Gudang Informasi

Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan
Pencemaran Lingkungan

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan membuat postingan yang berjudul Pencemaran Lingkungan : Macam, Penyebab, Contoh, Dampak, Solusi, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini :Pencemaran-Lingkungan




Pengertian Pencemaran Lingkungan


Pengertian pencemaran lingkungan secara umum adalah perubahan yang tak diinginkan, tetapu dialami oleh lingkungan. Perubahan itu berpotensi menghancurkan kesehatan, keamanan, juga keberlangsungan hidup setiap makhluk hidup di sekelilingnya. Karena pencemaran lingkungan adalah sebuah proses masuknya zat yang bisa menghancurkan alam dari fungsi bergotong-royong.


Sebab dari pencemaran lingkungan sering kali dikerjakan oleh insan yang tidak bertanggung jawab, juga materi-bahan pencemar lainnya yang berasal dari alam itu sendiri. Misalkan beberapa tindakan insan yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan adalah asap kendaraan motor yang berlebih, limbah, sampah, polusi pabrik, dan lain-yang lain. Sedangkan itu bahan pencemar yang berasal dari alam adalah abu dan gas yang berasal dari gunung meletus.


Pencemaran lingkungan pasti akan merugikan sekelompok orang serta makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Sehingga setiap manusia atau sekelompok manusia yang tinggal didalam lingkungan itu mesti bisa menjaga dan merawat kebersihan lingkungan dengan baik.




Kategori Pencemaran Lingkungan


Kategori pencemaran lingkungan terbagi atas beberapa bab, adalah diantaranya :



  1. Pencemaran lingkungan sesuai dengan partikel pencemarannya atau polutan, dibagi menjadi :



  • Pencemaran Suara.

  • Pencemaran Fisik.

  • Pencemaran biologi.

  • Pencemaran Kimia.



  1. Pencemaran lingkungan sesuai dengan tingkatannya, dibagi menjadi :



  • Pencemaran Ringan.

  • Pencemaran akut.

  • Pencemaran Kronis.




Macam-Macam Pencemaran Lingkungan




  1. Pencemaran Air




Air yaitu salah satu sumber kebutuhan hidup bagi setiap makhluk hidup di dunia. Akan tetapi seringkali ada beberapa manusia yang melakukan perbuatan yang tidak bertanggung jawab dan mengakibatkan pencemaran air. Bahkan bukan cuma itu saja, seringkali pencemaran air juga disebabkan oleh penurunan fungsi alam, sehingga tidak mampu memperlihatkan manfaat yang baik lagi.


Air yang tercemar ialah air yang telah tercemar oleh zat kotor organik yang menyebabkan air menjadi tidak berkhasiat. Bahkan pencemaran air juga bisa mengakibatkan lingkungan sekitar menjadi kawasan yang tidak sehat, busuk, serta mengakibatkan petaka.


Pencemaran air juga mampu mematikan populasi makhluk hidup didalamnya, seperti ikan. Hal tersebut disebabkan alasannya air tidak mampu menunjukkan faedah yang sebaiknya untuk makhluk hidup didalamnya.


Sekarang ini, kasus pencemaran air susah di kendalikan dan terus-menerus terjadi, mirip sungai yang kotor. Hal itu dikarenakan banyak pabrik yang mencampakkan limbah kotor sembarangan, sehingga masuk ke dalam ajaran air sungai dan mencemarinya.


Hal tersebut tentu menjadi peran kita semua dalam mempertahankan kebersihan lingkungan air. Karena tanpa air bersih keperluan hidup susah untuk dipenuhi.






  1. Pencemaran Udara




Pencemaran udara adalah suatu bentuk pencemaran lingkungan yang sangat berbahaya bagi kehidupan. Dimana hal tersebut terjadi, akan ada pergantian udara balasan banyak zat yang berbentukbiologi, fisik, ataupun kimia melapisi atmosfer bumi. Bila jumlah zat tersebut melebihi takaran yang ada pada umumnya, pasti mampu membuat ketidaknyamanan dalam kehidupan di bumi.


Untuk menjaga kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi ini, kita semua mesti mempertahankan kebersihan udara. Dikarenakan ketika udara sudah terkontaminasi, dapat mengakibatkan banyak sekali penyakit dan memperlihatkan kerugian yang tidak diinginkan.






  1. Pencemaran Tanah




Pencemaran lingkungan pada tanah terjadi saat banyak zat kimia yang berbahaya masuk ke dalam tanah dan menghancurkan struktur tanah. Penyebab pencemaran ini juga bisa dikarenakan oleh ulah insan yang tidak bertanggung jawab, contohnya membuang limbah cairan kimia ke dalam tanah, penggunaan pestisida secara berlebihan, juga tidak mengolah dengan baik sampah rumah tangga. Tanah yang sudah terkotori pasti bukanlah tanah yang subur, sehingga tidak dapat ditanami aneka macam tanaman.




