Gudang Informasi

√ Metode Rangka Insan : Fungsi, Contoh Dan Cara Kerjanya

√ Metode Rangka Insan : Fungsi, Contoh Dan Cara Kerjanya
√ Metode Rangka Insan : Fungsi, Contoh Dan Cara Kerjanya

Pengertian Sistem Rangka Manusia


Sistem rangka yaitu metode yang mempunyai kegunaan untuk menyimpan mineral, daerah pembentukan sel darah, tempat menempelnya otot rangka, melindungi badan yang lunak dan menunjang badan. yang Terdiri dari tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, rangka penopang tulang pundak, rangka penopang tulang pinggul, tulang angota tubuh atas maupun bawah.


KeRangka-Manusia


Tulang-tulang dalam badan membentuk tata cara rangka. Kemudian metode rangka ini gotong royong menyusun kerangka badan tersebut. Sistem rangka membentuk dasar dari tubuh insan. Semua organ-organ berupa, daging, darah, otot, cair maupun udara semua terkandung dalam tubuh dan memiliki kestabilan dan kekuatan tertentu alasannya adalah tulang. ada 206 tulang dalam badan membentuk sistem rangka. Tulang-tulang tersebut didukung oleh sumsum tulang, yang dihasilkan oleh bentuk energi paling murni di dalam tubuh.


Sistem rangka merupakan sebuah tata cara organ yang memberi bantuan fisik pada insan maupun makhluk hidup. Sistem rangka lazimnya dibagi menjadi tiga tipe adalah: eksternal, internal, dan basis cairan (rangka hidrostatik), metode rangka hidrostatik mampu untuk dikelompokkan secara terpisah dari dua jenis lainnya alasannya tidak adanya struktur penunjangnya.


rangka manusia dibagi menjadi dua, yaitu rangka aksial (sumbu badan), dan rangka apendikuler (anggota badan).


1. Rangka Aksial


Rangka aksial yaitu susunan rangka yang posisinya sejajar dengan sumbu badan.


√sistem rangka manusia: fungsi ,contoh dan cara kerjanya


Yang tergolong ke dalam rangka aksial yakni :


a. Tulang Tengkorak (Cranium) berisikan tulang tempurung kepala, tulang tampang, dan tulang pendengaran. Tulang tempurung kepala disusun oleh 1 tulang dahi, 2 tulang pelipis, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang baji, 2 tulang tapis, dan 1 tulang kepala belakang. Sedangkan tulang paras yaitu ada 2 tulang rahang atas, 2 tulang rahang bawah, 2 tulang langit-langit, 2 tulang air mata, 2 tulang hidung, dan 2 tulang pipi. Tulang tengkorak mmpunyai kegunaan untuk mempertahankan otak, baik itu otak besar dan otak kecil.


b. Tulang Belakang (Vertebrae) terdiri dari 7 ruas tulang leher (cervical), 5 ruas tulang punggung (thorax), 5 ruas tulang pinggang (lumbal), 5 ruas tulang kelangkang (sacrum), dan 4 ruas tulang ekor (coccygeus). Tulang belakang mempunyai kegunaan untuk tempat turunnya metode saraf pusat dari otak dan memberi bentuk badan atas.


c. Tulang Rusuk (costae) berisikan 7 pasang tulang rusuk sejati (costae verae), 3 pasang tulang rusuk palsu (costae spuria),dan 2 pasang rusuk terbang (costae flunctuantes). Tulang rusuk memiliki kegunaan untuk melindungi organ dalam dada seperti jantung, paru-paru, tenggorokan, kerongkongan, dan lain-lain.


d. Tulang Dada (sternum) terdiri dari taju pedang (xifoid), hulu (manubrium sterni) dan dibagian badan (gladiolus). Tulang dada mempunyai kegunaan untuk menjaga organ-organ dalam dada insan.


2. Rangka Apendikular


Rangka apendikular yaitu tulang suplemen dari tulang aksial.


√sistem rangka manusia: fungsi ,contoh dan cara kerjanya


a. Rangka apendikular berisikan anggota gerak atas (tungkai atas), dan anggota gerak bawah (tungkai bawah).

