Gudang Informasi

√Hujan Asam Yakni

√Hujan Asam Yakni
√Hujan Asam Yakni

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan postingan tentang Hujan Asam Berikut Adalah Pembahasannya:




Pengertian Hujan Asam


√Contoh Hujan Asam:Pengertian,Proses,Penyebab,Sifat dan Karakteristik


Hujan asam ialah hujan yang mempunyai kadar keasaman yang mau rendah pada setiap tetes airnya. Keadaan keasaman hujan yang hendak wajar dimana pada umumnya mempunyai pH 5,7 sehingga mampu juga diartikan bahwa jika hujan yang memiliki pH kurang dari 5,6 mempunyai arti yaitu hujan asam. Penelitian baru-gres ini telah menandakan pH hujan sudah dapat berganti yang asalnya dari 6 menjadi ke 4 ini yang disebabkan oleh banyaknya gas buangan yang hendak menyebabkan hujan asam. Gas yang menjadikan hujan asam ini juga umumnya juga dihasilkan oleh petaka seperti letusan gunung berapi, jika letusan gunung berapi itu juga penyebabnya mungkin masuk akal-wajar saja karena reaksi dari alam, namun penyebab yang paling parah ialah ulah manusia contohya mirip asap kendaraan bermotor, asap pabrik ataupun industri dan lain-lain.


Terjadinya hujan asam pastinya akan ada penyebabnya, mirip klarifikasi tadi bahwa penyebab hujan asam diantaranya mirip bencana alam salah satunya letusan gunung berapi dan terbesar ulah insan contohnya seperti asap industri dan asap kendaraan bermotor.




Proses Terjadinya Hujan Asam



  1. Tahapan- tahapan yang mau dilalui dalam proses yang terjadinya hujan asam ini setidaknya ada enam tahapan. Tahapan- tahapan tersebut akan diterangkan secara urut dan disebut dengan kronologis.

  2. Berikut ada beberapa tahapan- tahapan yang hendak terjadinya hujan asam ini secara urutm adalah:

  3. Di Bumi juga terdapat beragam acara baik acara alam maupun kegiatan manusia yang dapat menyebabkan banyak sekali macam gas penyebab hujan asam, seperti karbondioksida, karbonmonoksida, welirang dioksida, dan hidrogen welirang.

  4. Kemudian di Bumi juga akan terjadi penguapan oleh berbagai macam sumber air yang disebabkan oleh pemanasan sinar matahari atau menghasilkan uap air yang banyak.

  5. Setelah itu uap air yang akan timbul dari pengembunan tersebut akan berjumpa dengan gas- gas yang mengakibatkan akan terjadinya hujan asam tersebut. Yakni karbondioksida ataupun karbonmonoksida dengan uap air, serta hidrogen sulfur maupun belerang oksida dengan uap air.

  6. Adanya konferensi uap air dengan karbondioksida atau karbon monoksida ini akan menciptakan asam yang bersifat lemah. Hidrogen oksida atau juga sulfur dioksida dikala akan bertemu dengan uap air akan juga menciptakan asam yang akan bersifat sangat berpengaruh.

  7. Kemudian kandungan yang hendak berjumpa tersebut akan terbawa oleh angin menuju tempat yang jauh dari sumbernya atau semakin ke atas.




Penyebab Terjadinya Hujan Asam


Karbondioksida atau CO2 dan karbon monoksida atau CO. Karbondioksida dan karbon monoksida ini merupakan sebuah gas hasil suatu proses dari pembakaran yang bertemu dengan uap air atau H2O. kedua gas ini bila berjumpa akan mampu membentuk asam karbonat atau H2CO3 yang termasuk ke dalam kategori asam lemah.

Hidrogen sulfida atau H2S, sukfur oksida atau SO2 yang hendak bertemu dengan uap air atau H2O akan membentuk asam sulfat atau H2SO4 yang ialah kategori asam yang berpengaruh.


Selain fenomena alam maupun bermacam-macam kegiatan insan yang dapat mengakibatkan hujan asam, kita juga perlu mengetahui hening apa saja gas- gas yang terlibat dalam proses akan terjadinya hujan asam ini.


Beberapa gas yang akan tampakdalam proses terjadinya hujan asam ini antara lain yaitu:


1.Karbondioksida atau CO2.


Karbondioksida ini adalaah suatu gas hasil proses pembakaran. Hal- hal yang juga mampu menyebakan karbondioksida ini antara lain adalah pernafasan makhluk hidup, hasil pembakaran, polusi kendaraan bermotor.


