Gudang Informasi

Transpor Aktif

Transpor Aktif
Transpor Aktif

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan menciptakan postingan yang berjudul Transpor Aktif yang mana akan mengulas perihal Pengertian, Macam, Ciri, Fungsi dan Contoh, berikut penjelasannya :




Transpor-Aktif




Pengertian Transpor Aktif


Transport aktif yaitu gerakan atau perpindahan yang menggunakan energi untuk masuk dan mengeluarkan ion dan molekul melalui membran sel yang memiliki sifat permeabel untuk mempertahankan keseimbangan molekul kecil di dalam sel.


pemahaman lain dari transpor aktif yakni jenis transpor membran sel yang memerlukan energi untuk melakukan aktivitasnya. Energi yang digunakan dalam transpor aktif sel ialah ATP atau adenosin trifosfat.


ATP ialah energi kimia yang tinggi yang diperoleh dari proses respirasi sel. Sel transpor aktif utama ialah melawan gradient fokus. Artinya, dalam transpor aktif, pemompaan akan terjadi, memaksa zat untuk melewati membran dengan menentang gradien konsentrasi. Transport aktif berhenti bila sel diharapkan, Kekurangan energi atau keracunan.




Fungsi Transpor Aktif dan Contohnya


Fungsi transpor aktif ialah untuk mempertahankan keseimbangan dalam sel. Transpor aktif yaitu transpor aktif yang terjadi di sitoplasma sel darah merah insan.


Sitoplasma sel darah merah insan biasanya memiliki kadar ion kalium 30 kali lebih besar dari pada plasma. Mekanisme transpor aktif ini cuma mewakili sebagian kecil dari luas membran plasma yang terbenam ke dalam dan membentuk kantong.


Ketika kantong semakin dalam, kantong itu terjepit dan membentuk vesikula yang isinya yakni bahan yang diproduksi di luar sel.


Contoh transpor aktif meliputi pengambilan glukosa dalam usus pada insan dan serapan ion mineral ke dalam sel-sel rambut akar tanaman.




Ciri-Ciri Transpor Aktif


Berikut dibawah ini merupakan ciri-ciri transport aktif :



  • Obat mampu bergerak melawan gradien kadar elektrokimia.

  • Obat-obatan memerlukan pembawa.

  • Prosesnya mampu menjadi jenuh.

  • Membutuhkan energi.

  • Transport aktif secara struktural spesifik antara senyawa dengan struktur serupa yang saling bersaing.

  • Proses berjalan dengan satu arah.




Jenis-Jenis Transpor Aktif


Jenis-jenis transpor aktif terdiri dari dua jenis yaitu :




  1. Endositosisgambar-endositosis


    Endositosis adalah transpor makromolekul dan bahan yang sungguh kecil ke dalam sel dengan membentuk vesikel gres dari membran plasma.


    Mekanisme transpor aktif ini terdiri dari sebagian kecil membran plasma yang terbenam ke dalam dan membentuk kantung. Ketika kantong ini menjadi lebih dalam, kantong tersebut terjepit dan vesikel yang berisi bahan yang diperoleh dari luar sel.


    Endositosis diharapkan untuk berbagai fungsi sel yang penting, karena mampu menertibkan banyak sekali proses seperti perembesan nutrisi, adhesi dan migrasi sel, reseptor sinyal, entri patogen, neurotransmisi, penyajian antigenik, polaritas seluler, mitosis, kemajuan dan diferensiasi dan masuknya obat-obatan.



Jenis – Jenis Endositosis



  • Fagositosis adalah proses di mana sel menelan partikel dengan pseudopodium yang membalut di sekeliling partikel dan membungkusnya dalam kantong membran yang cukup besar untuk digolongkan sebagai vakuola. Partikel-partikel dicerna sehabis vakuola bergabung dengan lisosom yang mengandung enzim hidrolitik.

  • Pinositosis ialah proses di mana sel meneguk tetesan fluida ekstraseluler ke dalam vesikula kecil. Karena satu atau semua zat terlarut dalam tetesan dimasukkan ke dalam sel, pinositosis tidak bersifat spesifik untuk substansi yang ditranspornya.

  • Endositosis yang diperantrai oleh reseptor membutuhkan reseptor yang disebut ligan.




  1. Eksositosisgambar-eksositosis


    Eksositosis adalah mekanisme transpor molekul besar seperti protein dan polisakarida melintasi membran plasma dari dalam ke luar sel (sekresi) dengan memadukan vesikula yang mengandung molekul-molekul ini dengan membran plasma.


    Vesikula transpor yang lepas dari aparatus Golgi dipindahkan oleh sitoskeleton ke membran plasma.


    Ketika membran vesikula dan membran plasma berjumpa , molekul lipid dari membran menertibkan/menyusun kembali sehingga kedua membran mampu bergabung.


    Kandungan vesikulanya kemudian tumpah keluar sel. Banyak sel sekretoris menggunakan eksositosis untuk mengantarproduk produknya keluar.



Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Transpor Aktif : Pengertian, Macam, Ciri, Fungsi, Contoh supaya postingan ini mampu berfaedah dan lebih menabah wawasan anda.


Advertisement