Gudang Informasi

Cepat Rambat Bunyi

Cepat Rambat Bunyi
Cepat Rambat Bunyi

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan membuat postingan mengenai Cepat Rambat Bunyi : Pengertian, Contoh Soal, Rumus Persamaan, Kategori, Faktor, Cara Kerja, yuk sama-sama kita diskusikan dibawah ini :cepat-rambat-bunyi




Pengertian Bunyi


Bunyi adalah salah satu kaedah fisika yang sangat erat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari. Tidak heran bila suara menjadi materi yang terus dipelajari dan juga dikembangkan oleh banyak orang di seluruh dunia.




Pengertian Cepat Rambat Bunyi


Bunyi ialah hasil getaran sebuah benda. Bunyi merupakan gelombang longitudinal karena perambatannya berupa rapatan dan juga renggangan dari molekul-molekul udara yang terus bergerak maju dan mundur. Bunyi disalurkan melalui medium zat padat, cair, dan juga gas.


Suara ini tersalurkan melalui udara dengan kecepatan tertentu sehingga membutuhkan waktu semoga mampu sampai ke pendengar.


Pergerakan suara ke udara yakni berjalannya gelombang yang dibarengi dengan laju tertentu.


Cepat rambat suara yaitu jarak yang mampu ditempuh oleh suara tiap satuan waktu yang mempunyairumus cepat rambat bunyi selaku berikut: V = s : t .


Keterangan v = cepat rambat bunyi (m/s)


S = jarak yang ditempuh


T = waktu tempuh (s)




Contoh Soal Cepat Rambat Bunyi


Contoh Soal 1


Ledakan sebuah bom terdengar dua sekon sesudah itu terlihat kepulan asap. Berapakah laju rambat suara di udara pada saat itu jika jarak antar petasan dengan pengamat 4,2 km? (laju rambat cahaya yang ada di udara diabaikan).


Diketahui:


t = 2 s


s =  4,2 km


ditanya : v = ….?


dijawab :


V = s : t


= 4.200 m : 2 s = 1.200 m/s




Contoh Soal 2


Suatu hari kilat terlihat, dan lima detik lalu suara gledek berbunyi. Jika tingkat suara di udara 340 m/s dan tingkat cahaya jauh lebih besar dari tingkat bunyi. Berapa jauh pendengar sumber Guntur..??


Jawaban:


Waktu yang dibutuhkan untuk cahaya dari kilat sumber ke pengamat (T1) = jarak/laju, sebab tingkat cahaya sungguh besar, maka T1 dianggap 0 (nol), yakni waktu yang dibutuhkan dari sumber kilat ke pengamat (t) = 10 detik.



  • s = v x t

  • = 340 x 5

  • s = 1.700 m


Maka Jarak kilat ke pengamat ialah 1.700 meter.


Faktor yang tidak mempengaruhi laju bunyi di udara yakni tekanan udara. Terlepas dari tekanan udara, jikalau suhu ialah tingkat suara yang sama.




Rumus Persamaan Cepat Rambat Bunyi


V=Fxh


informasi;

V=cepat rambat suara(m/s)

F=Frekuensi bunyi(Hz)

h=Lamda/panjang gelombang(m)




Rumus Cepat Rambat Bunyi


gambar rumus cepat rambat bunyiDalam pembahasan gelombang, waktu yang diperlukan untuk gelombang adalah kala t = T, sedangkan jarak gelombang kemudian s = λ:gambar rumus cepat rambat bunyiketerangan:gambar-rumus-cepat-rambat-bunyi


v = cepat rambat gelombang suara (m/s)


s = jarak tempuh gelombang bunyi (m)


λ= panjang gelombang suara (m)


t = waktu yang ditempuh (s)


f= frekwensi (Hz)


T= periode (s)




Kategori Cepat Rambat Bunyi


Sedangkan untuk frekuensinya bunyi dikategorikan menjadi tiga yakni:



  1. Infrasonik (di bawah 20 Hz)

  2. Audiosonik, yakni frekuensi indera pendengaran manusia antara 20 Hz – 20.000 Hz

  3. Ultrasonik dengan kesanggupan lebih dari 20.000 Hz




Faktor Cepat Rambat Bunyi


Kuat lemah bunyi dan intensitas ditentukan oleh empat faktor:



