Gudang Informasi

√Konduksi, Konveksi, Radiasi Yakni

√Konduksi, Konveksi, Radiasi Yakni
√Konduksi, Konveksi, Radiasi Yakni

Pada Kesempatan kali Ini Pengajar.co.id Ingin Membagikan Artikel ihwal √Konduksi, Konveksi, Radiasi Adalah Berikut Adalah Penjelasannya:




Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi


Energi panas yang bisa diperoleh dari berbagai sumber. Contoh dari beberapa sumber energi panas ialah matahari, listrik, api, geothermal, serta lewat gesekan benda. Panas yang berpindah maka disebut kalor. Secara alamiah kalor berpindah dari suatu benda yang memiliki suhu lebih tinggi ke benda yang memiliki sihi lebih rendah. Perpindahan panas bisa lewat beberapa cara ialah Konduksi, Konveksi dan Radiasi. Berikut di bawah ini kami jelaskan dan acuan dari perpindahan panas secara Konduksi, Konveksi dan radiasi.


√Konduksi, Konveksi, Radiasi : Pengertian Dan Contohnya




Perpindahan Panas Secara Konduksi (Hantaran)


Konduksi yaitu suatu perpindahan kalor atau panas yang melalui zat mediator tanpa diikuti dengan perpindahan zat perantara tersebut. Perpindahan kalor dengan cara konduksi kebanyakan terjadi pada benda-benda padat yang berbahan logam.


Contoh Konduksi



  1. Pada ketika sedang mengaduk teh panas, maka jika memakai sendok aluminium untuk mengaduknya pasti sendok tersebut akan ikut panas. Hal ini menandakan bahwa kalor atau panas mampu berpindah dari teh yang panas menuju ke ujung sendok aluminium yang dipegang.

  2. Jika kita memanaskan ujung batang besi di atas nyala api maka ujung besi yang kita pegang lama kelamaan niscaya akan ikut merasakan panas. Hal ini pertanda bahwa kalor atau panas yang berpindah dari satu ujung besi yang di panaskan menuju ke satu ujung besi yang sedang kita pegang.


Dari acuan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa besi dan aluminium mampu menghantarkan panas. Peristiwa konduksi sungguh erat keterkaitannya dengan daya hantar kalor dari suatu zat. Beberapa zat atau benda berdasarkan daya hantar panas, mampu dibedakan menjadi tiga jenis adalah :



  • Konduktor, adalah penghantar panas dengan baik. Contoh semua jenis logam.

  • Isolator, adalah penghantar panas buruk isolator mampu juga disebut dengan penyekat sebab mampu meredam panas. Contoh kater, plasik, kayu, kain dan gabus.

  • Semikonduktor, adalah suatu zat yang sifatnya setengah konduktor dan setengah isolator. Contoh gelas dan kayu hitam.




Perpindahan Panas Secara Konveksi (Aliran)


Konveksi merupakan suatu perpindahan kalor atau panas yang disertai dengan perpindahan zat mediator. Konveksi nyaris sama dengan konduksi hanya bedanya bila konduksi ialah perpindahan kalor tanpa diiringi dengan zat mediator sedangkan bila konveksi adalah sebuah perpindahan kalor yang diiringi dengan zat mediator.


Contoh konveksi



  1. Pada saat mengolah makanan air, maka air yang di bab bawah akan lebih dulu panas, pada saat air bawah sudah panas maka akan berpindah ke atas hal ini terjadi alasannya adalah pergeseran kurun jenis air hal ini akan terus terjadi sampai keseluruhan air mempunyai suhu yang serupa.

  2. Terjadinya angin darat dan angin bahari. Di malam hari daratan akan lebih singkat cuek jika di bandingkan dengan bahari. Hal ini berakibat udara panas di atas bahari bergerak naik dan posisinya akan digantikan dengan udara yang lebih acuh taacuh dari daratan, sehingga terjadilah angin darat yang berhembus dari daratan menuju maritim.




Perpindahan Panas Secara Radiasi (Pancaran)


Radiasi merupakan perpindahan kalor atau uap panas ada zat mediator. Perpindahan kalor dengan cara radiasi tidak membutuhkan zat mediator.


Contoh Radiasi



  1. Matahari memancarkan panas secara eksklusif kebumi yang mampu kita rasakan secara eksklusif.

  2. Pada saat kita sedang menyalakan api unggun, dan kita berada di dekat nyala api maka pasti kita akan mencicipi hangat.


Jumlah dari radiasi kalor yang diserap atau dipancarkan dari sebuah benda tergantung dari warna benda. Benda yang mempunyai warna gelap ialah penyerap sekaligus pemancar kalor yang baik, sedangkan benda yang mempunyai warna terang merupakan penyerap dan pemancar kalor yang buruk.


Demikianlah postingan tentang √Konduksi, Konveksi, Radiasi Adalah : Pengertian Dan Contohnya dari Pengajar.co.id biar bermanfaat.


Advertisement