Gudang Informasi

Manajemen Bisnis Yakni

Manajemen Bisnis Yakni
Manajemen Bisnis Yakni

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan ihwal Administrasi Bisnis berikut Adalah Penjelasannya:


Administrasi Bisnis Adalah




Pengertian Administrasi Bisnis Adalah


Administrasi Bisnis yaitu ilmu sosial yang mempelajari mengenai proses koordinasi antara 2 orang atau lebih dalam perjuangan guna mencapai tujuan tertentu. Kaprikornus, Administrasi Bisnis yaitu ilmu yang fokus terhadap perilaku insan.


Di dalam Ilmu Administrasi bisnis memiliki objek, subjek, serta sistem. Dalam masalah ini, tertuju pada insan baik itu perilakuknya, subjek yang dipelajari,bentuk, bagian, serta mekanisme kolaborasi, sementara metode ialah cara atau ilham yang dinaikkan dalam perjuangan mencapai tujuan kerja sama yang dilaksanakan.


Tujuan Administrasi Bisnis guna menciptakan sebuah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara 2 orang maupun dengan memanfaatkan semua sumber daya yang ada.




Pengertian Administrasi Bisnis Menurut Para Ahli


1. Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo


Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo menyatakan Administrasi Bisnis adalah sebuah organisasi niaga secara keseluruhan serta memburu tercapainya tujuan-tujuan yang sifatnya bisnis objektif, serta Administrasi Niaga itu dijalankan oleh semua manager dalam sebuah organisasi niaga.


2. Sukarno dan Ibrahim Lubis


Sukarno dan Ibrahim Lubis menyatakan Administrasi Bisnis ialah kegiatan dibidang buatan, transportasi, asuransi perbankan, dsb, di bidang perusahaan swasta.


3. Sheldo dan Urwik


Sheldo dan Urwik  menyatakan Administrasi Bisnis yaitu industri yang berhubungan dengan sebuah kebijakan perusahaan, kerjasama bikinan, keuangan dan distribusi, penentuan arah organisasi serta kendali tertinggi eksekutif.


4. Y. Wayong


Administrasi Bisnis yaitu semua kegiatan mulai dari produksi barang dan jasa sampai hadirnya barang dan jasa itu terhadap tangan pelanggan.




Ciri-ciri Administrasi Bisnis


1. Terdiri Dari 2 Orang atau Lebih


Aktivitas manajemen bisnis biasanya dikelola oleh beberapa orang, tergantung kepada skala bisnisnya. Perusahaan atau tubuh perjuangan tingkat menengah pasti membutuhkan tenaga administrator lebih banyak dibandingkan dengan dengan perusahaan kecil.


Selain itu, tenaga eksekutif wajib memiliki kesanggupan sesuai dengan ruang lingkup kerja administrasi bisnis. Jadi sistem manajemen bisa berlangsung dengan baik serta terorganisir.


2. Terjadi Kerjasama


Administrasi Bisnis membutuhkan koordinasi yang bagus dengan pihak-pihak bersangkutan. Kerjasama itu wajib dilandasi oleh kesadaran bahwa masing-masing pihak saling memerlukan dalam perjuangan meraih tujuan bersama.


Kerjasama yang solid bisa memajukan kinerja serta hasil yang optimal. Supaya kerjasama menjadi solid jadu diharapkan komunikasi yang baik dalam menyusun administrasi bisnis.


3. Ada Proses dan Usaha


Administrasi bisnis bisa terjadi bila ada proses usaha di dalamnya. Proses usaha itu akan menghsilkan data-data yang harus dihimpun dan dikontrol.


Selain berhubungan dengan data, proses bisnis pula melibatkan hal-hal lainnya, misalnya keperluan surat niaga, data karyawan, acara, dsb. Itulah alasan mengapa administrasi bisnis sungguh besar peranannya dalam operasional sebuah bisnis.


4. Adanya Bimbingan serta Pengawasan


Semua jenis usaha mempunyai struktur organisasi, mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas. Pimpinan usaha dekat kaitannya dengan manajemen bisnis sebab semua aktivitas manajemen mesti dimengerti serta disetujui oleh pimpinan.


Koordinasi yang bagus antara bab administrasi dengan pimpinan niscaya menciptakan keadaan internal perusahaan yang sehat. Kemudian kinerja perusahaan akan berlangsung sebagaimana seharusnya.


5. Memiliki Tujuan


Aktivitas administrasi bisnis maksudnya untuk mencapai tujuan yang terperinci. Jadi maka diharapkan prasarana serta tenaga kerja yang kompeten guna mengisi bagian manajemen sebuah perusahaan.




Ruang Lingkup Administrasi Bisnis


Menurut para mahir, ada beberapa ruang lingkup administrasi bisnis selaku berikut:


1. Prayudi Atmosudidjo


Prayudi Atmosudidjo menyatakan yang termasuk di dalam Ruang Lingkup Administrasi Bisnis yaitu:



  • Organisasi

  • Manajemen

  • Tata perjuangan

  • Sejarah administrasi

  • Ensiklopedia administrasi

  • Filsafat manajemen


2. Drs. Soekarno


Drs. Soekarno menyatakan yang tergolong dalam Ruang Lingkup Administrasi Bisnis yaitu:



  • Administrasi perusahaan

  • Administrasi non perusahaan


3. The Liang Gie


The Liang Gie menyatakan  yang tergolong dalam Ruang Lingkup Administrasi bisnis yakni:



  • Administrasi penjualan

  • Administrasi periklanan

  • Administrasi kepasaran

  • Administrasi keproduksian

  • Administrasi perbankan

  • Administrasi perhotelan

  • Administrasi pengangkutan


4. Sondang P. Siagan


Sondang P. Siagan menyatakan yang termasuk dalam Ruang Lingkup Administrasi Bisnis yakni:



  • Manjemen

  • Manejemen buatan

  • Industrial relation

  • Bussines education

  • Traffic management


Demikianlah postingan dari Pengajar.co.id wacana Administrasi Bisnis Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!


Advertisement