Penyebab Terjadinya Pencemaran Lingkungan


Penyebab Pencemaran Lingkungan Air


Ada beberapa penyebab yang bisa mencemari lingkungan air, yaitu diantaranya :




  1. Limbah Pabrik




Limbah pabrik termasuk menjadi penyebab terjadinya pencemaran air. Limbah pabrik itu sendiri merupakan zat kimia berbahaya yang berasal dari pabrik dan mencemari lingkungan air. Kandungan berbahaya yang ada didalam zat limbah mampu menciptakan kandungan oksigen dalam air terkotori.


Adapun limbah yang berbahaya diantaranya yakni limbah nutrien, limbah organik, limbah logam berat dan limbah padatan. Air yang sudah tercemar dengan limbah tidak mampu digunakan kembali terlebih untuk diminum. Dikarenakan air sudah terkontaminasi dengan racun dan tidak sehat.




  1. Sampah Rumah Tangga




Selain limbah pabrik yang mampu mencemari air, limbah sampah yang berasal dari rumah tangga mirip sabun, plastik, deterjen, dan sampah bekas kemasan masakan lainnya juga ialah penyebab pencemaran lingkungan air. Terlebih dikala sampah rumah tangga dibuang asal-asalan dan menyumbat pedoman air sungai.




  1. Kandungan Nutrien Yang Meningkat




Kandungan nutrien yang berkembangdalam air juga mampu menyebabkan pencemaran lingkungan air, dan juga terjadinya eutrofikasi.




  1. Pemakaian Bahan Peledak




Terdapat beberapa orang dan oknum yang tidak bertanggung jawab, menggunakan bahan peledak untuk mendapatkan ikan secara instan. Kebanyakan manusia memakai cara tersebut agar bisa mendapatkan apa yang diharapkan secara lebih banyak dan mencari kepuasan. Tentu saja penggunaan bahan peledak dapat mencemari lingkungan air dan menghancurkan ekosistem.


Bukan cuma bisa menghancurkan kehidupan ikan dalam air saja, namun banyak sekali makhluk hidup didalamnya. Masih aneka macam manusia yang menggunakan bahan peledak untuk menerima ikan. Mereka tidak menyadari bahwa perbuatan tersebut yakni cara yang tidak baik dan mampu menghancurkan alam.




Penyebab Pencemaran Lingkungan Udara


Secara lazim, pencemaran lingkungan udara dapat disebabkan alasannya beberapa faktor, baik berasal dari tangan insan yang tidak bertanggung jawab, atau juga alasannya fenomena perubahan alam yang tidak mampu kita hindari. Terdapat pula aneka macam jenis pencemaran udara, beberapa diantaranya mirip polusi udara, polusi suara, polusi pergeseran cuaca menjadi lebih panas dari sebelumnya.


Pencemaran udara mampu terjadi dikarenakan oleh dua sumber yang berlainan, adalah sumber sekunder dan sumber premier. Sumber yang berasal dari secara premier yaitu saat sumber berkontraksi dengan udara secara langsung sampai menjadi kotor dan tercemar. Misalkan zat karbondioksida yang ada pada kendaraan, berkontak pribadi dengan udara dan pembakaran limbah yang mampu menghancurkan lingkungan udara.


Lalu ada sumber sekunder, yaitu sebuah sumber yang berasal dari turunan primer di mana terdapat pencemaran lingkungan pada atmosfer bumi. Adapun beberapa sumber pencemaran udara yang berasal dari insan dan alam, yakni diantaranya :




  1. Perbuatan Manusia





  • Banyaknya asap kendaraan.

  • Asap pabrik yang dibuang dengan cara tidak seharusnya.

  • Banyaknya pembakaran sampah plastik.

  • Adanya pembangkit listrik.

  • Terdapat alat pembakaran, mirip kompor.

  • Berbagai alat yang mempunyai kandungan CFC didalamnya.






  1. Aktivitas Alam





  • Terjadinya gunung meletus.

  • Gunung yang mengeluarkan asap tebal.

  • Banyaknya bubuk di demam isu kemarau.

  • Sering terjadi kebakaran hutan di trend kemarau.

  • Terdapat beberapa tanaman yang mengeluarkan volatil organik.




Penyebab Pencemaran Lingkungan Tanah


Ada beberapa penyebab yang mampu menimbulkan pencemaran lingkungan tanah, yakni diantaranya :




  1. Pembuangan limbah cair




Pembuangan limbah cair yang salah dapat menjadikan kerusakan pada tanah. Limbah cair itu sendiri ialah hasil pembuangan industri yang bentuknya cairan. Misalnya, limbah hasil pengolahan logam atau sisa hasil pembuatan limbah kimia. Limbah cair sungguh merugikan kehidupan manusia, dikarenakan dapat menggangu kesehatan dan merusak ekosistem.




