Gudang Informasi

Efektif Dan Efisien Ialah

Efektif Dan Efisien Ialah
Efektif Dan Efisien Ialah

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan menciptakan artikel yang berjudul Efektif dan Efisien Adalah: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya, yuk sama-sama kita diskusikan dibawah ini :Efektif-dan-Efisien-Adalah




Pengertian Efektif


Pengertian efektif merupakan suatu perjuangan untuk menerima tujuan, hasil serta sasaran yang cocok dengan waktu yang sudah ditentukan, tanpa peduli dengan biaya yang harus dikeuarkan. Pekerjaan yang efektif selalu berhubungan dengan perencanaan, acara serta pengambilan keputusan yang tepat. Suatu pekerjaan yang mampu dikatakan efektif bila tujuan yang sudah ditetapkan berhasil tercapai.


Pengertian Efisien


Pengertian efisien ialah suatu usaha yang mengharuskan seseorang menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, selamat serta tepat waktu, dan juga tanpa mengeluarkan banyak biaya. Pekerjaan efisien dilakukan dengan cara memeriksa atau menciptakan perbandingan dengan masukan dan pengeluaran yang diterima. Efisien juga mempunyai arti selaku cara terbaik untuk meraih sebuah tujuan dengan sumber daya yang dimasak secara bijak, hemat uang, waktu dan juga tenaga yang tidak banyak terbuang.




Perbedaan Efektif dan Efisien



  1. Efektif merupakan pencapaian tujuan atau sasaran dalam tenggat waktu yang telah ditentukan tanpa harus memperdulikan ongkos yang telah dikeluarkan. Sedangkan efisien merupakan pencapaian sasaran dengan biaya dalam jumlah yang sama atau sedikit demi menciptakan suatu hasil yang lebih besar.

  2. Efektif ialah suatu pekerjaan atau hal yang lain yang dianggap sukses jika tepat waktu sesuai dengan yang telah diperlukan. Sedangkan Efisien ialah sebuah usaha untuk menghasilkan segala sesuatu sesuai dengan yang diharapkan atau yang diinginkan.

  3. Efiktif ialah suatu hal yang bisa mencapai hasil final sesuai dengan waktu yang dikehendaki seseorang. Sedangkan Efisien merupakan kesanggupan di dalam melakukan pekerjaan guna memperlihatkan hasil yang terbaik dengan meenggunakan sedikit waktu, uang atau hal lainnya.

  4. Efektif yaitu perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran dalam banyak sekali aktifitas disuatu acara, sehingga pencapaian tujuan itu mampu dipenuhi dari beberapa banyaknya kualitas dan kuantitas hesil kerja dan juga batas waktu yang sudah ditetapkan. Sedangkan Efisien yaitu sebuah aktifitas meminimalkan pemborosan serta kerugian sumber daya guna melakukan dan menciptakan sesuatu.

  5. Efektif yaitu kesanggupan seseorang untuk menciptakan suatu hasil yang cocok dengan harapan karena sesuatu yang efektif, maka mampu menunjukkan hasil sesuai dengan yang dibutuhkan. Sedangkan Efisien adalah kemampuan seseorang dalam melakukan sebuah aktivitas untuk menunjukkan hasil yang memuaskan tetapi tidak menghamburkan waktu, energi dan juga uang.




Contoh Efektif dan Efisien


Untuk lebih mengetahui pemahaman antara efektif dan efisien, berikut ini yakni contohnya :


Rumah Jihan berada di provinsi Lampung. Dia ingin pergi ke Palembang untuk berlibur. Dalam hal ini, apakah Jihan mampu pergi ke Palembang dengan efektif saja? atau dengan efisien saja? atau dengan efektif dan efisien?



  • Jika Jihan pergi ke Palembang memakai pesawat, memerlukan ongkos tiket Rp. 1.200.000 dan sampai dalam waktu 30 menit. Maka Jihan pergi dengan efektif, tetapi tidak efisien, sebab Jihan memerlukan biaya yang mahal untuk menempuh perjalanan tersebut.

  • Jika Jihan pergi ke Palembang menggunakan buS. Dia memerlukan ongkos Rp. 200.000 dan sampai dalam waktu 4 jam, maka Jihan melakukan perjalanan itu dengan efisien, tetapi kurang efektif karenan membutuhkan waktu yang panjang.

  • Agar perjalanan Jihan bisa dilaksanakan secara efektif dan juga efisien, maka Jihan mesti menimbang-nimbang bagaimana caranya biar dia bisa hingga di Palembang dengan ongkos yang murah juga dengan waktu yang singkat. Misalkan dengan menggunakan kereta api atau alternatif lainnya yang memerlukan ongkos murah namun waktu yang singkat pula.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id yang berjudul Efektif dan Efisien Adalah: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya, biar dengan adanya postingan ini bisa bermanfaat dan lebih memperbesar wawasan anda.


Advertisement