Gudang Informasi

√Surat Niaga Yaitu

√Surat Niaga Yaitu
√Surat Niaga Yaitu

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id Ingin Membagikan postingan tentenag Surat Niaga Berikut Adalah Pembahasannya:




Pengertian Surat Niaga


Surat niaga yaitu surat yang hendak dibentuk maupun juga ditulis untuk kepentingan bisnis atau juga jual beli. Surat niaga ialah jenis surat yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan ataupun tubuh-tubuh perjuangan dalam rangka akan melaksanakan usahanya. Surat niaga juga ialah surat resmi yang kebanyakan berisi perihal usulan, jual-beli yang ada pada hubungannya dengan barang maupun jasa.


√Contoh Surat Niaga : Pengertian, Jenis, Struktur, Fungsi dan Cirinya


Atau juga definisi surat niaga yang lainnya adalah suatu surat yang telah dibentuk oleh orang-orang ataupun oleh suatu tubuh usaha dengan bermaksud untuk mencari laba. Surat niaga ini juga bisa bersifat intern maupun ekstern, secara intern mampu kita diartikan surat ini mampu digunakan untuk berafiliasi antar perusahaan itu sendiri baik itu dari tingkat sentra sampai pada hingga cabangnya. Dan bila secara ekstern surat ini dapat digunakan juga untuk berhubungan dengan perusahaan maupun tubuh usaha lain. Surat niaga ini juga kadang kala disebut dengan surat jualan maupun surat bisnis.




Jenis-Jenis Surat Niaga


Surat niaga juga akan mempunyai jenis yang salah satunya adalah surat pesanan. Surat ini merupakan surat yang hendak dikirimkan dari pembeli terhadap penjual yang berisi pesanan untuk mampu berbelanja beberapa barang atau jasa tertentu.


Dalam membuat surat niaga juga perlu diperhatikan poin-poin berikut ini:



  1. Pertama, harus menyebutkan surat pemesanan barang atau juga jasa berdasarkan dari surat penawaran atau juga iklan atau lain sebagainya yang berasal dari penjual.

  2. Kedua, menyebutkan jenis atau jumlah barang atau jasa yang akan dipesan, sebaiknya juga dibuatkan dalam bentuk daftar supaya lebih gampang dalam proses pengecekan.

  3. Ketiga, mesti mampu mencantumkan bagaimana cara pengirimannya.

  4. Keempat, menyebutkan pula bagaimana cara dari pembayarannya.

  5. Kelima, menyebutkan waktu pengantaran yang mau dikendaki.

  6. Keenam, menyebutkan cara pengepakan atau juga packingnya.


Surat niaga juga mempunyai berbagai jenis mirip yang tersebut dibawah ini,yakni:



  • Surat penawaran barang maupun jasa.

  • Surat permintaan barang maupun jasa.

  • Surat pesanan barang maupun jasa.

  • Surat penerimaan pembayaran.

  • Surat penangguhan pembayaran suatu barang ataupun jasa.

  • Surat keberatan.

  • Surat aduan.




Struktur Surat Niaga


Berdasarkan teladan surat, dapat kita ketahui juga struktur atau juga bagian-komponen surat niaga. Penjelasannya sebagai berikut yakni:


1. Kop surat


Kop surat merupakan identitas suatu instansi supaya akseptor surat dapat mengenali asal usul surat tersebut serta perusahaan atau juga forum apa yang mengirim surat terhadap mereka. Kop surat juga biasanya terletak di bab paling atas dalam surat atau juga dikenal kepala surat.


2. Nomor surat


Nomor surat yaitu suatu tanda bukti berupa gabungan angka huruf yang hendak dicantumkan pada surat keluar dari suatu instansi, perusahaan, organisasi, sesuai dengan buku jadwal surat keluar atau juga nomor berkas yang hendak bertalian dengan surat tertentu.


3. Lampiran surat


Lampiran surat dapat berupa teks, mirip teladan dokumen pendukung (misalnya daftar riwayat hidup pada surat lamaran kerja) atau berupa gambar, mirip gambar.


4. Perihal surat


Hal surat juga disebut juga wacana surat ataupun pokok surat. Yang akan dikemukakan pada ihwal surat merupakan isi pokok surat yang akan diterbitkan.


5. Alamat dan tanggal surat


Pencantuman alamat atau tanggal surat akan ditujukan untuk memberikan gosip mengenai tempat atau tanggal penulisan surat tersebut. Biasanya juga tidak akan dicantumkan kembali bila kawasan sdah ditulis di kepala surat yang akan berupa alamat instansi.


6. Salam pembuka


Salam pembuka berfungsi sebagai sapaan pembukaan dalam surat. Penulisan salam pembuka akan ditulis dengan karakter kapital di awal atau diakhiri oleh tanda koma.


7. Isi surat


Isi surat dapat yang mau berbentukpembuka adalah alenia pertama befungsi sebagai pengantar kepada berita yang ingin kita disampaikan. Isi yaitu berisi berita yang akan disampaikan. Ketiga, penutup yakni berisi ucapan terimakasih atau juga impian dari penulis surat terhadap pembaca surat.


8. Salam penutup


Salam epilog juga umumnya menggunakan kata “Hormat kami”. Penulisan salam epilog sama dengan halnya dengan salam pembuka, diawali dengan aksara kapital atau juga diakhiri tanda koma.


9. Nama terang dan tanda tangan


Setelah salam epilog,akan terdapat nama yang terperinci pengantarsurat disertai dengan tanda tangannya.


10. Tembusan


Tembusan ialah bagian surat yang mau menjelaskan pihak maupun orang yang juga berhak menerima surat tersebut.



  • Surat edaran.

  • Surat tagihan.

  • Surat telegram dan penegasan.




Fungsi dan Tujuan Surat Niaga


Mengacu pada pengertian surat niaga di atas, berikut ini ialah beberapa fungsi atau tujuan dari surat tersebut yaitu:



  • Surat niaga merupakan wujud aktual atau bukti sah adanya perjanjian.

  • Surat niaga juga menjadi alat pengingat yang mesti diarsipkan dan bisa digunakan setiap kali diharapkan.

  • Surat niaga juga mampu menjadi wakil penulis dalam konferensi dengan lawan bicaranya.

  • Surat ini juga mampu digunakan utuk selaku panduan dalam menjalankan tugas.

  • Surat niaga bisa akan menjadi alat untuk promosi.




Ciri-ciri Surat Niaga


kita juga mampu Mengetahui ciri-ciri surat niaga sungguh penting, semoga lebih memahami lebih dalam wacana surat niaga. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.

Surat niaga akan selalu berhubungan dengan perniagaan atau juga perdagangan atau hal bisnis.



  • Surat niaga juga dapat ditulis secara resmi di atas kertas bersegel atau materai.

  • Surat niaga akan memakai kata-kata persuasif atau juga menawan dan sopan.

  • Pengutaraan secara jelas.

  • Surat niaga juga bersifat simpatik.

  • Surat niaga akan condong menggunakan bentuk formulir untuk menerima efisiensi kerja, penghematan waktu, tenaga, atau juga ongkos.


Demikianlah artikel ihwal √Surat Niaga Adalah : Pengertian, Jenis, Struktur, Fungsi dan Cirinya dari pengajar.co.id agar bermanfaat.






Advertisement