  1. Pembuangan limbah padat




Pembuangan limbah padat yang berasal dari hasil industri pabrik ialah berupa lumpur, padatan bubur, serta beberapa hasil olahan pabrik yang lain. Misalnya pabrik pengawet buah, pabrik rayon, pabrik gula, pabrik ikan, dan lain sebagainya.




  1. Pembuangan limbah anorganik




Sampah anorganik ialah jenis limbah yang tidak bisa diuraikan dengan baik oleh mikroorganisme dalam tanah, seperti jamur ataupun basil. Selain dapat mencemari lingkungan tanah, limbah anorganik juga sungguh mengusik kehidupan insan. Misalnya sampah yang termasuk kedalam jenis limbah anorganik adalah, kertas, plastik, kaleng, botol, dan lainnya.




  1. Pembuangan limbah organik




Sampah atau limbah organik yakni sampah yang mampu diurai dengan baik oleh mikroorganisme. Sehingga sampah organik tidak terlampau berbahaya untuk tanah. Tetapi, saat pembuangan limbah organik terlalu banyak, mampu menghancurkan struktur tanah dan menghalangi penguraian sampah oleh kuman.




  1. Pembuangan limbah industri




Jenis limbah industri yaitu berupa limbah cair, dan limbah padat. Biasanya limbah ini berasal dari pabrik domestik dan juga perumahan. Tetapi tidak jarang pula pembuangan limbah industri kadang kala ditemukan pada rumah makan, perhotelan, instansi pemerintahan, kawasan makan, tempat wisata, dan sebagainya.




  1. Pembuangan limbah pertanian




Pembuangan limbah pertanian yang berupa pupuk dan pestisida dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada tanah. Sehingga menyebabkan perkembangan tumbuhan yang ada pada lahan tanah tersebut tidak bisa berkembang dengan baik.




Dampak Pencemaran Lingkungan




  1. Dampak Pencemaran Air




Adapun dampak yang mampu terjadi akibat pencemaran lingkungan, yaitu :



  • Tanah longsor.

  • Kelangkaan air bersih.

  • Erosi tanah.

  • Ekosistem menjadi rusak.

  • Nelayan Rugi.






  1. Dampak Pencemaran Udara




Lalu, ada juga dampak yang mampu terjadi balasan pencemaran udara, adalah :



  • Dampak pada tumbuhan yang tercemar dengan udara kotor.

  • Kesehatan manusia terancam.

  • Efek rumah kaca.






  1. Dampak Pencemaran Tanah




Sedangkan itu terdapat akhir yang bisa terjadi ketika tercemar, ialah diantaranya :



  • Menyerang kesehatan insan.

  • Ekosistem menjadi terusik.

  • Merugikan pertanian.




Pencegahan Pencemaran Lingkungan




  1. Pencegahan pencemaran air yaitu dengan cara :





  • Tidak menggunakan bahan peledak.

  • Tidak membuang sampah ke sungai.

  • Melakukan pembersihan secara rutin.






  1. Pencegahan pencemaran lingkungan udara, mampu dijalankan dengan cara :





  • Penanaman pohon.

  • Membangun cerobong asap yang tinggi.






  1. Pencegahan pencemaran tanah, mampu dikerjakan dengan cara :





  • Remidiasi, yaitu dilakukan dengan membersihkan permukaan tanah yang sudah tercemar.

  • Bioremediasi, ialah pencegahan pencemaran lingkungan tanah dengan teknik menawarkan banyak sekali mikroorganisme ke dalam tanah seperti kuman dan jamur.




Contoh Pencemaran Lingkungan




  1. Contoh Pencemaran Lingkungan Air, diantaranya :





  • Kurangnya air bersih.

  • Banyak sampah disungai.

  • Pembuangan limbah asal-asalan.




  1. Contoh pencemarang lingkungan udara, adalah diantaranya :





  • Asap pabrik yang dibuang dengan kapasitas berlebihan.

  • Kebakaran hutan.

  • Kerusakan lapisan ozon.

  • Hujan asam.




  1. Contoh pencemaran lingkungan tanah, yaitu diantaranya :





  • Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan.

  • Sampah plastik yang banyak tertimbun ditanah.




Solusi


Lingkungan yang aman, higienis, dan juga tenteram pastinya memperlihatkan efek nyata bagi kehidupan. Begitu pula sebaliknya, Maka dari itu penyelesaian untuk menerima kebersihan dan kenyamanan itu kita perlu menjaga lingkungan dengan tidak melaksanakan hal yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan. Tanamkan jiwa untuk mengasihi alam. Dengan itu kita tidak akan melaksanakan hal-hal yang menghancurkan alam.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pencemaran Lingkungan : Macam, Penyebab, Contoh, Dampak, Solusi, supaya bisa berfaedah dan memperbesar wawasan anda.


Advertisement