Gudang Informasi

√Manajemen Adalah

√Manajemen Adalah
√Manajemen Adalah

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan postingan tentang Administrasi Berikut Adalah Pembahasannya:




Pengertian Administrasi


Apa administrasi bekerjsama adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berkala baik itu pencatatan maupun penyusunan suatu data dan juga gosip dengan maksud semoga gampang dalam mencarinya dan saling kaitan satu dengan yang lain.


Administrasi juga memiliki arti yang nyaris sama dengan tata perjuangan. kalau diartikan secara luas ialah sebuah aktifitas atau kegiatan rutin yang dikerjakan oleh beberapa orang berdasarkan tugas dari posisi nya masing masing untuk sama sama mencapai tujuan dengan cara yang efisien dan efektif. dengan kata lain administrasi yakni acara manage suatu pekerjaan yang dijalankan oleh sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama.


√Apa Administrasi : Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Ruang Lingkupnya




Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli


Beberapa mahir di bidang administrasi menjelaskan ihwal definisi manajemen, diantaranya adalah:


1. George R. Terry


Menurut George R. Terry, pengertian manajemen yakni kegiatan penyusunan rencana, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya supaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


2. Arthur Grager


Menurut Arthur Grager, pemahaman administrasi yaitu fungsi tata penyelenggaraan kepada komunikasi dan pelayanan warkat sebuah organisasi.


3. Sondang P. Siagian


Menurut Sondang P. Siagian, arti administrasi yakni segala bentuk dari proses kerjasama antara dua individu atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk meraih tujuan yang ditentukan sebelumnya.


4. Ulbert


Menurut Ulbert, dalam artian luas arti administrasi yakni penyusunan dan pencatatan data/ berita secara sistematis, baik internal maupun eksternal selaku upaya untuk menawarkan informasi serta memudahkan untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Sedangkan defenisi administrasi dalam arti sempit diketahui dengan perumpamaan tata perjuangan.


5. Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson


Menurut Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson, pemahaman administrasi adalah sebuah bagian dari ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan dan di mana pekerjaan tersebut harus dilaksanakan.




Fungsi Administrasi


1. Planning


Planning atau dalam bahasa indonesia yaitu perencanaan, yaitu suatu kegiatan dalam manajemen yang biasanya diletakan di permulaan aktivitas dalam mengumpulkan, mengolah dan menyusun data.


2.Organizing


Organizing atau pengorganisasian yaitu sebuah kegitan yang dilakukan untuk membentuk suatu relasi kerja yang nantinya akan menjadi sebuah kesatuan dalam meraih tujuan yang sudah di pastikan.


3. Staffing


Staffing merupakan suatu fungsi adanya administrasi yang membentuk suatu struktur di bagian personalia pada organisasi dari permulaan rekrutmen SDM sampai terhadap pengembangan SDM tersebut sehingga menawarkan kontribusi yang lebih untuk perusahaan atau organisasi.


4. Directing


Pengarahan dan panduan sangat berfungsi dalam suatu manajemen semoga mampu benar benar merealisasikan tujuan dalam melakukan tugas harus dijalankan pengarahan dan tutorial dalam organisasi.


5. Coordinating


yaitu fungsi yang tidak kalah penting karena tanpa adanya koordinasi, umumnya sesudah melakukan kerjasama maka pekerjaan dari tiap-tiap bab akan menyatu kembali atau mendapatkan solusinya agar dapat mencapai tujuan lebih baik dalam suatu perusahaan atau organisasi.


6.Reporting


ialah kegiatan administrasi yang dilaksanakan rutin, biasanya tiap akhir bulan atau final tahun ada juga yang melakukannya setiap hari atau tamat pekan biar menawarkan laporan tentang kegiatan kepada pimpinan yang nantinya akan ada langkah evaluasi dari acara kerja yang telah dikerjakan.


