Gudang Informasi

Seni Musik Adalah

Seni Musik Adalah
Seni Musik Adalah

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat postingan yang berjudul Seni Musik Adalah – Fungsi, Unsur, Jenis dan Contohnya, yuk kita sama ulasannya dibawah ini:Seni-Musik-Adalah




Pengertian Seni Musik


Seni musik adalah cabang seni yang menggunakan musik dan bagian-unsurnya selaku sarana mengekspresikan verbal dan perasaan seorang seniman.


Pendapat lain menyampaikan bahwa seni musik ialah cabang seni yang menggunakan bunyi sebagai sarana penyampaian di mana suara dikelola sehingga memiliki irama, nada, lagu dan harmoni.


Melalui musik, seorang seniman dapat mengekspresikan diri mereka dan mengekspresikan emosi mereka lewat bunyi yang diatur dengan sedemikian rupa, baik dengan bunyi vocal maupun suara alat musik. Saat ini, seni musik juga merupakan salah satu kemudahan hiburan paling terkenal bagi orang-orang di seluruh dunia.


Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli




  1. Menurut Otti Jamalus (1988 : 1)


    Arti seni musik yakni sesuatu yang menghasilkan karya seni, dalam bentuk bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengekspresikan pikiran dan perasaan pencipta melalui komponen-unsur utama musik, adalah irama, melodi, harmoni dan komposisi lagu dan mulut secara keseluruhan.



  2. Menurut Aristoteles


    Pengertian seni musik adalah tuangan dan kesanggupan serta tenaga penggambaran yang dimulai dengan gerakan rasa dalam deretan nada (melodi) yang mempunyai irama.




  3. Menurut David Ewen


    Seni musik yaitu ilmu dan seni variasi berirama dan dari beberapa nada, baik vokal atau instrumental yang mencakup melodi dan harmoni selaku mulut dari semua hal yang ingin mengekspresikan diri lebih dalam di sisi emosional .






Unsur-Unsur Seni Musik


Berikut dibawah ini merupakan komponen seni musik, adalah :




  1. Melodi


    Pengertian melodi yakni variasi dari sejumlah nada atau suara, yang dipilih sesuai dengan perbedaan antara tinggi rendah dan naik turunnya. Melodi mencakup nada, durasi, dan pitch.



  2. Irama (Ritme)


    Pengertian irama atau ritme yakni gerakan teratur alasannya adalah fokus secara tetap.



  3. Birama


    Pengertian Birama yaitu komponen seni musik dalam bentuk ketukan atau ayunan yang diulang dan dijalankan secara terstruktur pada waktu yang serentak. Birama itu sendiri umumnya ditulis selaku angka belahan seperti 2/4, 3/4, 2/3 dan seterusnya.



  4. Harmoni


    Pengertian harmoni ialah hal yang terkait dengan keharmonisan bunyi. Harmoni meliputi peran, komposisi, dan hubungan variasi suara dalam bentuk keseluruhannya.



  5. Tempo


    Pengertian tempo adalah sesuatu yang berhubungan dengan kecepatan dan kelambatan musik atau lagu. Tempo juga bisa diartikan selaku ukuran kecepatan birama pada lagu.



  6. Tangga Nada


    Unsur seni musik ini memiliki pengertian ialah urutan atau rangkaian nada yang tersusun secara tersusun dan antara nada satu dengan nada lainnya pada jarak tertentu.



  7. Timbre


    Arti timbre yaitu kualitas bunyi atau warna bunyi yang hendak memberi kesan.





Jenis-Jenis Seni Musik


Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis seni musik, ialah :




  1. Musik Tradisional


    Musik tradisional sudah menjadi salah satu jenis musik pertama, jenis seni musik ini yaitu musik yang diwarisi oleh leluhur dari generasi ke generasi.


    Musik tradisional itu sendiri selalu memakai berbagai jenis lirik daerah, alat musiknya senantiasa tradisional dan tidak mempunyai notasi. Sedangkan untuk Indonesia sendiri, berbagai tempat di Indonesia juga memiliki alat musik masing-masing.


    Beberapa contoh alat musik tradisional di Indonesia ialah seperti gamelan, sharon, angklung, karawitan, gong dan banyak lainnya.



