Gudang Informasi

Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan menciptakan postingan yang berjudul Teks Eksplanasi (Lengkap): Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah, Contoh, yuk sama-sama kita diskusikan dibawah ini :teks-eksplanasi-contoh




Pengertian Teks Eksplanasi


Teks eksplanasi memiliki pengertian ialah, suatu bacaan ataupun paragraf yang berisi perihal gosip tentang proses bagaimana terjadinya sebuah peristiwa maupun peristiwa, dan mengapa insiden itu bisa terjadi baik itu mengenai alam ataupun sosial, yang memiliki kekerabatan karena-akhir serta proses.


Teks eksplanasipun mempunyai ciri khusus yang membedakannya kepada teks-teks lainnya, yakni berisi sebuah insiden yang mempunyai suatu karena dan akibat. Misalnya ada sebuah rumah yang datang-tiba roboh. Bagaimana mampu rumah itu roboh dan niscaya terdapat suatu aspek yang bisa membuatnya roboh, mungkin mirip kurangnya bahan, tidak kuat, terjadi sebuah pelapukan kayu atau alasannya karena lainnya.


Kaprikornus, pada dasarnya teks eksplansi ialah teks berisikan informasi dan sebab akibat didalamnya.




Struktur Teks Eksplanasi


Terdapat tiga struktur di dalam teks eksplanasi, adalah :




  1. Pernyataan umum




Pernyataan umum adalah suatu paragraf inti maupun menjadi pembuka didalam sebuah bacaan.




  1. Urutan alasannya adalah dan akhir




Maksud dari urutan karena dan akibat ialah bagaimana insiden itu sampai terjadi sehingga menciptakan sebuah info.




  1. Interpretasi




Pengertian dari interpretasi yakni suatu paragraf yang berisi sebuah kesimpulan apa yang terjadi serta mengapa dapat terjadi ataupun bagaimana mengatasinya.


Dari ketiga struktur teks eksplanasi diatas haruslah ada pada bacaan untuk menerangkan tentang suatu peristiwa, karena dengan adanya struktur teks eksplanasi ini, bacaan tersebut akan menjadi satu kesatuan.




Ciri-Ciri Teks Eksplanasi


Teks Eksplanasi memiliki ciri-ciri yang membedakannya kepada teks yang lain. Dibawah ini adalah ciri-cirinya :



  1. Terdapat pernyataan kepada karena dan akhir.

  2. Informasi sudah diangkut berdasarkan fakta.

  3. Memuat suatu wawasan mirip keilmiahan maupun ilmiah.

  4. Menceritakan sebuah kejadian atau suatu insiden.

  5. Struktur telah terdiri dari 3 bab, yakni pernyataan umum, karena-balasan dan interpretasi.




Jenis-Jenis Teks Eksplanasi


Teks eksplanasi juga mempunyai jenis-jenis didalamnya, yaitu :




  1. Teks eksplanasi tentang alam




Teks eksplanasi jenis ini menampung bacaan ihwal musibah, misalkan gempa, tsunami, gerhana bulan, angin tornado, tanah longsor serta tragedi lainnya dimana bekerjasama kepada alam.




  1. Teks eksplanasi tentang social




Sedangkan teks eksplanasi sosial memuat perihal insiden yang terjadi disekitar lingkungan kita, misalkan adanya demo, rumah roboh, listrik putus, kemiskinan, pengangguran dan yang yang lain.


Pada jenis teks eksplanasi sosial bisa diuraikan menjadi banyak seperti mengenai perihal budaya, persoalan perekonomian penduduk ataupun masih banyak lainnya.




Tujuan Teks Eksplanasi


Inilah tujuan dari teks eksplanasi  :



  1. Bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi.

  2. Bertujuan untuk menerangkan karena-akhir sebuah insiden.




Manfaat Teks Eksplanasi


Adapun faedah teks eksplanasi yaitu dibawah ini :



  1. Untuk menambah pengetahuan tentang sebuah hal yang bersifat ilmiah.

  2. Untuk memperbesar wawasan tentang proses terjadinya suatu fenomena/kejadian.

  3. Dapat merealisasikan generasi muda yang cerdas secara intelektual dengan sering membaca teks eksplanasi tersebut.




Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi


Teks eksplanasi lazimnya mengandung ciri kaidah kebahasaan. Dibawah ini yakni kaidah kebahasaan teks eksplanasi :



  1. Fokus pada hal lazim, bukan berkonsentrasi partisipan manusia. Contohnya mirip tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, serta juga udara.

  2. Lebih dimungkinkan untuk menggunakan perumpamaan ilmiah.

  3. Lebih banyak memakai verba material serta juga verba relasional (kata kerja aktif).

  4. Menggunakan konjungsi waktu serta juga kausal. Contohnya mirip sehingga, pertama, jika, bila, sebelum, dan lalu.

  5. Menggunakan kalimat pasif.

  6. Eksplanasi itu ditulis untuk menciptakan justifikasi bahwa sesuatu yang dijelaskan itu dengan secara kausal itu benar adanya.




Contoh Teks Eksplanasi


Pernyataan Umum


Sebutan tsunami berawal dari bahasa Jepang yaitu “tsu” yang bermakna pelabuhan dan “nami”  yang memiliki arti gelombang. Para ilmuwan mengartikan dengan istilah tidal wave (gelombang pasang) atau seismic sea waves (gelombang maritim balasan gempa).


Tsunami yakni bencana alam dengan gelombang maritim yang datang secara tiba-datang dengan kecepatan yang tinggi yang menuju daerah pantai, yang disebabkan alasannya adalah acara gunung berapi atau gempa dibawah bahari.




Urutan Sebab-Akibat


Pada saat gempa terjadi dan permukaan dasar maritim naik turun di sepanjang patahan maka ketika itulah tsunami terbentuk. Patahan tersebut menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar bisa menghasilkan gelombang yang besar juga.


Sesaat setelah gempa terjadi, air bahari akan mengalami surut, dan akan kembali kedaratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami).


Tsunami juga mampu terjadi sebab letusan gunung berapi didasar maritim yang mengakibatkan tingginya pergerakan air maritim atau perairan didekatnya.


Tsunami mempunyai kecepatan gelombang yang lebih besar dari pada gelombang biasa, bahkan sampai 700km/jam dan hampir sama dengan kecepatan pesawat.


Biasanya tinggi gelombang tsunami bisa sekitar 50-100 meter dan menyebar kesemua arah. Ketinggian tsunami mampu dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai, maka dari itu gempa bumi didasar laut sungguh memungkinkan untuk terjadinya tsunami.




– Interpretasi


Pada kenyataanya tsunami menjadi salah satu kejadian alam yang sangat berbahaya bagi insan alasannya adalah bisa menimbulkan kerusakan besar, bahkan bisa merenggut ribuan jiwa sekaligus kalau terjadi secara secara tiba-tiba.


Maka dari itu, kita semua wajib berhati-hati setiap dikala dan merencanakan diri untuk menghadapi petaka tsunami. Walau tidak semua gempa dan letusan gunung berapi di dasar bahari menyebabkan tsunami.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Teks Eksplanasi (Lengkap): Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah, Contoh, supaya dengan adanya postingan ini bisa bermanfaat dan lebih memperbesar pengetahuan anda.


Advertisement