Gudang Informasi

Seni Rupa Murni Ialah

Seni Rupa Murni Ialah
Seni Rupa Murni Ialah

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Seni Rupa Murni Adalah – Sejarah, Fungsi, Jenis dan 15 Contohnya, yuk sama-sama kita diskusikan dibawah ini :seni-rupa-murni




Pengertian Seni Rupa Murni


Seni rupa murni adalah cabang seni yang menghasilkan lebih banyak pekerjaan pada keindahan untuk dicicipi, atau lisan lukisan seperti jiwa. Dalam penciptaannya, seni rupa visual hanya berkonsentrasi pada nilai keindahan atau estetika dan tidak acuh dengan nilai mudah dari karya yang dihasilkan.


Seni rupa memiliki nilai keindahan yang tinggi dalam buatan. Meskipun fungsinya hanya dekorasi atau performa. Banyak jenis seni visual yang mampu memperbesar keindahan dikala dipamerkan atau digunakan sebagai hiasan dinding rumah atau kantor.




Fungsi Seni Rupa Murni


Dari pemahaman seni rupa di atas, fungsi seni rupa murni cuma selaku dekorasi atau festival. Fungsi seni rupa murni cuma paku ke pengindah belaka dan tidak dapat digunakan untuk menciptakan hidup kita lebih gampang.




Jenis Seni Rupa Murni


Seni lukisan yakni aktivitas pembuatan bagian seni seperti garis, bidang, warna dan tekstur di tempat dua dimensi, seperti untuk lukisan kita tahu hari ini di kanvas, seni warna modern mampu disebut.


Seni Graphics yakni cabang dari seni yang termasuk dalam bentuk dua dimensi. Pertama, jenisnya yaitu kemampuan untuk mencetak atau mereproduksi font.




Contoh Seni Rupa Murni


Berikut dibawah ini ialah 15 contoh seni rupa murni, adalah :




  • Lukisan




Lukisan ialah karya seni rupa yang banyak ditemukan. Lukisan lazimnya dibuat di atas kanvas, tetapi kini banyak lukisan yang dibuat di dinding. Seniman tidak banyak melukis.

Lukisan




  • PatungPatung




Seni rupa murni yakni seni yang karya seni mampu dinikmati oleh keindahan dan patung di dalamnya. Patung yakni karya seni tiga dimensi yang hanya mampu dibuat atau diukir oleh seniman terlatih.




  • KaligrafiKaligrafi




Kaligrafi yakni tulisan yang indah. Tapi selama ini banyak orang yang menganggap bahwa kaligrafi ialah abjad Arab yang indah. Meskipun tidak hanya aksara Arab, tulisan dalam setiap karakter yang dibuat anggun bisa disebut dengan kaligrafi.




  • ReliefRelief




Relief ialah karya ukiran atau pahat yang dibuat di bebatuan. Relief mampu ditemukan di kuil antik, monumen, Kuil atau situs bersejarah. Salah satu relief yang terkenal di Indonesia ialah relief Buddhisme Mahayana di Candi Borobudur.




  • Seni GrafisSeni-Grafis




Grafis adalah seni visual yang umumnya dibuat menggunakan teknik pencetakan. Ada aneka macam jenis grafis yang dibedakan sesuai dengan teknik pencetakan, seperti datar, pencetakan dan tekanan tinggi.




  • Seni FotografiFotografi




Meskipun beberapa orang menganggap fotografi sebagai karya yang diterapkan, namun fotografi pada dasarnya yaitu seni visual yang dapat dirasakan oleh keindahannya. Seni fotografi Etrlogin sangat modern alasannya adalah memerlukan kamera untuk memproduksinya.




  • MozaikMozaik




Mozaik yakni suatu karya seni yang ialah noda keramik, kaca atau potongan yang tersusun dalam satu. Dengan kreativitas yang sungguh tinggi, mosaik dapat terlihat cantik dan sangat berkelas.




  • UkiranUkiran




Ukiran juga masuk ke dalam seni visual, karena hanya mampu dilihat oleh keindahannya. Keindahan ukiran ini umumnya dibentuk pada kayu lunak dan dikombinasikan dengan peralatan rumah tangga mirip Meja, kursi, lemari, dinding dan banyak yang lain.




  • Kerajinan KeramikKerajinan-Keramik




Kerajinan keramik dipraktekkan dalam seni visual dan. Dalam seni visual, kerajinan keramik yang dibuat cuma untuk bazar atau dekorasi tidak mampu digunakan selaku wadah kuliner atau kontainer yang lain.




  • Seni TopengTopeng




Topeng juga memasuki seni visual, sebab umumnya hanya menjadi menggantung dinding. Ada orang yang memakai masker untuk dansa atau properti teatrikal, tetapi topeng ini berlawanan dari seni topeng murni.




  • Gantungan KunciGantungan-Kunci




Fungsi dari gantungan kunci hanya untuk dekorasi kunci atau benda lain, sehingga tidak dalam seni terapan. Sangat banyak jenis ornamen benteng, beberapa yang dibuat dari kayu, akrilik, flanel, tempurung kelapa, dan banyak lainnya.




  • ArsitekturDesain-Arsitektur




arsitektur yakni seni memasuki seni visual, dan ada yang dipraktekkan. Untuk seni visual, misalnya rancangan bangunan untuk monumen dan gerbang.




  • KarikaturKarikatur




Karikatur biasanya dibuat untuk mengungkapkan rekomendasi atau kritik. Juga dapat dibentuk untuk bersenang-bahagia. Namun, itu masih tergolong dalam seni visual alasannya adalah sangat sesuai untuk banyak orang untuk menikmati.




  • Digital PaintingDigital-Painting




Lukisan digital ialah seni lukis yang sudah dibentuk dengan derma teknologi digital seperti Photoshop, Corel Draw dan sebagainya. Hal ini tidak murni tergores dengan tangan, tetapi masih dalam klasifikasi seni visual.




  • Seni KonseptualSeni-Konseptual




Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Seni Rupa Murni Adalah – Sejarah, Fungsi, Jenis dan 15 Contohnya, supaya bisa bermanfaat.


Advertisement