Gudang Informasi

√Pemahaman Info

√Pemahaman Info
√Pemahaman Info

Pada kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel wacana Informasi Berikut Adalah Pembahasannya:


√Contoh Informasi:Pengertian,Fungsi,Ciri,Jenis dan Contohnya


Pengertian Informasi


Pengertian isu yaitu suatu sekumpulan data ataupun juga fakta yang telah diproses maupun diatur sedemikian rupa sehingga akan menjadi sesuatu yang gampang dikenali dan bermanfaat bagi pembacanya.


Dari definisi tersebut dapat kita pahami bahwa kata “gosip” juga memiliki arti yang berlainan dengan kata “data”. Data yaitu fakta yang masih bersifat mentah atau belum dimasak sama sekali,kemudian sesudah mengalami proses atau juga diolah maka data itu bisa akan menjadi suatu berita yang akan berguna.


Tidak semua data ataupun fakta dapat dimasak menjadi suatu info bagi pembacanya. Jika suatu data yang akan dimasak ternyata tidak bermanfaat bagi pembacanya, maka dalam hal tersebut belum bisa disebut selaku suatu isu.


Secara etimologis perumpamaan “berita”juga berasal dari bahasa Latin, yaitu “Informatinem” yang artinya pandangan baru, arahan, ataupun garis besar. Informasi dapat dihidangkan maka dalam beragam bentuk, mulai dari goresan pena, gambar, tabel, diagram, audio, video,atau yang lain sebagainya.




Fungsi isu


Setidaknya ada 5 fungsi gosip bagi manusia. Adapun beberapa fungsi berita yakni selaku berikut:


1. Menjadi Sumber Pengetahuan Baru


Informasi valid yang mau didapatkan oleh seseorang mampu menjadi sebuah pengetahuan baru dan dapat memperbesar wawasan di bidang tertentu.yang contohnya gosip mengenai cara menangani dilema kesehatan insan yang didapatkan dari konten di internet.


Mungkin info tersebut ialah sesuatu yang sangat biasa dan telah banyak diketahui oleh orang. Namun demikian, mungkin saja ada seseorang yang belum mengenali hal informasi tersebut.


2. Menghapus Ketidakpastian


Kurangnya informasi perihal sesuatu mampu menjadikan ketidak ketepatan. Untuk mampu menghapus ketidak pastian tersebut maka akan dibutuhkan informasi lengkap maupun valid dari sumber yang terpercaya.


3. Sebagai Media Hiburan


Informasi juga dapat berfungsi selaku media hiburan bagi orang-orang.yang contohnya isu juga mengenai objek rekreasi di suatu daerah yang mau disajikan dengan bahasa atau gambar-gambar yang sungguh mempesona.


4. Sebagai Sumber Berita


Suatu informasi mengenai hal tertentu juga mampu digunakan sebagai sumber gosip yang akan disampaikan terhadap khalayak.yang contohnya, isu perihal Asian Games yang hendak didapatkan dari media Televisi, Radio, ataupun situs info online yang lain.


5. Untuk Sosialisasi Kebijakan


Informasi ialah komponen penting dalam berkomunikasi dengan pihak lain. Salah satunya yakni untuk mampu memberikan suatu kebijakan dari pemerintah terhadap masyarakat yang mau dilakukan dengan cara sosialisasi.




Ciri-ciri isu


Tidak semua info bisa kita dikatakan selaku info yang sangat bermutu. Informasi tersebut harus banyak memenuhi beberapa ciri-ciri berikut ini yakni:


1. Akurat


Akurat yang merupakan isu yang akan disampaikan memang sesuai dengan insiden yang sebetulnya. Cara mengevaluasi apakah suatu isu akan tergolong akurat atau yang tidak bantu-membantu sungguh mudah. Minta dua orang ataupun lebih untuk mampu melakukan pengujian. Jika kesudahannya sama maka berita tersebut mampu dinilai dimana akuratnya.


2. Tepat Waktu


Informasi dilarang terlambat untuk disampaikan terhadap pembacanya. Karena juga biasanya informasi juga memiliki jangka waktu tersendiri.


3. Relevan


Informasi yang disampaikan mesti sesuai dengan adanya keperluan pembacanya. Sebagai acuan: menyampaikan bahaya narkoba pada kalangan usia remaja, menyampaikan info pemenuhan gizi terhadap para ibu hamil, atau yang lain sebagainya.


