Gudang Informasi

Visi Dan Misi Adalah

Visi Dan Misi Adalah
Visi Dan Misi Adalah

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat postingan yang berjudul Visi dan Misi Adalah: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini :Visi-dan-Misi-Adalah




Pengertian Visi dan Misi


Visi ialah serangkaian kata atau kalimat yang memberikan suatu cita-cita, cita-cita atau nilai inti suatu perusahaan, organisasi atau instansi pemerintahan. Visi memiliki tujuan masa depan yang di rancang dalam perusahaan, organisasi atau instansi yang terkait. Visi juga ialah pandangan mengenai arah sebuah administrasi. Mau dibawa kemana kah atau kearah kemanakah administrasi tersebut? Kaprikornus, pada intinya visi yaitu ide tertulis perihal tujuan utama pendirian suatu perusahaan, organisasi atau instansi tersebut.


Sedangkan misi merupakan sebuah tahapan-tahapan untuk mencapai visi tersebut. Bisa dikatakan misi merupakan penjabaran dari visi. Jika visi hanya dituliskan dalam kalimat yang singkat, maka dari itu misi dijabarkan dengan beberapa kalimat yang mudah untuk dimengerti pembaca atau siapa saja yang melihatnya. Dapat disimpulkan misi ialah klasifikasi- pembagian terstruktur mengenai untuk merangsang adanya pencapaian visi utama.




Perbedaan Visi dan Misi


Sudah tampakdari pemahaman visi dan misi diatas bahwasannya keduanya sangatlah berbeda, berikut yakni perbedaan antara visi dan misi :



  1. Visi yakni tujuan utama atau gambaran besar, keinginan sebuah perusahaan, organisasi, langsung atau instansi di kala depan. Sedangkan misi ialah tindakan atau pembagian terstruktur mengenai yang hendak dikerjakan untuk mencapai dan mewujudkan visi tersebut.

  2. Visi dapat berupa cita-cita jangka panjang dan berorientasi kedepan. Sedangkan misi yaitu bentuk harapan yang tertulis berjangka pendek dan berorientasi pada kurun kini.

  3. Visi akan bersifat permanen, saat sebuah perusahaan, organisasi maupun instansi terkait menciptakan visi. Pantang bagi mereka untuk merubah tersebut alasannya adalah berhubungan dengan kredibilitas dan konsistensi. Sedangkan misi, umumnya bisa diubah saat misi-misi tersebut dianggap gagal merealisasikan suatu visi yang sudah disepakati.

  4. Visi pada umumnya terdiri dari satu formasi kalimat atau poin yang terperinci, padat dan mewakili segalanya. Sedangkan Misi acap kali cuma berisikan beberapa kalimat penjelesan atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi.

  5. Visi berisi pernyataan-pernyataan biasa di dalamnya. Sedangkan misi berisi pernyataan yang bersifat khusus dan lebih detail.




Fungsi Visi dan Misi


Adapun visi dan misi yang memiliki fungsi dan kegunaannya tersendiri, ialah diantaranya :



  1. Visi dan misi memiliki fungsi untuk merealisasikan cita-cita bersama dalam suatu asosiasi atau organisasi didalamnya.

  2. Berfungsi selaku dorongan untuk selalu maju dan berkembang.

  3. Visi dan misi juga berfungsi untuk menyingkir dari adanya perubahan arah yang terlalu jauh dari tujuan awal didirikannya sebuah perkumpulan.

  4. Berfungsi untuk selalu membuat asosiasi tetap hidup dan meningkat .

  5. Juga berfungsi untuk dijadikan sebagai usulanuntuk memudahkan anggotanya yang ingin masuk kedalam perkumpulan tersebut.




Sarana Visi dan Misi




  • Visi




Visi mengkomunikasikan alasan eksistensi organisasi dalam arti tujuan dan peran pokok, menawarkan framework kekerabatan antara suatu organisasi dengan stakeholders. Sarana untuk menyatakan sasaran utama kinerja organisasi dalam arti perkembangan dan kemajuan. Serta pernyataan visi, baik yang tertulis atau diucapkan perlu ditafsirkan dengan baik, tidak mengandung multi makna sehingga mampu menjadi teladan yang mempersatukan semua pihak dalam suatu organisasi.






  • Misi




Sarana misi untuk memperlihatkan secara jelas perihal apa yang akan dicapai oleh organisasi dan bidang aktivitas utama dari organisasi yang bersangkutan. Dan secara eksplisit mengandung apa yang harus dilaksanakan untuk mencapainya, dan juga mengandung partisipasi masyarakat luas kepada kemajuan bidang utama yang digeluti organisasi.




Cara Merumuskan Visi dan Misi




  • Visi




Sebuah visi mesti dapat menunjukkan bimbingan atau isyarat dan juga motivasi. Dan mesti disebarkan dikalangan anggota organisasi atau stakeholder. Dan Visi juga mesti digunakan untuk menyebaruaskan keputusan dan langkah-langkah organisasi yang penting. Visi bukanlah sebuah fakta, tetapi gambaran ideal abad depan yang ingin diwujudkan. Dapat memperlihatkan isyarat dan mendorong anggota untuk memperlihatkan kinerja yang bagus. Visi harus mengakibatkan ide dan siap menghadapi tantangan, menjembatani era sekarang dan periode yang akan tiba, juga citra yang realistis dan kredibel dengan kala depan yang menarik. Visi pun bersifat tidak statis dan tidak untuk selamanya.






  • Misi




Cara merumuskan misi ialah harus menerangkan ihwal produk atau pelayanan yang disediakan yang sungguh dibutuhkan oleh masyarakat. Sebuah misi pun harus jelas memiliki target public yang mau dilayani. Kualitas produk dan pelayanan yang disediakan mesti memilik daya saing yang sungguh meyakinkan masyarakat. Penjelasan aspirasi dalam misi pada kala yang mau datang juga bermanfaat dan manfaatnya bagi penduduk dengan produk dan pelayanan yang tersedia.




Contoh Visi dan Misi


Berikut ini ialah beberapa contoh visi dan misi yang diambil dari beberapa perusahaan, instansi atau organisasi, yakni :


Contoh visi dan misi perusahaan



  1. Visi


“Menjadi perusahaan marketplace paling besar di Indonesia.”



  1. Misi

  2. Memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengguna.

  3. Sistem keselamatan yang terpercaya.

  4. Memperlakukan konsumen selaku sobat istimewa.




Contoh visi dan misi organisasi



  1. Visi


“Menjadikan generasi muda yang tangguh tahan banting, mandiri dan terampil serta berakhlak mulia.”



  1. Misi


Sebagai upaya untuk merealisasikan visi diatas, maka misi organisasi yaitu :



  1. Mengadakan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat untuk masyarakat.

  2. Mengadakan pembinaan guna menunjukkan edukasi yang berguna bagi anggota.

  3. Membantu dalam penegakkan lingkungan.

  4. Mempererat persaudaraan dengan melaksanakan konferensi yang rutin diselenggarakan.




Contoh visi dan misi pendidikan



  1. Visi


“Menjadi perguruan tinggi terbaik 10 tahun yang akan datang.”



  1. Misi

  2. Memberikan susukan secara adil serta pendidikan dan pengajaran yang bermutu.

  3. Menciptakan lulusan terbaik yang berbudi luhur, berintelektual tinggi serta bisa berkompetisi secara global.

  4. Menciptakan kegiatan akademik yang bisa mendukung dalam merealisasikan visi.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id yang berjudul Visi dan Misi Adalah: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya, biar dengan adanya artikel ini mampu bermanfaat dan lebih memperbesar wawasan anda.


Advertisement