Gudang Informasi

√Balok : Pemahaman, Sifat, Rumus Dan Unsurnya

√Balok : Pemahaman, Sifat, Rumus Dan Unsurnya
√Balok : Pemahaman, Sifat, Rumus Dan Unsurnya

Pengertian Balok


Balok : Pengertian, Sifat, Rumus dan Unsurnya


Balok ialah bangkit ruang 3 (tiga) dimensi yang dibuat oleh persegi panjang, paling tidak satu pasang di antaranya berskala berlawanan. Balok memliki 6 segi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibuat oleh 6 (enam) persegi sama dan sebangun disebut selaku kubus.


Balok


Sifat Sifat Balok


ada beberapa sifat-sifat balok, berikut diantaranya :


1). Sisi-sisi balok berbentuk persegi panjang.


Coba kamu amati segi ABCD, EFGH, ABFE, dan segi yang lainnya, Sisi-sisi tersebut memiliki bentuk persegi panjang. Dalam balok, minimal mempunyai 2 (dua) pasang sisi yang berbentuk persegi panjang.


2). Rusuk-rusuk yang sejajar mempunyai ukuran sama panjang.


Perhatikan rusuk-rusuk balok pada gambar di atas. Rusuk-rusuk tersebut sejajar mirip AB, CD, EF, dan GH memiliki ukuran yang sama panjang begitu juga dengan rusuk AE, BF, CG, dan DH memiliki ukuran yang sama panjang.


3). semua diagonal bidang pada sisi yang berhadapan mempunyai ukuran sama panjang.


Dari gambar tampakbahwa panjang diagonal bidang pada sisi yang berhadapan, yaitu ABCD dengan EFGH, ABFE dengan DCGH dan BCFG dengan ADHE memiliki ukuran yang sama panjang.


4). Setiap diagonal ruang pada balok mempunyai ukuran sama panjang.


Diagonal ruang pada balok ABCD, EFGH, adalah AG, EC, DF, dan HB mempunyai panjang yang sama.


5). Setiap bidang diagonal pada balok mempunyai bentuk persegi panjang.


Coba kamu amati balok ABCD, EFGH pada gambar diatas . Bidang diagonal balok EDFC mempunyai bentuk persegi panjang. Begitu pula dengan bidang diagonal yang lain.





Rumus-rumus Balok


berikut dibawah ini rumus-rumus balok :


1). Balok itu sama seperti kubus yang ialah suatu bangun ruang sisi datar. Namanya juga bangkit ruang, niscaya mempunyai volume, keliling dan luas permukaan yang dapat dijumlah. Lalu, apa si rumus mencari volume, keliling dan luas permukaan balok? berikut dibawah ini


rumus Balok


2). Selain rumus untuk mengkalkulasikan volume, keliling dan luas permukaan, ternyata diagonal bidang dan diagonal ruang pada balok juga dapat dijumlah. Khusus diagonal bidang, besarnya diagonal bidang tersebut bergantung pada posisi dari sisinya. supaya gak resah, coba kita cermati gambar rumus dibawah ini:


rumus volume balok


Unsur-Unsur Balok


1). Sisi atau Bidang


Sisi balok merupakan bidang yang menghalangi balok. Balok mempunyai 6 segi. perhatikan gambar diatas yang ialah sisi ialah segi bawah (ABCD); segi atas (EFGH); sisi depan (ABFE); sisi belakang (DCGH);segi samping kiri (BCGF); dan sisi samping kanan(ADHE).


Balok mempunyai 3 pasang segi yang sama bentuk dan ukurannya. Pasangan tersebut ialah:

Sisi ABFE = sisi DCGH

Sisi ABCD = sisi EFGH

Sisi BCGF = sisi ADHE.


2). Rusuk


Rusuk ialah garis bagian antar dua sisi bidang balok dan terlihat seperti kerangka yang menyusun balok. Sama seperti kubus, balok mempunyai 12 rusuk . Perhatikan gambar kubus diatas yang merupakan rusuk AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE, BF, CG, dan HD.


3). Titik Sudut


Titik Sudut merupakan titik cuilan antara dua atau 3 rusuk. Balok mempunyai 8 titik sudut. perhatikan gambar diatas, yang ialah titik sudut yakni A, B, C, D, E, F, G, dan H.


4). Diagonal Bidang atau Diagonal Sisi


Diagonal Bidang atau Diagonal Sisi ialah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan pada setiap bidang atau sisi balok. Sama halnya dengan kubus, balok memiliki 12 Diagonal bidang. Perhatikan gambar diatas, yang ialah diagonal bidang ialah AF, BE, BG, CF, CH, DG, DE, AH, AC, BD, EG, dan HF.


5). Diagonal Ruang


Diagonal Ruang ialah garis yang menghubungkan 2 titik sudut yang saling berhadapkan dalam satu ruang. Sama halnya dengan kubus, balok mempunyai 4 diagonal ruang. Perhatikan gambar diatas, yang merupakan diagonal ruang adalah AG , BH , CE , dan DF.


6). Bidang Diagonal


Bidang diagonal ialah bidang yang dibatasi oleh 2 (dua) rusuk dan dua diagonal bidang. Sama halnya dengan kubus, balok mempunyai 6 bidang diagonal. Perhatikan gambar diatas, yang ialah bidang diagonal adalah ACGE, AFGD, CDEF, BFHD, dan BEHC.


Demikinlah postingan perihal √Balok : Pengertian, Sifat, Rumus dan Unsurnya dari pengajar.co.id biar berguna.





Advertisement