Gudang Informasi

√Gen Yakni

√Gen Yakni
√Gen Yakni

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id Ingin Membagikan Artikel ihwal Gen berikut Adalah Pembahasannya:




Pengertian Gen


Gen adalah unit penurunan sifat bagi organisme hidup.dari Bentuk fisik yakni urutan DNA yang hendak mengkode protein,dengan demikian, RNA yang akan mempunyai fungsi bagi organisme yang memilikinya.


 √Gen Adalah : Pengertian, Fungsi, Sifat, Struktur dan Ekspresi Lengkap


Menurut Hunt Morgan,salah satu spesialis genetik maupun embriologi Amerika Serikat,telah perihal gen selaku substansi hereditas, adalah suatu kesatuan kimia yang akan memiliki sifat selaku berikut:


1.Gen berbentukzarah (zat yang berskala sungguh kecil) yang kompak & mengandung berita genetik.

2.Peran gen sungguh penting dalam pengaturan kemajuan, metabolisme individu dan pewarisan sifat atau herediter.

3.Setiap gen menempati lokus gen (kromomer) di dalam kromosom.


Beberapa pertimbangan modern mendefinisikan gen sebagai sebuah lokasi tertentu pada genom yang mau bekerjasama dengan pewarisan sifat dan mampu dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator maupun peran-peran fungsional dll.




Fungsi gen


Adapun fungsi gen antara lain:

1. Mengatur dan mengontrol kemajuan badan dan metabolisme individu.

2. Menyampaikan informasi genetik dari generasi ke generasi berikutnya.

3.Menentukan hereditas atau pewarisan sifat pada keturunannya.




Sifat Gen


Gen memiliki sifat-sifat misalnya.

1. setiap gen memiliki fungsi maupun peran berbeda.

2. Pada waktu pemeriksaan mitosis dan meiosis mampu mengadakan duplikasi.

3. bermacam-macam,telah diputuskan oleh susunan dalam kombinasi basa nitrogen.

4. sebagai kromsim yg akan terdapat zarah.




Struktur Gen


Menurut Fred (2005) bahwa struktur gen tersusun dari:


1. Daerah pengkode


Adalah ekson maupun intron yang akan mengkode RNA ataupun protein. Intron ialah sekuens yg tidak akan mengkode asam amino sedangkan ekson adalah bab asam amino yg akan di kode.


2. Promotor


Adalah yaitu urutan DNA spesifik yang berperan dalam mengendalaikan transkripsi gen struktural dan terletak di kawasan upstream (hulu) dari bagian struktural gen. Promotor berfungsi selaku kawasan dimana peletakan permulaan enzim RNA polimerase yang nantinya akan melakukan transkripsi pada bagian tersebut.


3. Operator


Adalah urutan nukelotida yang terletak di antara promotor dan bab struktural dan ialah tempat pelekatan protein represor (penekan atau penghambat lisan gen). Jika ada represor yang mau melekat di operator maka RNA polimerase gak akan mampu jalan trus verbal gen tidak bisa berlangsung secarah utuh.Selain itu juga adanya supresor juga terdapatenhancer. Supresor akan dipergunakan untuk menghalangi sedangkan enhancer dipergunakan untuk mengembangkan proses transkripsi dengan meningkatkan jumlah RNA polimerase. Namun letaknya tidak akan pada lokasi yang spesifik yaitu operator, ada juga yg jauh di upstream ataupun bahkan downstream dari awal transkripsi.


4.Terminator


Adalah dicirikan dengan struktur jepit rambut / hairpin dan lengkungan yang kaya akan urutan GC yang terbentuk pada molekul RNA hasil transkripsi.




Proses Ekspresi Gen


Dalam badan insan terdapat tidak sedikit gen (unit dasar hereditas dalam kehidupan organisme) yang nantinya bakal terekspresi menjadi fenotip (sifat yang tampak), misalnya rambut hitam, kulit sawo matang, hidung mancung, dan sebagainya. Bagaimana suatu gen yang ukurannya paling kecil bisa menjadikan rambut anda berwarna hitam?


Dalam perumpamaan biologi molekuler anda kenal dengan ungkapan Dogma Sentral Biologi Molekuler. Apakah itu? Dogma di sini adalah suatu kerangka kerja guna mampu mengenali urutan transfer informasi antara biopolymer (DNA, RNA, protein) dengan teknik yang sangat lazim dalam organisme hidup. Sehingga secara garis besar, iman sentral tujuannya ialah semua berita ada pada DNA, lantas akan dipakai untuk menghasilkan molekul RNA melalui transkripsi, dan beberapa gosip pada RNA itu akan dipakai untuk menghasilkan protein melalui proses yang dinamakan translasi.


Demikianlah Artikel dari pengajar.co.id tentang Gen Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua!


Advertisement