Gudang Informasi

√ Kas Kecil Adalah

√ Kas Kecil Adalah
√ Kas Kecil Adalah

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel ihwal kas kecil Berikut Adalah Penjelasannya:




Pengertian Kas Kecil


Kas kecil (Petty Cash) adalah beberapa dana yang dibentuk utamanya untuk pengeluaran yang bersifat rutin dan relatif kecil jumlahnya. Kas kecil dipakai untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran pimpinan yang jumlahnya relatif kecil misalnya mirip dana entertain klien maupun rekan kerja pimpinan dan dana konsumsi untuk kepentingan rapat.


√ Kas Kecil : Pengertian, Tujuan, Ciri, Dokumen dan Metodenya





Tujuan Dibentuknya kas kecil


Menangani persoalan perlengkapan dan perbekalan kantor yang dialami oleh suatu bab di kantor enghindari cara pembayaran yang tidak hemat juga tidak praktis dari pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan secara tiba-tiba. Meringankan beban staff karyawan dalam menunjukkan pelayanan secara optimal terhadap pelanggan juga termasuk terhadap kekerabatan bisnis pimpinan. Mempercepat kegiatan atasan yang memakai dana secara secara tiba-tiba dan tidak bersiklus sebelumnya.




Ciri-Ciri Kas Kecil


Adapun ciri-ciri yang dimiliki kas kecil adalah selaku berikut :



  1. Jumlah yang terbatas. maksudnya, jumlahnya dilarang melebihi atau kurang dari jumlah tertentu yang sudah disepakati oleh administrasi perusahaan.

  2. Dipakai untuk mendanai pengeluaran yang sifatnya rutin (saban hari).

  3. Dana kas kecil lazimnya disimpan di daerah khusus, dengan meemakai kotak kecil yang disebut selaku petty cash box.

  4. Dipegang oleh karyawan atau petugas keuangan yang terdapat di tingkat pemula.




Dokumen yang diperlukan dalam pengelolaan dana kas kecil


Dokumen atau bukti pemakaian Kas kecil ada dua ialah bukti pengeluaran Internal dan bukti pengeluaran Eksternal. Peralatan atau dokumen yang dibutuhkan dalam pengelolaan dana kas kecil ialah


1. Bukti kas keluar


Dokumen ini berkhasiat agar perintah pengeluaran kas dari fungsi akuntansi pada fungsi kas besar yang tercantum dalam dokumen tersebut. Dalam sistem dana kas Kecil, dokumen ini sangat dubutuhkan pada saat pengisian kembali dana kas kecil.


2. Cek


Cek adalah dokumen yang dipakai untuk memerintahkan bank melaksanakan pembayaran sejumlah uang kepada orang atau badan yang namanya tercantum pada cek atau pembawa cek.


3. Permintaan pengeluaran kas kecil


Dokumen ini dipakai oleh pengguna kas kecil untuk meminta sejumlah uang kepada pemegang dana kas kecil. Bagi pemegang dana kas kecil dokumen ini berkhasiat selaku bukti pengeluaran. Dokumen ini akan disimpan oleh pemegang kas kecil menurut nama pengeluaran dana kas kecil.


4). Bukti pengeluaran kas kecil


Dokumen ini dibuat oleh pengguna dana kas kecil untuk mempertanggung jawabkan pemakaian dana kas kecil. Dokumen ini dilampiri dengan bukti-bukti pengeluaran kas kecil dan diserahkan oleh pengguna dana kas kecil kepada pemegang dana kas kecil.


5. Permintaan pengisian kembali kas kecil


Dokumen ini dibuat oleh pemegang dana kas kecil untuk meminta terhadap bagian utang supaya dibuatkan bukti kas keluar untuk pengisian kembali dana kas kecil.




Metode dalam Pengelolaan Kas Kecil


Metode ini meliputi tahapan-tahapan pengelolaan dalam penggunaan dana yang ada, sehingga pada saat laporan penggunaan kas kecil diminta oleh pihak-pihak yang terkait mampu ditunjukkan dengan segera serta lengkap tanpa ada kesalahan. Ada 2 macam sistem pencatatan kas keci yaitu sebagai berikut :


1. Metode Tetap (Imprest fund system)


Metode Tetap merupakan metode pembukuan kas kecil di mana rekening kas kecil jumlahnya selalu tetap. semua pengeluaran kas terjadi, pemegang petty cash tidak serta merta eksklusif mencatatnya, tetapi hanya sekedar mengumpulkan bukti transaksi pengeluarannya saja.


Ciri-ciri Metode Tetap (Imprest fund system)


Bukti-bukti pemakaian dana kas kecil dikumpulkan oleh pengurus kas kecil.

Pengisian dana kas kecil dikerjakan dengan penarikan cek yang sama jumlahnya dengan dana kas kecil yang sudah dipakai sehingga jumlah dana kas kecil kembali kepada jumlah yang disepakati semula.


Langkah-langkah operasional sistem tetap


Pembentukan dana kas kecil di mana pemegang kas kecil diberi sejumlah uang tunai yang nantinya untuk pembayaran atas pengeluaran yang diperkirakan mampu menyanggupi kebutuhan dalam waktu tertentu.

Dana kas kecil dipakai untuk pembayaran transaksi pengeluaran.


2. Metode berubah-ubah (Fluctuating fund system)


Metode berganti-ubah merupakan suatu metode pengisian dan pengendalian kas kecil yang mana jumlah kas kecil akan selalu berubah-ubah (sesuai dengan kebutuhan). Sistem ini mengharapkan bahwa jumlah nominal kas kecil tidak ditetapkan akan namun harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pada dikala pertama kali menciptakan kebijakan, perusahaan memutuskan jumlah nominal kas kecil sebesar Rp5 Juta kemudian digunakan sesuai dengan keperluan dan kemudian kas kecil diisi kembali.


Ciri-ciri Metode berganti-ubah (Fluctuating fund system)


Pembentukkan dan pengisian kembali dana kas kecil di catat di debit dalam akun kas kecil.

Bukti pengeluaran kas kecil dicatat dalam buku jurnal kas kecil dengan mendebit akun-akun yang terkait dengan pemakaian kredit akun kas kecil.

Setelah dana kas kecil habis atau hampir habis, kasir membentuk kembali dana kas kecil, mengisinya sebesar jumlah nominal pengeluaran yang terjadi.




Cara Pembentukan Kas Kecil


Yaitu dimulai dengan mengestimasi lebih dahulu seberapa banyaknya kas yang diperlukan untuk melaksanakan pembayaran pada kas kecil tersebut dalam periode tertentu.


Kemudian perusahaan akan mengisi dana kas kecil dengan cara mencairkan dana di bank.

(dalam sistem pengendalian intern, pisahkan antara pengurus dana kas kecil dan pengelola dana kas pusat (kasir yang umum).

Pengelolah yang bertanggung jawab ini disebut petugas pemegang kas kecil. Petgas ini diandalkan atas penyimpanan dan penggunaan dana perusahaan.


Selanjutnya akan dibukukan kembali oleh bab keuangan perusahan.


Demikianlah postingan ihwal √ Kas Kecil Adalah: Pengertian, Tujuan, Ciri, Dokumen yang Dibutuhkan dan Metodenya dari pengajar.co.id semoga berguna.


Advertisement