Gudang Informasi

√Cagar Alam Yakni

√Cagar Alam Yakni
√Cagar Alam Yakni

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan postingan perihal Cagar Alam Berikut Adalah penjelasannya:




Pengertian Cagar Alam


Cagar alam ialah kawasan dimana suaka alam yang akan mempunyai kekhasan akan flora maupun ekosistem tertentu yang mesti sangat dilindungi ataupun dilestarikan dan juga perkembangannya akan berjalan secara alami sesuai dengan kondisi aslinya, tumbuhan dan fauna yang terdapat di dalamnya dapat digunakan untuk kebutuhan di era sekarang atau yang hendak datang. Cagar alam juga akan memiliki nilai yang sungguh penting untuk pengembangan penelitian, pendidikan, Ilmu Pengetahuan atau kepentingan yang yang lain.


√Apa Itu Cagar Alam : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Tujuan dan Contohnya




Manfaat dan Fungsi Cagar Alam


Manfaat dan fungsi cagar alam yang diantaranya adalah:



  • Untuk dapat melestarikan flora dna fauna.

  • Untuk mampu melindungi flora dan fauna dari kepunahan atau kelangkahan.

  • Untuk dapat menjaga kesuburan tanah.

  • Dapat dijadikan sebagai tempat wisata alam.

  • Untuk mengendalikan tataan air.

  • Cagar alam juga dapat menambah devisa negara.

  • Dapat juga akan menjadi daerah praktek belajar maupun praktek di lapangan.

  • Dapat menjadi kawasan penelitian.




Karakteristik Cagar Alam


Selain dari penjelasan yang telah aku diberikan diatas, masih banyak lagi klarifikasi yang mau aku berikan tentang karakteristik dari cagar alam. Oleh alasannya itu mari kita sama-sama kita akan meneruskan pembelajaran artikel ini semoga kita semua mampu mengerti keseluruhan penjelasan yang akan diberikan. Untuk itu kita eksklusif saja kita teruskan pembahasannya berikut ini.



  • Memiliki keanekaragaman jenis tumbuh-tanaman ataupun juga ekosistem.

  • Mewakili gugusan dari biota tertentu maupun jugu unit penyusunnya.

  • Memiliki keadaan alam yang sedang dialami atau juga belum terusik dengan campur tangan insan.

  • Memiliki komunitas berkembang-tanaman maupun juga ekosistem yang langka atau juga keberdadaannya yang hampir punah.

  • Memiliki ciri khas potensi yang akan menjadi teladan bagi ekosistem yang keberadaannya akan membutuhkan suatu upaya pelestarian atau juga santunan.

  • Memiliki luas yang cukup di dalam bentuk tertentu, yang mana nantinya akan dapat mendukung pengelolaan maupun juga menjamin kelancaran ekologis secara alami.




Tujuan Cagar Alam


Sudah aku diberikan klarifikasi yakni pengertian dari cagar alam dan juga karakteristik cagar alam, tetapi jangan kawatir karena masih ada lagi yang hendak kita diskusikan didalam postingan kali ini. Dan yang akan selanjutnya akan kita bahas yaitu tujuan dari cagar alam, karena ingin memberikan sebuah gosip atau pengetahuan yang lengkap kepada para pembacanya maka kan akan diberikan klarifikasi secara lengkap. Dan untuk itu pribadi saja kita akan melanjutkan pembahasannya yang mau diterangkan dibawah ini.



  • Untuk melindungi ekosistem yang akan terdapat di kawasan cagar alam biar mampu tetap lestari dan tidak akan punah.

  • Untuk melestarikan tumbuhan dan fauna.

  • Untuk melindungi flora dan juga fauna dari kelngkahan/kepunahan.

  • Bisa dijadikan sebagai daerah wisata.

  • Bisa menjaga kesuburan tanah.

  • Dapat menambah devisa negara.

  • Dapat mengendalikan tataan air.

  • Bisa menjadi kawasan penelitian.




Contoh Cagar Alam


1. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah



Tanjung Puting juga diketahui sebagai konservasi orangutan paling terbesar di dunia dengan populasi hingga kurang leih 40 ribu ekor. Jangan menjadi manusia yang barbar, kenali juga lebih jauh pentingnya melindungi orangutan di kawasan sini.


Ada pun ongkos yang mesti dikeluarkan, seperti tiket masuk Rp11 ribu, kamera Rp5.000, handycam Rp 15ribu, tiket klotok Rp50 ribu, dan parkir klotok Rp10 ribu.


2. Cagar Alam Maninjau – Agam, Sumatera Barat



Di daerah Agam Sumatera Barat sendiri, terdapat sebuah cagar alam yang mau menjadi berkumpulnya binatang buas dan bunga langka. Meski dilarang melihat secara pribadi, terdapat habitat harimau Sumatera ataupun beruang madu.


Desember bulan lalu, bunga raflesia paling besar berdiameter sampai kurang lrbih 106 cm tumbuh di sini. Salah satu pesona utama lainnya yaitu adanya Danau Maninjau yang seluas 99,4 kilometer.


3. Taman Cagar Alam Kawah Ijen – Banyu wangi, Jawa Timur



Luas daerah ini rekreasi alam di Kawah Ijen cuma sekitar 92 hektare, sisanya akan digunakan cagar alam. Maka dari itu, menurut Sea Soldier Banyuwangi, Putri Agustin, kurang sempurna rasanya kalau Ijen akan dijadikan tempat wisata massal dengan banyak pembangunan yang di sekitarnya.


Terdapat rajawali Jawa atau beberapa flora langka yang hendak dilindungi di daerah cagar alam Kawah Ijen. Meski ada pro-kontra, rekreasi Gunung Ijen memang lah memesona dengan api biru maupun kawah belerangnya.


4. Taman Cagar Alam Waigeo Barat – Raja Ampat, Papua Barat



Banyak daerah indah di Raja Ampat yang mampu membuatnya menjadi destinasi impian para traveler. Bukan hanya pantai, ada cagar alam yang sangat menawan di Waigeo Barat di Waisai, Papua Barat.


Kamu perlu menyewa speed boat seharga Rp 100 ribu per orang dengan waktu tempuh 1-3 jam. Di lahan seluas 95 ribu hektare ini, kau akan mampu melihat satwa langka mirip burung cenderawasih. Kondisi cagar alamnya akan didominasi hutan alami dengan adanya beberapa sungai kecil.


5. Taman Cagar Alam Karang Bolong – Nusa kambangan, Jawa Tengah



Menelusuri lautan eksotis dari Pantai Teluk Penyu di Cilacap, kamu juga mampu singgah ke cagar alam Karang Bolong. Pulau yang sungguh dikenal selaku penjara bagi penjahat kelas kakap ini terdapat cagar alam seluas 0,5 hektare.


Di tempat yang masih sungguh yang alami ini, kamu mampu juga menemukan pantai ataupun goa yang menarik. Siapkan persediaan kuliner atau minuman untuk berwisata ke sini.


Demikianlah artikel ihwal √Cagar Alam Adalah : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Karakteristik, Tujuan dan Contohnya dari pengajar.co.id biar berfaedah.


Advertisement