Gudang Informasi

√Lisensi Yakni

√Lisensi Yakni
√Lisensi Yakni

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id Ingin Membagikan postingan tentang Lisensi Berikut Adalah Penjelasannya:




Pengertian Lisensi


√Contoh Lisensi : Pengertian, Jenis , Manfaat dan Contohnya


sebelumnya telah diuji oleh yang menjadikannya pertama kali. Lisensi sering dimaksud sebagai bentuk dukungan izin untuk memanfaatkan hak dari keklisensi yakni perlindungan izin dalam memproduksi sebuah produk, dimana produk atau jasa tersebutayaan intelektual, biar dapat diberikan pembei lisensi kepada penerima lisensi dengan maksud semoga akseptor lisensi mampu melaksanakan acara usaha dengan memakai hak dari kekayaan intelektual yang dilisensikan.




Jenis-jenis lisensi


Ada beberapa jenis lisensi , berikut diantaranya


1. Lisensi HKI (Hak dari Kekayaan Intelektual)


Jenis lisensi hak dari kekayaan intelektual, contohnya mirip lisensi pada software komputer. Pemberi lisensi mampu menawarkan hak pada para pemakai untuk menggunakan softwarenya. Lisensi dari hak intelektual ini umumnya mempunyai aneka macam macam peraturan didalamnya mirip syarat serta ketentuan, daerah penggunaan, pembaruan serta syarat lainnya yang telah diputuskan oleh pemilik lisensi tersebut.


2. Lisensi Massal


lazimnya , lisensi massal berada pada lisensi software komputer, dimana lisensi diberikan pemilik lisensi kepada perorangan untuk menggunakan software komputer tersebut. Lisensi secara rinci biasanya tertulis dalam EULA (End User License Agreement).


3. Lisensi Merek Barang dan Jasa


Pemilik lisensi mampu menunjukkan izin lisensinya terhadap organisasi atau perusahaan, dengan maksud dan tujuan untuk organisasi atau perusahaan tersebut mampu memasarkan produk dan jasa di bawah pemilik lisensi merk dagang tersebut. Dengan lisensi tersebut, maka pengguna lisensi dapat menggunakan merek jualan atau jasa pemilik lisensi, tanpa rasa khawatir dituntut secara aturan oleh pemilik lisensi karena sebelumnya sudah menemukan persetujuan pemilik lisensi tersebut.


4. Lisensi Hasil Karya Seni & Karakter


Pemilik lisensi dapat memperlihatkan izin kepada organisasi atau perusahaan sehingga mampu mengcopy serta memasarkan hak cipta yang mengandung material seni dan aksara. Misalkan saja ada suatu perusahaan memproduksi serta menjual mainannya dengan karakter tsum-tsum, dalam memproduksi serta memasarkan mainan aksara tersebut sebelumnya atau sudah mendapatkan izin dari pencipta karakter tersebut.


5. Lisensi Bidang Pendidikan


lisensi di bidang pendidikan berupa gelar akademis. Suatu perguruan tinggi tinggi selaku pemilik lisensi dapat menawarkan gelar terhadap seseorang untuk dalam menggunakan gelar akademisnya sesudah menuntut ilmu dalam abad waktu tertentu atau mampu juga gelar akademis tersebut diberikan terhadap seseorang selaku bentuk penghargaan.




Manfaat Lisensi


Manfaat lisensi bagi akseptor lisensi ialah mereka bisa memakai merek pemberi lisensi dengan kondusif, sehingga akseptor lisensi dapat menjalankan usahanya secara tanpa kendala kalau merek yang dipakai telah terkenal serta mempunyai reputasi yang bagus di mata pelanggan maka akan menerima banyak sekalikeuntungan dalam menjalankan bisnisnya. Sedangkan keuntungan yang di peroleh bagi pemilik lisensi, lazimnya akan menerima royalti yang besarnya telah disepakati oleh kedua belah pihak yakni antara pemilik lisensi serta akseptor lisensi.




Contoh Lisensi Di Era Digital


Terdapat beberapa contoh lisensi di periode digital:


1. Lisensi Perangkat Lunak (software)


Lisensi ini biasanya berada pada sistem operasi windows. Lisensi ini tertanam di dalam mesin PC. contohnya kau beli laptop baru dengan windows pre-installed maka lisensinya cuma berlaku pada laptop itu saja, alias tidak mampu dipindah ke laptop lain.

OEM hanya salah satu dari berbagai jenis lisensi yang digunakan oleh microsoft, selain itu ada juga lisensi Retail, Volume, dll.


2. Freeware


freeware yaitu perangkat lunak ber-hak cipta yang gratis untuk dipakai. Seseorang tidak butuhmengeluarkan ongkos untuk bisa menggunakannya. Beberapa acuan freeware diantaranya: LibreOffice, Dropbox, Avast Free, Chrome, dan lain-lain.


3. Shareware


Gratis digunakan tanpa biaya mirip hal nya freeware. tetapi shareware lazimnya banyak batasannya alasannya adalah penggunaan serta fitur-fiturnya. Nah, supaya penggunaan software-nya tidak dibatasi caranya ialah berbelanja lisensi versi lengkapnya.


demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang menerangkan ihwal Lisensi Adalah : Pengertian, Jenis , Manfaat dan Contohnya semoga artikel ini berfaedah bagi yang membacanya dan memperbesar ilmu wawasan anda


Advertisement