Gudang Informasi

√Buku Harian Adalah

√Buku Harian Adalah
√Buku Harian Adalah

√Contoh Diary : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Unsurnya


Pengertian Buku Harian


Buku harian ialah sebuah catatan tentang kejadian atau insiden yang dialami oleh penulis buku harian, dalam melaksanakan kesehariannya sehari-hari. Dari klarifikasi tersebut kita mampu menyimpulkan bahwa setiap orang mampu membuat buku hariannya sendiri, dengan menuliskan hal hal penting yang dialami saban hari baik itu kejadian maupun hal hal yang sifatnya tentang perasaan seperti curahan hati serta catatan pribadi tentang perasaan yang sedang kau alami.




Jenis-jenis Buku Harian


Terdapat berbagai jenis buku harian, berikut penjelasannya:


1. Text Diary


Text Diary ialah media untuk menulis pengalaman, perasaan, pandangan baru, kata-kata bijak dan rencana yang terjadi di dalam kehidupan kita. text diary dapat menjadi media untuk meminimalkan beban anggapan, menghemat kesedihan, mencari penyelesaian dan terapi jiwa.


2. Photo Diary


Photo Diary adalah jenis buku harian yang menyimpan foto dan video yang pernah kita rekam menggunakan smartphone tau kamera. kita mampu memakai Aplikasi Dropbox untuk membuat Photo Diary yang secara otomatis mengunggah semua foto yang ada di galery ponsel pintar ke akun dropbox kita secara aman.


3. Reading Diary


Reading Diary adalah buku harian yang berisi perihal pengertian yang kita bisa sesudah membaca teks atau menonton film. Disinilah kita dapat sharing ilmu yang kita peroleh dari buku, film, majalah, radio atau dari internet. Reading Diary dapat kita buat dengan menggunkan blog online.


4. News Diary


News Diary ialah sumber info terbaru yang menjadi oemuas hati kita tentang info kemajuan dunia. Setiap hari kita dapat membaca informasi dari berbagai situs gosip nasional maupun internasional lewat media kurun.




Tujuan Menulis Buku Harian


Terdapat 3 (tiga) tujuan menulis buku harian yakni :


1. Pengingat periode


tentu saja, senang bila di kemudian hari kita mampu mendapatkan potongan-belahan memori kejadian yang kita alami di abad lalu dari sebuah buku catatan harian yang bahkan tidak dapat kita ingat.


2. Pembelajaran


yang memiliki arti bagi kehidupan kita berikutnya. Misalnya, jika ingatan itu yaitu perihal hal yang kurang baik, kita dapat belajar menjadi lebih baik lagi di lalu hari dan seterusnya.


3. Curhat


Ya, siapa yang tidak pernah curhat?, baik dengan sahabat atau orang bau tanah. Semua orang ingin mencurahkan isi hatinya pada sesuatu atau orang lain untuk meringankan beban. Bagi kamu yang terlalu pemalu dan tidak dapat mencurahkan isi hati pada orang lain, sementara memendam sendirian terlalu berat dijalankan, maka kau dapat mulai menulis diary (buku harian) untuk mencurahkan isi hatimu di atas kertas.




Unsur-unsur Buku Harian


Terdapat 3 (tiga) bagian buku harian adalah :


1. Tempat


insiden atau insiden terjadi. Untuk menuliskan tempat ini, kamu dapat menggunakan kata bantu di, ke, atau dari untuk memperlihatkan kata daerah. Misalnya, di sekolah, setiap siswa diajak ke lapangan untuk senam, bermain bola, dll.


2. Waktu


terjadinya insiden atau kejadian. Waktu yang bisa ditulis dalam buku harian, tidak terbatas oleh hari serta tanggal kejadian atau peristiwa, namun dapat juga memakai kata-kata yang menawarkan keterangan waktu, misalnya, pagi hari, siang hari, sesudah adzan magrib, sebelum matahari tenggelam, dll.


3. Peristiwa


sudah niscaya peristiwa ini menjadi pokok problem dalam buku harian. Peristiwa ini bisa kau buat dalam bentuk tulisan dengan menjawab pertanyaan, “Apa yang terjadi?”, “Apa yang kamu rasakan?”, “Apa yang kau kerjakan?” Oleh karena itu, unsur terakhir yang harus hadir dalam buku harian yakni bagian perasaan yang kau rasakan.




Contoh Buku Harian


Bandar Lampung, 12 mei 2018


Diary


hari ini aku seneng banget bisa ketemu sama ia, padahal baru sehari gak ketemu udah kangen aja, pokok nya saya pengen terus ada buat ia dan selalu ada saat beliau duka dan bahagia


Diary ….


hari ini aku kesel bener sama seseorang, aku lagi ngerjain peran yang di berikan sama buk guru, tetapi di gangguin terus sama dia aku kan jadi kesel , pokoknya saya gak mau ngomong sama dia dalam bebrapa minggu kedepan , biarin aku diem dulu semoga tau rasa beliau.


Demikianlah artikel perihal √Buku harian Adalah: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Unsurnya dari pengajar.co.id semoga berguna.


Advertisement