Gudang Informasi

Talamus

Talamus
Talamus

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat postingan yang berudulu Talamus yang mana akan mengulas Pengertian, Fungsi, Letak, Struktur dan Bagian. Mari kita bahas gotong royong di bawah ini.Talamus




Pengertian Talamus


Talamus atau thalamus berasal dari bahasa Yunani yang berarti ruang bagian dalam. Talamus merupakan salah satu struktur yang letaknya ada di tengah otak. Lebih tepatnya antara korteks serebral dan otak tengah. Talamus adalah struktur paling besar yang terdapat pada diencephalon, atau bagian otak yang posisinya berada diantara otak tengah dan otak depan (telecephalon).


Fungsi kelenjar talamus yaitu untuk menghantarkan sinyal sensorik dan motorik yang berkaitan dengan kesadaran, tidur dan kewaspadaan ke korteks otak. Atau, singkatnya, fungsi talamus, yakni sebagai pesan sensorik setafet yang memberikan tubuh ke otak dan juga menertibkan tingkat kesadaran. Talamus yaitu sub-organ dari diencephalon.


Pengertian lain mengenai talamus yakni bab dari metode limbrik dan selaku daerah penghubung dari korteks serebral yang bertanggung jawab untuk menertibkan gerakan dan persepsi sensorik dengan bagian-bab lain dari otak yang bekerjasama dengan fungsi yang sama.




Struktur dan Bagian-Bagian Thalamusthalamus


Struktur thalamus terdiri dari dua massa berbentuk telur dari jaringan saraf. Setiap jaringan syaraf yang seukuran buah kenari dan memiliki fungsi otak yang dalam. Di thalamus, ada amygdala yang fungsinya untuk mengontrol emosi. Thalamus berisikan tata cara lamel yang memisahkan banyak sekali sub-bagian thalamic. Di thalamus, ada banyak nukleus karena ialah persinggahan gosip panca indera dari dan ke otak. Nukelus di thalamus yaitu :



  • Nukleus ventralis anterior

  • Nukleus thalamus anterior

  • Nukleus vebtralis posterolateralis

  • Nukleus ventralis lateralis

  • Nukleus medial

  • Sentrum medianum

  • Korpus genikulatum mediale

  • Faormasi retikularis

  • Nukleus pulvinar




Letak Talamus


Posisi thalamus pada insan berada dibagian atas cabang otak. Otak manusia umumnya mempunyai berat 3 pon. Bagian atas dibagi menjadi dua bab.


Bagian bawah otak berinteraksi dengan sumsusm tulang belakang oleh cabang-cabang otak. Talamus terletak di atas batang otak yang terdiri dari formasi 2 bab yang biasa disebut lobus.




Fungsi Thalamus


Berikut dibawah ini fungsi utama Talamus/Thalamus :



  • Fungsi utama kelenjar thalamus yaitu untuk mengantarkan isu yang berkaitan dengan kesadaran, siklus tidur dan kewaspadaan.

  • Thalamus berfungsi untuk mentransmisikan dan meneruskan berita ihwal reseptor indera (telinga, pandangan, sentuhan, rasa) kecuali penciuman.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Talamus : Pengertian, Fungsi, Letak, Struktur dan Bagian, supaya dengan adanya artikel ini mampu sangat menolong dan lebih memperbesar wawasan anda.


Advertisement