7. Bugeting (Pendanaan)


kegiatan adaministrasi paling krusialyakni mengelola dilema keuangan dan menyiapkan keuangan yang berkelanjutan biar terus berjalan sebuah roda keuangan perusahaan atau organisasi.




Tujuan Administrasi



  • Memantau atau memonitoring aktivitas didalam perusahaan atau organisasi

  • Melakukan evaluasi dan perbaikan perbaikan yang menimbulkan lebih baik lagi

  • Menyusun langkah atau program kerja yang unggul sehingga ada upaya mengembangkan usaha atau organisasi

  • Mengambankan sebuah acara yang ada pada organisasi perusahaan.




Ciri Administrasi



  • Terdapat suatu kelompok orang yang berisikan dua orang atau lebih.

  • Terdapat relasi teamwork atar golongan.

  • Terdapat pengarahan atau tutorial dan kepemimpinan lalu pengawasan.

  • Terdapat Visi atau Tujuan dari Kelompok tersebut.




Ruang Lingkup Administrasi


Ruang lingkup peran dari administrasi bida disebut sebagai tugas pelayanan adalah:


1. Menghimpun


Kegiatan ini berhubungan dengan mengumpulkan semua ketetangan yang acak-acakan atau berada tidak berdekatan sehingga siap dan mudah untuk digunakan dikala diperlukan ketika waktu.


2.Mencatat


Kegiatan ini mengendalikan semua alat tulis, dan membuta keterangan sehingga berbentuk goresan pena yang dapat di baca dan


dikirim lalu disimpan.


3.Mengelola


Bidang atau aktivitas yang dilakukan pada kegiatan ini sungguh beragam untuk menciptakan keterangan menjadi bentuk yang lebih berkhasiat.


4.Mengirim


yakni acara untuk membuatkan cara mendistribusikan alat dari satu bidang ke bidang yang lainnya.


5. Menyimpan


ialah sebuah kegiatan yang melakukan penempatan dengan banyak cara dan alat pada daerah yang aman.




Unsur Unsur Administrasi


1. Organisasi


Tempat dimana aktivitas manajemen dilaksanakan. Dalam bisnis, orang-orang yang melakukan pekerjaan di dalamnya akan dihimpun mejadi suatu wadah.


2. Manajemen


Alat utama pelaksanaan manajemen. Ada pengatur, pencetus, manajer dan tenaga operasional. Dalam administrasi ini masih dibagi menjadi tiga kalangan; top management, middle management dan lower management (mandor).


3. Komunikasi


Administrasi juga mengatur teladan komunikasi antar departemen. Misalnya lewat surat atau warta.


4. Kepegawaian


Ini berhubungan dengan penggunaan ternaga kerja. Dalam manajemen ada proses yang saling berhubungan, ialah; penerimaan, penempatan, pendayagunaan dan pemberhentian kerja.


5. Keuangan


Ini berkaitan dengan pembiayaan perjanjian kerjasama mulai dari cara memperoleh dana hingga pertanggungjawabannya.


6. Perbekalan


Berhubungan dengan pengadaan barang, penyimpanan dan penyingkiran. Pihak administrasi akan menyisir mana barang yang diperlukan untuk kerja dan tidak.


7. Tata perjuangan


Meliputi acara pencatatan, penyimpanan dan pengiriman.


8. Public Relation


Administrasi akan membuat peraturan bagaimana berhubungan dengan penduduk terutama pelanggan.




Peran Administrasi



  1. Memahami pengertian administrasi

  2. Meningkatkan kinerja staf kantor dalam hal pengorganisasian dan mengendalikan manajemen kantor di berbagai bidang

  3. Mengeluarkan kriteria filing yang sempurna

  4. Mengembangkan dan mengontrol aset perusahaan

  5. Mampu berbagi prosedur administrasi

  6. Mampu menertibkan dan merencanakan anggaran manajemen

  7. Membuat laporan kegiatan perusahaan mulai dari penggajian, acara pengantaran dan lainnya


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id perihal Administrasi Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!


Advertisement