Gudang Informasi

Pemahaman Ekonomi Yaitu

Pemahaman Ekonomi Yaitu
Pemahaman Ekonomi Yaitu

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pengertian Ekonomi Adalah: Sejarah, Manfaat, Prinsip, Motif, Tujuan, yuk sama-sama kita diskusikan dibawah ini :Pengertian-Ekonomi-Adalah




Pengertian Ekonomi


Istilah “Ekonomi”  berasal dari bahasa Yunani, adalah “oikos” mampu diartikan “Keluarga dan rumah tangga” dan “nomos” yang memiliki arti “peraturan, hukum  dan aturan”. Secara garis besar ekonomi mampu diartikan sebagai aturan rumah tangga atau bisa disebut manajemen rumah tangga. Sementara yang dimaksud dengan mahir ekonomi yaitu orang menggunakan rancangan ekonomi dan data dalam melakukan pekerjaan .


Pengertian Ekonomi ialah sebuah acara insan yang berhubungan dengan kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi terhadap jasa dan barang. Definisi ekonomi adalah semua yang berkaitan dengan upaya dan daya insan dalam memenuhi keperluan hidupnya untuk mencapai sebuah tingkatan kesejahteraan.


Pada perkembangannya ilmu ekonomi ini meliputi beberapa ilmu sosial lainnya mirip sejarah, geografi, sosiologi maupun antropologi yang kesemuanya saling berkaitan dan saling menimbulkan karena balasan.


Mengikuti periode perkembangan zaman sesuai dengan penerapan bidang-bidang baru, ilmu ekonomi juga meningkat dalam cakupan ilmu keuangan, ilmu manajemen, ilmu perdagangan, ilmu bisnis, ilmu buatan, ilmu distribusi, ilmu manajemen dan lain-lain.


Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya insan menggolongkan 5 sektor ekonomi kebutuhan yaitu :



  1. Sektor Primer

  2. Sektor Sekunder, dan

  3. Sektor Tersier

  4. Sektor Quartener

  5. Sektor Quiner




Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli




  1. Definisi Ekonomi berdasarkan John Stuart Mill


    Pengertian ilmu Ekonomi ialah sebuah ilmu yang mempelajari ihwal pengeluaran dan penagihan ekonomi.



  2. Definisi Ekonomi berdasarkan Oscar Langen


    Pengertian ilmu Ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tata manajemen dan banyak sekali sumber baik kecil maupun besar dan dianalisa sedemikian rupa, sehingga mampu dipergunakan bagi kehidupan insan secara optimal dan sebaik-baiknya.



  3. Definisi Ekonomi menurut Suherman Rosydi


    Pengertian ilmu Ekonomi adalah ilmu wawasan yang menawarkan pengetahuan dan pemahaman perihal tanda-tanda-gejala penduduk yang muncul alasannya adalah perbuatan insan dalam bisnisnya untuk menyanggupi kebutuhan atau untuk mencapai kesejahteraan.





Manfaat Ekonomi


Berikut dibawah ini merupakan manfaat ekonomi, yakni :



  1. Mengoptimalkan sumber daya untuk menemukan laba maksimal.

  2. Bekerja hemat sempurna dan cepat untuk memperkecil risiko kerugian dan kerusakan.

  3. Mencapai tujuan dengan tepat waktu dan sukses untuk mencapai tingkat kemakmuran yang diharapkan.

  4. Mencapai hasil kerja yang terjamin mutunya untuk menyanggupi tingkat kepuasan pelaku ekonomi.

  5. Hidup lebih maju dalam persaingan yang sehat.




Tujuan Ekonomi


Secara umum Tujuan ekonomi yakni:



  1. Memaksimalkan laba di mana kita mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya.

  2. Meminimalkan kerugian dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya.




Prinsip-prinsip Ekonomi


Prinsip ekonomi ialah suatu ajaran untuk melaksanakan tindakan ekonomi yang terkandung asas dengan pengorbanan tertentu maka dapat diperoleh hasil yang sangat maksimal. Prinsip ekonomi ialah dengan pengorbanan sekecil-kecil nya untuk mendapatkan hasil tertentu atau dengan pengorbanan tertentu untuk menemukan hasil semaksimal mungkin.


Ada berbagai jenis prinsip-prinsip eknomi ialah:




  1. Prinsip Produksi




Prinsip Produksi dalam ekonomi ialah perekonomian mempunyai peran dalam pengadaan produk, baik itu barang maupun jasa. Proses produksi membutuhkan ongkos dan usaha dalam pelaksanaannya. Aktivitas bikinan akan membukaan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk tertentu.




  1. Prinsip Distribusi




Prinsip Distribusi dalam ekonomi yakni kegiatan penyaluran atau distribusi suatu produk kepada para pelanggan. Kegiatan distribusi ini harus dijalankan dengan perhitungan waktu yang baik agar produk yang disalurkan datang di lokasi pemasaran dengan tepat waktu.


Misalnya dalam pengantaran  sayur-sayuran dan buah-buahan dari para petani ke para pedagang di pasar. Proses distribusi dilakukan pada saat dini hari supaya kualitas sayur dan buah tetap baik saat pelanggan membelinya.




  1. Prinsip Konsumsi




Prinsip Konsumsi dalam ekonomi yaitu segala aktivitas penggunaan suatu produk yang dijalankan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.


Misalnya seorang pemilik rumah membeli genteng untuk mengubah genteng rumahnya yang rusak. Tujuannya supaya atap rumahnya tidak bocor saat hujan dan merasa nyaman.




Motif Ekonomi


Motif ekonomi adalah argumentasi ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melaksanakan sebuah langkah-langkah ekonomi. Motif ekonomi terbagi dalam dua aspek ialah :




  1. Motif Intrinsik


    Yaitu suatu harapan untuk melakukan langkah-langkah ekonomi atas kemauan sendiri.



  2. Motif Ekstrinsik


    Yaitu suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas dorongan orang lain.



Pada praktiknya terdapat beberapa macam motif ekonomi:



  1. Motif menyanggupi keperluan

  2. Motif menemukan laba

  3. Motif memperoleh penghargaan

  4. Motif mendapatkan kekuasaan

  5. Motif sosial / membantu sesama


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Ekonomi Adalah: Sejarah, Manfaat, Prinsip, Motif, Tujuan, semoga dengan adanya postingan ini bisa berfaedah dan lebih menambah wawasan anda.


Advertisement