Gudang Informasi

√Iklan Adalah

√Iklan Adalah
√Iklan Adalah

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan tentang Iklan Berikut Pembahasannya:


√Ciri Iklan : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya


Pengertian Iklan


Iklan ialah isu atau pesan untuk membujuk orang agar terpesona pada barang atau jasa yang disediakan, iklan umumnya dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah dan internet. Iklan mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mengajak pembaca semoga melaksanakan apa yang inginkan Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada berita, permintaan untuk melakukan suatu hal. Seperti undangan untuk menanam pohon atau menjauhi obat-obat terlarang.




Jenis-jenis Iklan


Jenis-jenis iklan sangatlah beragam, berikut dibawah ini macam jenis iklan


Jenis Iklan Berdasarkan Isinya


1. Iklan Pengumuman (Pemberitahuan)


Adalah iklan yang bermaksud untuk menawan simpatik penduduk ihwal sebuah hal pemberitahuan. Contohnya :

iklan sedih cita dan iklan reuni alumni sekolah.


2. Iklan Penawaran (Niaga)


ialah iklan yang bertujuan memperlihatkan suatu produk atau jasa kepada penduduk . Contoh iklan niaga :



  • Iklan penawaran barang (produk), misal iklan sepatu, pakaian, handphone, motor dll.

  • Iklan penawaran jasa, misal iklan jasa ojek online, iklan klinik , iklan jasa pengantaran barang dll.


3. Iklan Layanan Masyarakat


Iklan layanan penduduk ialah jenis iklan yang memliki tujuan untuk memperlihatkan pencerahan perihal sesuatu hal. Biasanya iklan jenis ini disampaikan oleh instansi atau forum pemerintah dan organisasi non-profit seperti lembaga swadaya masyarakat. Iklan layanan penduduk dirancang agar penduduk mempunyai kesadaran kepada suatu hal tertentu. Contohnya, pentingnya menghemat energi agar mampu dinikmati untuk abad mendatang.


Jenis Iklan Berdasarkan Media Penggunaan Iklan


1. Iklan Cetak


Iklan Ini yakni Jenis Iklan yang Pembuatan Dilakukan Dengan Menggunakan Tehnik Cetak serta Penempatan Iklan Ini Dilakukan Di Media Datar, Contoh Iklan Cetak adalah Iklan yang ada Pada suatu Berita Koran, Pada Spanduk-Spanduk, Poster-Poster dan Pada Majalah.


2. Iklan Elektonik


Iklan Ini yaitu Jenis Iklan Yang Penayangannya Dilakukan Di Perangkat-Perangkat Elektronik, Dalam Iklan Elektronik Terbagi Menjadi Beberapa bagian Jenis Elektronik Dan Berikut ini Penjelasannya


Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya


1. Iklan Komersial


Iklan Jenis ini yakni Iklan yang Bertujuan Untuk Mendapatkan Income (Pendapatan) Dengan Kegiatan Utamanya ialah Menjual Barang Dan Jasa.

Iklan Ini terbagi Menjadi 3 Bagian adalah :



  • Iklan Konsumen, adalah Jenis Iklan Yang Ditunjukan Langsung Kepada Konsumen.

  • Iklan Bisnis, ialah Jenis IKlan Yang Ditunjukan Kepada Seseorang Pengelola Baik Perorangan, Instansi atau Koordinasi Perusahaan Yang Kemudian Pengelola Tersebut Yang Menjual ATau Jasa Kepada Konsumen.

  • Iklan Profesional, merupakan IKlan Jenis Bisnis yang Ditunjukan Kepada Para Pembisnis Profesional Yang mampu Mengelola Dengan Baik IKlan Yang Di Ajukan Kepada Para Pembisnis.


2. Iklan Non-Komersial


Iklan Ini ialah Jenis Iklan yang Tidak Mengantur Unsur Ekonomi Di Penayangannya Dengan Kata Lain Iklan Ini Hanya




Ciri Ciri Iklan


Terdapat beberapa ciri-ciri iklan, berikut dibawah ini ciri-cirinya:


1. Komunikatif


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Komunikatif Artinya kondisi saling Atau mampu berafiliasi (mudah dihubungi), Artinya Produk atau Jasa Yang Di Iklankan Harus gampang dimengerti dan diketahui Oleh masyarakat.


2. Informatif


Informatif Artinya bersifat memberi gosip Artinya Iklan mesti Bersifat Menerangkan Tentang Produk Atau Jasa Yang Di-Iklankan


3. Menarik


Menarik Artinya bisa Mempengaruhi atau Memberi Rangsangan Tertentu terhadap Banyak Orang Sehingga Orang Tersebut Ingin Mencoba dan memiliki Apa yang Ada Pada Iklan Tersebut


4. Bahasa Praktis Dimengerti


Iklan Harus Menggunakan Bahasa Yang Mudah ketahui dan Di Mengerti alasannya Memang Iklan Sendiri Tujuannya Agar Orang Ingin dan Mau Mencoba serta Menggunakan Produk atau Jasa Yang Diiklankan


5. Bersifat Mengajak


Bersifat Mengajak yakni Iklan yang Harus memliki Sifat-Sifat Mengajak Di Sela Kata-katanya Ini Bertujuan Agar dapat Menarik simpatik Banyak Orang Untuk Mencoba Dan memakai Apa yang Diiklankan




Fungsi dan Tujuan Periklanan


1. Informing (memberi informasi)


Periklanan mampu menginformasikan pasar tentang suatu produk baru serta pergantian harga, menyusulkan kegunaan sebuah produk baru menerangkan cara kerja, dan membangun gambaran perusahaan.


2. Persuading (membujuk)


Periklanan bisa membentuk preferensi merek, mengubah pandangan pelanggan tentang atribut produk, membujuk konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan dan mangajak konsumen untuk membelinya sekarang.


3. Reminding (mengingatkan)


Iklan melindungi semoga merek perusahaan tetap segar dalam kenangan para pelanggan serta mengembangkan minat pelanggan kepada merek yang telah ada.


Demikianlah artikel perihal √Iklan Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.


Advertisement