Gudang Informasi

√Grafik Yaitu

√Grafik Yaitu
√Grafik Yaitu

√Contoh Grafik : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya


Pengertian Grafik


Pengertian Grafik yaitu kumpulan data dari beberapa tabel yang mau disajikan ataupun juga ditampilkan dalam bentuk gambar, seperti persegi, bulat, tabung, segitiga, balok, kerucut atau yang lain-lain. Grafik juga lazimnya juga diartikan selaku sebuah kerangka atau gambar yang akan dipakai untuk menciptakan sebuah objek visualisasi dari data-data pada tabel dengan tujuan mampu menunjukkan isu mengenai suatu data dari penyaji bahan kepada peserta bahan.


Selain itu juga, grafik juga sering diartikan selaku gambaran dari pasang surutnya suatu data yang telah ada, atau digambarkan dengan garis maupun gambar. Data yang dipakai untuk menciptakan grafik mampu berbentukangka, aksara, simbol, gambar, lambang, perkataan,maupun lukisan.




Jenis-Jenis Grafik


Grafik juga mampu dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut :


1. Grafik Batang


Grafik batang yakni jenis grafik yang sudah menggambarkan beberapa data dalam bentuk batang. Grafik batang ataupun histogram merupakan jenis grafik yang paling sederhana atau sungguh mudah untuk dapat dimengerti. Grafik batang sering dipakai untuk mampu menunjukkan perbedaan antara dengan jelas perihal tingkat nilai dari beberapa aspek pada suatu date tertentu.


√Contoh Grafik : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya


Panjang batang pada grafik batang juga akan menggambarkan presentase ataupun banyaknya data, sedangkan lebar batang berskala sama semuanya. Pada lazimnya data yang digunakan untuk perbandingan yaitu tidak banyak, maksimal 8 data. Pada grafik batang, bila data yang akan dipakai lebih dari satu maka untuk dapat memperjelas data yang satu dengan data lainnya adalah dengan memberi warna yang mau berbeda-beda pada tiap batang-batang.


2. Grafik Garis


Grafik garis ialah jenis grafik yang hendak menggambarkan beberapa data dalam bentuk garis atau kurva. Grafik garis sering juga dipakai untuk menggambarkan suatu pertumbuhan ataupun pergeseran data dari waktu ke waktu. Grafik garis mempunyai 2 sumbu utama yakni sumbu X ataupun sumbu Y.


√Contoh Grafik : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya


Sumbu X juga digunakan untuk mampu memperlihatkan waktu observasi.lalu Sedangkan sumbu Y digunakan untuk dapat menawarkan nilai dari hasil observasi pada waktu-waktu yang tertentu. hasil observasi sudah dibentuk dengan titik-titik pada bidang XY.lalu Kemudian dari masing-masing titik yang telah berdekatan dihubungkan dengan garis, sehingga akan menghasilkan suatu grafik garis.


3. Grafik Lingkarang


Grafik bundar ialah jenis grafik yang hendak menggambarkan sebuah beberapa data dalam bentuk lingkaran. grafik bundar ini digunakan untuk menggambarkan suatu prosentase nilai total dari suatu data. Ada beberapa hal yang sungguh harus diamati dalam pengerjaan grafik bulat,yang diantaranya ialah:√Contoh Grafik : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya


 



  • Tentukan hasil persentase nilai dari sebuah data. Cara menetukan presentase nilai suatu kelompok data yakni jumlah sebuah kelompok data akan di bagi jumlah kesuluruhan data akan di kali 100%.

  • Tentukan besar kecilnya sudut masing-masing kelompok data. Cara menentukan besar kecilnya sebuah sudut ialah hasil presentase suatu golongan data dibagi 360.

  • Tentukan warna untuk masing-masing golongan data. Setiap kalangan data juga akan memiliki warna yang hendak berberda-beda. Pemberian warna pada masing-masing kalangan data akan berkhasiat untuk membedakan antara golongan data satu dengan kelompok data yang lain, serta akan memperjelas perbandingan antara golongan data satu dengan kelompok data yang lainnya.




Tujuan Pembuatan Grafik


Tujuan dari pengunaan grafik dalam penyuguhan data adalah untuk dapat menunjukkan perbandingan antara data satu dengan data yang lain secara informasif yang kualitatif dengan penampilan yang sungguh sederhana. Data-data yang mau berupa uraian deskriptif yang banyak ataupun juga kompleks mampu diubah menjadi bentuk yang mau sederhana dengan menggunakan grafik. Sehingga jikalau sebuah grafik susah dibaca maupun dimengerti bermakna garafik tersebut telah sangat kehilangan keuntungannya.




Fungsi Grafik


Fungsi dari grafik merupakan untuk sebuah menggambarkan data-data yang berupa angka-angka kebetuk yang akan lebih sederhana secara teliti atau menjelaskan perkembangan serta antara perbandingan suatu obyek ataupun peristiwa yang saling berhubungan secara singkat maupun jelas. Makara dapat kita disimpulkan fungsi grafik:



  • Dapat Menggambarkan data kuantitatif dengan betuk sederhana namun dengan teliti.

  • Menjelaskan pertumbuhan, perbandingan sebuah obyek maupun kejadian yang hendak saling berkaitan secara singkat, padat ataupun terang.


Demikianlah artikel ihwal √Grafik Adalah: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya dari pengajar.co.id supaya berguna.


Advertisement