  2. Musik Modern


    Selain musik tradisional, ada juga seni musik terbaru. Musik ini sudah menjadi salah satu jenis musik yang paling meningkat dikala ini di mana ia bersifat universal dan dikenal luas oleh orang di seluruh dunia.


    Seni musik ini sudah meningkat kian banyak di mana dia telah diartikulasikan memakai teknologi dan budaya baru. Ini juga menghasilkan hadirnya alat musik yang lebih baik untuk didengarkan.



  3. Musik Kontemporer


    Apakah Anda tahu apa itu musik seni kekinian? Musik kontemporer sendiri di Indonesia mulai berkembang pada tahun 1990. Musik ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan musik modern dan musik tradisional.


    Fitur khas yaitu variasi nada yang lebih kompleks di mana beliau mempunyai berbagai jenis bunyi, warna, ritme, dan tempo. Nah, sumber bunyi yang bermacam-macam ini rupanya tidak cuma hadir dari musik instrumental saja.





Fungsi Seni Musik Secara Umum


Berikut dibawah ini fungsi seni musik secara lazim, yakni :




  1. Sara Mengekspresikan Diri


    Seorang seniman mampu mengekspresikan dirinya dan perasaannya lewat musik. Ekspresi dan perasaan seseorang dalam musik dapat dikenali lewat melodi dan tempo musik yang dimainkan.



  2. Sarana Hiburan


    Musik tidak hanya mampu mengekspresikan perasaan para seniman, namun juga menjadi fasilitas hiburan bagi mereka yang mendengarkannya. Orang yang menyimak jenis musik dapat merasakan emosi seorang artis sehingga orang yang mendengarkannya merasa terhibur.



  3. Sarana Komunikasi


    Suara yang dihasilkan dalam musik mempunyai contoh ritme yang memiliki maksud dan tujuan tertentu. Misalnya, dalam kegiatan upacara, suara dan acuan ritme yang telah dibunyikan mempunyai beberapa arti bagi orang lain untuk mengetahui apa yang hendak dilaksanakan.



  4. Sarana Upacara


    Dalam setiap upacara, musik senantiasa menjadi bagian penting dari proses pelaksanaanya. Misalnya upacara perkawinan, agama, kenegaraan dan yang lain.



  5. Sarana Kreativitas


    Setiap individu memiliki tingkat kreativitas tertentu dalam dirinya untuk menyanggupi keperluan mereka. Bagi sebagian orang, musik ialah cara untuk menyalurkan kreativitas mereka.



  6. Sarana Komersial


    Selain berfungsi sebagai alat verbal diri, musik juga sering digunakan sebagai sumber penghasilan / bisnis. Penghasilan dapat berasal dari penjualan CD musik atau dari perjanjian tertentu yang diperoleh seorang seniman.



  7. Fasilitas Tari


    Setiap tarian senantiasa diiringi oleh musik dan alasannya adalah itu keduanya tidak dapat dipisahkan. Tarian dan musik memiliki pola dan ritme yang serupa sehingga keduanya saling melengkapi.



  8. Sarana Terapi


    Musik juga telah terbukti dipakai secara luas sebagai alat terapi bagi mereka yang menderita masalah mental atau kesehatan yang lain. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa musik mampu menunjukkan imbas relaksasi pada metode otak insan, sehingga asumsi dan badan lebih hening untuk membuat lebih mudah proses pemulihan.



  9. Sarana Pendidikan


    Proses pendidikan melibatkan banyak musik dalam proses pembelajaran. Misalnya, selama upacara bendera di sekolah, musik menjadi bab penting dari kegiatan itu.





Macam-Macam Genre dalam Seni musik


Berikut dibawah ini macam macam genre seni musik, ialah :



  1. Klasik

  2. Jazz

  3. Blues

  4. Funk

  5. Hip Hop

  6. Reggae

  7. Pop

  8. Rock




Contoh Seni Musik


Berikut dibawah ini acuan seni musik, ialah :



  • Ampar-ampar pisang

  • Pergi pagi pulang pagi dari armada

  • Lagu bengawan solo oleh gesang


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Seni Musik Adalah – Fungsi, Unsur, Jenis dan Contohnya semoga dengan adanya postingan ini bisa bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda.


Advertisement