form akan mengakibatkan makna pada tata cara tingkat pertama bukan lagi yang merupakan makna yang akan memberikan pada fakta yang sebenarnya. Dalam pemahaman ini yang lebih gampang Ciri-ciri ini akan menjelaskan bahwa Mitos seing mengalami pergantian dari bentuk yang aslinya, sehingga dapat menghasilkan bentuk yang gres, akan namun tidak meninggalkan bentuk pada dasarnya.


2. Intensional


Mitos tidaklah ada begitu saja, mitos sengaja dibentuk, maupun juga dikonstruksikan oleh budaya penduduk dengan adanya maksud tertentu.


3. Statement of Fact


Mitos menaturalisasikan pesan at pun juga menimbulkan kita yang mendapatkannya sebagai suatu kebenaran yang tidak perlu diperdebatkan kembali. Atau juga dalam kata lain Sesuatu yang hendak berada secara alami dalam akal awam.


4. Motivasional


Menurut Barthes, bentuk dari mitos sendiri yang mau terdiri dari suatu motivasi. Mitos sengaja dibentuk dengan adanya melakukan seleksi kepada berbagai kemungkinan konsep yang mau hendak digunakan menurut sistem semioting atau keputusan tingkat pertamanya.




Jenis-Jenis Mitos


Secara garis besar, Mite atau mitos juga terbagi menjadi 2 jenis, yakni mitos orisinil indonesia mauapun mitos dari luar.


Yang berasal dari mancanegara yang kebanyakan juga sudah banyak mengalami proses pembiasaan yang mirip pada mite-mite yang jug berasal dari epos Ramayana dan Mahabarata. Mite di Indonesia yang kebanyakan menceritakan bahwa terjadinya musibah semesta,yang terjadinya susunan para ilahi, dunia dewata, terjadinya insan pertama, tokoh pembawa kebudayaan.kemudian Terjadinya kuliner pokok untuk pertama kali, atau yang lain sebagainya. Contoh mite Indonesia adalah Dewi Sri (terjadinya padi), Nyai Roro Kidul (dewi Laut selatan), Joko Tarub atau Dewi Nawangwulan, Watu Gunung, atau yang lain sebagainya.


Mite juga mampu dikelompokkan menjadi 2 ialah atas mite penciptaan dan mite asal-seruan. Mite penciptaan mengandung insiden terciptanya sesuatu, contohnya wacana cikal-bakal seorang raja, yskni makhluk gres yang akan diturunkan dewa dari kayangan ataupun makhluk gres yang mau lahir dari perkawinan manusia dengan bidadari.




Fungsi Mitos


Berikut ini yaitu 3 fungsi mitos dalam kehidupan budaya maupun penduduk ialah:


1. Untuk mampu mengembangkan simbol-simbol yang sarat makna serta dapat menerangkan fenomena lingkungan yang mereka hadapi


2. Sebagai fasilitas pendidikan yang paling efektif yang khususnya untuk dapat mengukuhkan atau juga menanamkan nilai-nilai budaya, norma-norma sosial atau juga dogma masing masing .


3. Sebagai pegangan bagi penduduk pendukungnya untuk dapat membina kesetiakawanan sosial di antara para anggota biar beliau dapat saling membedakan antara komunitas yang satu atau yang lain.


Secara umum mitos juga dikembangkan untuk mampu menanamkan dan juga mengukuhkan nilai-nilai budaya, aliran maupun wawasan yang tertentu, yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan kreativitas dalam berpikir.




Contoh Mitos



  1. Jika kita Tertimpa cicak tandanya sial . Sial di sini yang tujuannya dari yang tertimpa cicak itu sendiri. Siapa yang tidak sial kalau sedang lezat – lezat nya duduk

    datang – tiba tertimpa cicak.

  2. Wanita dilarang duduk di depan pintu tandanya pamali .pada Zaman dahulu wanita masih memakai rok, belum ada yang menggunakan celana satu pun. Jadi, jika ada perempuan yang sering duduk di depan pintu niscaya akan terlihatya begitu lah. Pasti banyak yang memanggil hawa nafsu.

  3. Jangan bersiul pada malam hari karena akan mengundang setan.yang Maksudnya yaitu supaya tidak mengusik orang – orang yang sedang tidur.

  4. Memakai payung di dalam rumah bermakna akan terkena sial. Ya sial kalau lagi ada banyak orang di dalamnya


Demikianlah artikel ihwal √Mitos Adalah: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsinya dari pengajar.co.id biar berguna


Advertisement