2.Karbon monoksida atau CO.


Karbon monoksida ini juga ialah satu gas yang juga diperoleh dari aneka macam suaatu proses pembakaran. Seperti sama dengan halnya karbondioksida, karbon monoksida ini juga dapat diproduksi lewat ada beberapa kegiatan selaku berikut: pernafasan makhluk hidup, hasil pembakaran, polusi kendaraan bermotor, atau lain sebagainya


3.Uap air atau H2O.


uap air juga merupakan bagian yang akan berperan dalam proses terjadinya hujan asam. Uap air ini mampu disebabkan oleh karena adanya penguapan dari sumber- sumber air yang ada di Bumi ketika sedang dipanasi oleh sinar matahari.


4.Hidrogen sulfida atau H2S.


Yakni suatu gas yang mau muncul alasannya adalah adanya terjadi pembakaran maupun pemanasan belerang.


5.Sulfur dioksida, yakni gas yang mampu muncul alasannya adalah adanya pembakaran sulfur pula, mirip sama halnya hidrogen sulfida.




Sifat Hujan Asam


Hujan asam yakni sebuah hujan yang intensitas akan terjadinya meningkat ketika terjadi revolusi industri. Jenis industri yang paling banyak menimbulkan atau juga akan memicu terjadinya hujan asam yaitu indistri yang melakukan pembakaran atau yang memiliki cerobong asam dan menggunakannya selaku cara untuk mencampakkan asap sisa pembakaran.


Penggunaan cerobong asap memang mampu akan mengurangi polusi udara yang ada di permukaan Bumi, namun penggunaan cerobong asap ini akan justru akan memperbesar kontribusi pada penyebaran hujam asam sendiri. Hujan asam ini juga umumnya sering terjadi di daerah yang lokasinya jauh dari sumber maupun penyebab terjadinya hujan itu sendiri. Di wilayah Bumi, yang paling banyak mengalami hujan asam yakni di kawasan gunung maupun bukitt. Hal ini sebab adanya kawasan pegunungan mempunyai curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan maupun kawasan yang berada di sekitarnya.


Pengaruh dari hujan asam sendiri mampu kita lihat dari beberapa sudut ataupun beberapa hal, antara lain ialah menurunnya jumlah ikan yang berada di danau. Selain itu, imbas yang mau terlihat pada tanaman hijau ialah rusaknya lapisan lilin yang ada di daun tanaman

Dari hujan asam pula kita juga dapat banyak menemui beragam nutrisi yang akan hilang. Hal ini disebakan akan berakibat pada tumbuhan yang tidak akan tahan pada udara hambar dan juga tidak tahan akan kepada serangan serangga atau juga jamur hujan asam juga dapat menciptakan perkembangan akar pada tanaman menjadi pelan. Dan manusia akan terganggu oleh aneka macam macam penyakit sebab adanya hujan asam ini.




Karakteristik Hujan Asam


Sama dengan halnya dengan jenis hujan yang yang lain, hujan asam ini akan memiliki karakteristik yang berlawanan dengan air hujan yang yang lain. Yang akan menimbulkan ciri khas dari hujan asam. Ciri- ciri yang akan di miliki oleh hujan asam ini cuma bisa kita akan peroleh pada hujan asam saja. Berikut ini adalah ada beberapa ciri- ciri maupun karakteristik yang di miliki oleh hujan asam yakni:



  • Memiliki kadar pH dibawah wajar , yakni di bawah 5,5

  • Dapat menimbulkan akan timbulnya rasa sakit kepala bagi orang yang mempunyai kekebalan badan yang sedang lemah

  • Menyebabkan gatal- gatal pada kulit yang alergi

  • Dapat meningkatkan seseorang terserang gangguan paru- paru maupun jantung

  • Hujan asamm yang pada awalnya terjadi alasannya adalah di sebabkan oleh peningkatan emisi belerang dioksida atau nitrogen oksida yang terdapat di atmosfer

  • Hujan asam ini akan terjadi sebab terjadinya peningkatan kadar sulfat ataupun kadar asam nitrat yang ada dalam polusi udara


Karakteristik yang ada dalam hujan asam yang lain merupakam meliputi rasa atau juga warna. Kita cuma mampu mengenali akan terjadinya hujan asam ini dari kandungan yang di miliki oleh hujan asam tersebut,atau mungkin kita bisa mengetahuinya dari pengaruh yang mungkin mampu ditimbulkan dari hujan asam tersebut.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id Tentang Hujan Asam Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!


Advertisement