4. Lengkap


Jangan salah, berita juga harus disampaikan secara lengkap, tidak boleh setengah saja. Karena info yang tidak lengkap lazimnya dapat menyebabkan salah paham ataupun dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan.


Adanya informasi yang valid dari sumber terpercaya yang hendak bermanfaat untuk mampu menilai setiap pertimbangan yang hendak dikemukakan di ruang publik apakah sesuai dengan adanya gosip tersebut.




Jenis-jenis berita


Jenis-Jenis Informasi Berdasarkan Sifatnya


Berdasarkan sifatnya, berita juga dibedakan menjadi berbagai jenis adalah:


1. Informasi Faktual


Informasi faktual merupakan sebuah info berupa fakta atau peristiwa aktual yang memang sungguh-sungguh terjadi dan mampu dibuktikan kebenarnya. Informasi kasatmata dibagi menjadi 2 yakni fakta lazim atau fakta khusus. Fakta lazim tidak menerangkan suatu fakta ataupun insiden yang detail.lalu Sedangkan fakta khusus memberikan fakta atau kejadian secara snagat rincian, mirip siapa pelakunya, di mana lokasi tempatnya, atau lainnya sebagainya.


2. Opini atau Konsep


Informasi juga ada yang berupa opini maupun usulan hasil fatwa seseorang.yang Contoh gosip opini misalnya sinetron yang mau dianggap berpengaruh jelek bagi golongan sampaumur di Indonesia.


3. Deskripsi


Informasi yang akan bersifat deskripsi akan menerangkan bahwa segala sesuatu secara rinci.yang Contohnya gosip yang akan menjelaskan sistem menjalankan soal ujian.juga Biasanya informasi mirip ini juga akan dijelaskan secara sistematis maupun logis agar bisa dikenali oleh akseptor-akseptor cobaan.


 Jenis-Jenis Informasi Berdasarkan Sifat Keilmuannya


Berikut ini ialah jenis-jenis info menurut sifat keilmuannya ialah:


1. Informasi Tidak Ilmiah


Informasi ini yang sifatnya lazim dan juga sering ditemukan di mana-mana dengan sungguh mudah.yang Contohnya seperti berita yang mau ditampilkan dalam televisi ataupun media massa yang yang lain.


2. Informasi Ilmiah


Sesuai dengan namanya, informasi ini juga bersifat ilmiah dan juga umumnya mampu diperoleh dari hasil penelitian. Informasi ilmiah juga dibagi lagi menjadi 3 jenis yakni info primer, informasi sekunder & isu tersier. Informasi primer merupakan suatu berita yang akan diperoleh dari sumber pertama secara pribadi,yang contohnya saja laporan hasil penelitian.


Informasi sekunder berbentukkutipan ataupun yang sejenisnya yang bertujuan untuk membicarakan sebuah gosip primer.yang misalnya merupakan bibliografi penulis yang terkenal.lalu Sedangkan informasi tersier berupa informasi yang mau dibuat untuk dapat membuat lebih mudah proses pencarian berita.yang Contohnya merupakan index & katalog.


Jenis-Jenis Informasi Berdasarkan Kegunaannya


1. Informasi yang menambah pengetahuan


Artinya gosip yang mau disampaikan memiliki faedah bagi pihak yang menerimanya/pembacanya.yang Misal isu dimana terjadinya petaka di kota A. Informasi mirip ini juga biasanya booming dan akan diberitakan oleh banyak media massa alasannya peristiwa dianggap berfaedah atau menarik perhatian penduduk .


2. Informasi yang mengajarkan sesuatu


Contohnya ialah isu cara bermain sepak bola yang sudah diajarkan oleh guru olahraga kepada anak-anaknya di sekolah.




Contoh Informasi


Berikut ini ialah acuan dari Informasi :



  • Selama setengah sebulan ini karyawan hanya masuk sebanyak 6 hari, ia akan melakukannya karena orang tuanya yang telah bau tanah mengalami sakit-sakitan atau harus keluar masuk rumah sakit dalam waktu setengah sebulan ini.

  • Telah terjadi kecelakaanmotor di Jalan Raya imam bonjol, sore tadi pukul 16.00, korban jiwa sebanyak 2 orang, yang ialah r dan meninggal sampaumur dan adiknya ditempat.

  • Pertandingan sepakbola Liga Indonesia antara Club persipura dengan Persib pukul15.30 tadi juga selsai dengan skor 2-1 untuk kemenangan persib.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id wacana Informasi Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!


Advertisement