Tungkai Atas (extremitas superior) terdiri dari gelang bahu (pectoral girdle), dan tulang tangan. Gelang pundak sendiri disusun oleh dua tulang, yakni ada 2 tulang belikat (scapula) dan ada juga 2 tulang selangka (clavicula). Sedangkan tulang tangan yang terdiri dari 2 tulang tangan atas (humerus), 2 tulang hasta (ulna), 2 tulang pengumpil (radius), 16 tulang pergelangan tangan (carpal), 10 tulang telapak tangan (metacarpal), dan 28 tulang jari tangan (phalanx).




b. Tungkai Bawah (extremitas inferior) terdiri dari tulang panggul dan tulang kaki. Untuk gelang panggul itu disusun oleh 2 tulang usus (illium), 2 tulang kemaluan (pubis), dan 2 tulang duduk (ischium). sedangkan untuk tulang kaki disusunnya oleh 2 tulang paha (femur), 2 tulang lutut (patella), 2 tulang betis (fibula), 2 tulang kering (tibia), 14 tulang pergelangan kaki (tarsal), 10 tulang telapak kaki (metatarsal), dan 28 tulang jari kaki (phalanx).




3. FUNGSI RANGKA MANUSIA


misalkan kalau kita tidak mempunyai rangka? Kita seperti seekor cacing besar yang selalu merangkak dipermukaan tanah untuk mendekati rangsang. Perkembangan rangka badan mulai sejak kala pembentukan bumbung sarafyang lalu menjadi vertebrata (tulang belakang. Rangka mempunyai peranan yang penting bagi tubuh, berikut dibawah ini :


a. Menopang badan


Fungsi perdana rangka ialah menopang tubuh sehingga bisa berdiri tegak.


b. Memberi bentuk badan


Manusia mempunyai bentuk yang khas hal ini sebab adanya rangka yang menyusun badan dari dalam (endoskeleton).


c. Menjaga organ – organ vital


Sistem rangka tersusun atas jaringan ikat yang sebagian besar mengalami pengerasan balasan deposisi senyawa kalsium. hal ini juga menunjang fungsi rangka selaku penjaga organ – organ vital seperti otak, saraf, jantung.


d. Tempat pembentukan sel – sel darah


Pada bagian tertentu pada sistem rangka yaitu pada sumsum merah atau rongga tulang keras, yakni tempat pembentukan sel darah merah yang tidak mempunyai intisel dan senantiasa akan diregenerasikan setiap 120 hari atau sekitar 4 bulan sekali.


e. Tempat penyimpanan mineral


Seperti yang sudah dikatakan sebelunya bahwa matriks ekstraseluler jaringan ikat yang menyusun rangka mengandung berbagai mineral seperti kalsium, phospat, dan sulfat. Dengan demikian, rangka bisa menjadi kawasan penyimpanan mineral tersebut bila konsentrasi di dalam badan tinggi, dan begitu juga sebaliknya, rangka merupakan sumber untuk mendapatkan mineral tersebut dengan cara penguraian.


4. cara kerja tata cara rangka manusia


a. Koordinasi Dengan Sistem Peredaran Darah.


Sistem peredaran darah memuat darah, dengan santunan pembuluh darah, ke seluruh bab tubuh, eksklusif dari kepala ke jari kaki kamu. Konstituen pertama darah ialah hematocytes, ialah Sel Darah Merah dan Putih dibuat oleh sumsum tulang. Sumsum tulang terletak poros berongga di tulang. Sumsum yang gres terbentuk berwarna merah, dan sedangkan sumsum renta berwarna kuning. Sumsum tulang dapat memproduksi kurang lebih 2,6 juta hematocytes per detik. Nah, Jika sumsum berhenti memproduksi sel-sel darah, kita tidak akan mampu bertahan hidup lama, alasannya sel-sel darah putih meraih imunitas badan kepada banyak sekali penyakit.




b. Koordinasi Dengan Sistem Otot.


Pekerjaan utama dari metode kerangka insan, bersama dengan sistem otot, ialah untuk memberikan gerakan. Sistem kerangka utama yang berisikan tulang kalsifikasi dan massa dapat lebih lembut dinamai tulang rawan, dan terhubung ke otot-otot oleh tendon.




demikianlah postingan ihwal √Sistem Rangka Manusia: Fungsi , Contoh dan Cara Kerjanya dari pengajar.co.id tentang sistem rangka insan, semoga bermanfaat.


Lihat Juga:   √Asteroid Adalah


Lihat Juga:   √Senyawa Kimia Adalah


Lihat Juga:   √Paragraf Deskriptif Adalah


Lihat Juga:   √Kalimat Efektif Adalah


Advertisement