  1. Amplitudo : simpangan getaran dari titik yang sepadan

  2. Jarak antara sumber suara dan juga pendengar

  3. Resonansi, ialah peristiwa ikut bergetarnya sebuah benda kalau benda lain digetarkan

  4. Bidang pemantul atau pun reflektor


Dalam rumus cepat rambat suara juga diketahui selaku istilah resonansi yang tidak lain adalah keadaan ikut bergetarnya sebuah benda yang di akibatkan oleh getaran benda lain didekatnya. Sedangkan untuk pemantulan bunyi cara pengukurannya menggunakan kedalaman bak, danau, dan juga maritim.




Cara Kerja Cepat Rambat Bunyi


Kala menatap terdapat kilatan sinar halilintar, Kamu bisa jadi hendak pribadi mendengar terdapatnya suara selang sebagian ketika setelah itu.


Bunyi yang muncul sehabis terdapat sinar halilintar ini mampu terjalin karena terdapatnya gelombang kilat rambat yang resonansinya lebih kecil dibanding kecepatan rambatan sinar.


Bunyi yang merambat lewat medium perpindahan tenaga inilah yang mengakibatkan kemunculan dari bunyi halilintar tersebut.


Yang tentu, dalam medium yang tidak sama, suara memiliki kilat rambat yang tidak sama pula.


Misalnya saja, semacam medium gas, cair, serta padat, sampai di antara ketiga medium tersebut yang sangat kilat rambatannya merupakan dari zat padat.


Itu alasannya adalah jarak di antara molekul dari zat padat ini jauh lebih rapat dibanding zat yang yang lain. Dampaknya, perpindahan bunyi ke tiap molekulnya jadi lebih kilat.


Perhitungan Cepat Rambat Bunyi


Temperatur hawa yang panas ataupun sangat acuh taacuh mampu pengaruhi kecepatan bunyi yang terjalin di hawa. Kian rendah temperatur udaranya, tentang ini mampu membuat kecepatan rambat suara jadi makin kilat.


Perihal ini disebabkan partikel udaranya jadi lebih banyak. Misalnya saja, semacam suara arloji yang terdengar lumayan keras jikalau mengenakan kayu dibanding tidak menggunakan kayu. Bunyi tidak dapat terdengar di zona ruang hampa hawa.


Itu karena buat menciptakan bunyi bunyi itu memerlukan dorongan dari zat perantara bagaikan perlengkapan buat menghantarkan bunyi.


Entah itu dengan dorongan zat cair, padat, serta zat gasnya. Bunyi yang telah merambat lewat dorongan medium dapat hadapi pemantulan, interfensi, pembiasaan, serta pula difraksi.


Peristiwa ini meyakinkan bila bunyi yang telah merambat yakni gelombang mekanik. Sehingga, wacana ini mengakibatkan hukum yang tidak dapat diabaikan seputar bunyi.


Ialah, sebab bunyi yakni gelombang mekanik, sehingga perihal ini menciptakan aturan yang bermakna jikalau bunyi cuma dapat merambat lewat medium saja.


Ialah, dari padat, gas, serta cair. Makara, kilat rambat bunyi ini tidak hendak terjalin apabila terletak di ruangan yang hampa hawa. Biasanya, proses ini cuma terjalin sungguh besar pada zat padat, barulah sesudah itu mampu terjalin di zat cair serta zat gas.


Kedudukan Kilat Rambat Bunyi Buat Kehidupan Sehari- Hari


Kedudukan dari Kilat Rambat Bunyi ini sungguh banyak buat kehidupan tiap hari. Ialah, mampu digunakan buat mengetahui waktu siang serta malam oleh para nelayan.


Tidak hanya itu, berkat rambat suara ini pula mampu membuat manusia dapat mendengar bunyi di malam hari jauh lebih terperinci dibanding siang hari. Sebab saat malam hari, kerapatan udaranya lebih rapat dari siang hari.




Demikianlah postingan dari pengajar.co.id wacana Cepat Rambat Bunyi : Pengertian, Contoh Soal, Rumus Persamaan, Kategori, Faktor, Cara Kerja biar berguna.


Baca Juga :






Advertisement