Gudang Informasi

Surat Langsung Adalah

Surat Langsung Adalah
Surat Langsung Adalah

Pada Kempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan Artikel perihal Surat Pribadi berikut penjelasannya:


Surat Pribadi Adalah


Pengertian Surat Pribadi Adalah


Surat Pribadi adalah jenis surat yang dibentuk guna keperluan eksklusif atau personal yang diantarkan terhadap pihak lain, baik kepada seseorang ataupun terhadap organisasi maupun perusahaan.


Surat eksklusif dapat menggunakan bahasa baku maupun tidak baku alasannya isi surat itu mampu diadaptasi dengan keperluannya. Dalam penulisan isi surat eksklusif wajib senantiasa memperhatikan etika serta menggunakan bahasa yang sopan.




Ciri-ciri Surat Pribadi



  1. Surat eksklusif tak dilengkapi dengan kepala surat (kop surat).

  2. Surat langsung tidak mempunyai nomor surat.

  3. Salam pembuka serta penutup dalam surat pribadi bersifat non formal dan kalem.

  4. Bahasa yang digunakan disesuaikan dengan tujuan surat langsung itu. Memakai bahasa baku kalau bersifat resmi, serta memakai bahasa tidak baku jikalau sifatnya tidak resmi.

  5. Format surat langsung umumnya lebih bebas.




Fungsi Surat Pribadi


1. Untuk Mengekspresikan Perasaan


Surat langsung umumnya digunakan untuk kebutuhan personal sampai sering dipakai untuk mengungkapkan perasaan seseorang.


2. Menjadi Wakil Penulis


Surat langsung berfungsi selaku wakil atau duta penulis surat. Surat pribadi mewakili penulis surat guna berkomunikasi dengan pihak lain.


3. Sarana Penyampaian Ide serta Gagasan


Penyampaian gagasan serta wangsit mampu dilakukan lewat surat langsung kepada orang lain. Dengan cara mirip ini maka si penulis mampu menyampaikan inspirasi serta gagasannya secara bebas.


4. Meningkatkan Kemampuan Bahasa


Menulis sebuah surat pribadi mampu menolong membuatkan kemampuan bahasa seseorang. Semakin sering membuat surat langsung jadi kesanggupan tata bahasa seseorang akan meningkat.




Jenis-jenis Surat Pribadi


1. Surat Pribadi Kekeluargaan


Jenis surat langsung yang satu ini diantarkan guna keperluan komunikasi dengan keluarga, saudara, serta orang-orang yang dikasihi.


Surat pribadi kekeluargaan biasanya menggunakan bahasa tidak baku. Surat jenis tersebut biasanya dibentuk dalam tulisan tangan.


2. Surat Pribadi Setengah Resmi


Surat pribadi setengah resmi ialah surat langsung yang satu yang digunakan guna keperluan berkomunikasi dengan sebuah instansi atau organisasi.


Pemakaian bahasa dan format penulisan wajib dibuat sedemikian rupa, yakni dengan bahasa baku dan sopan. Surat Pribadi Setengah Resmi Ada 2 adalah:



  • Surat Lamaran Kerja


Surat yang dibuat serta diserahkan terhadap pihak lain guna keperluan melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja memakai bahasa baku yang bagus, sopan, serta gampang dimengerti.



  • Surat Permohonan


Surat yang dibuat serta diserahkan kepada pihak lain, baik itu eksklusif ataupun instansi atau organisasi, guna mengajukan permohonan.




Struktur Surat Pribadi


1. Alamat dan Tanggal Penulisan Surat


Pada bab tersebut pembuat surat menuliskan alamatnya secara singkat serta tanggal surat itu dibentuk.


2. Salam Pembuka


Salam pembuka adalah cara penulis surat mengawali komunikasi melalui surat langsung. Beberapa kata yang sering dipakai sebagai salam pembuka, Contohnya:


Salam sejahtera


Asalamualaikum


Dear…


Dan lain-lain


3. Paragraf Pembuka


Kalimat di paragram pembuka biasanya berupa pertanyaan ihwal kabar si peserta surat. Contohya,


“Hai Udin, apa kabar? Bagaimana keadaan mu di sana. Sudah usang kita tidak bertemu, pasti kau telah tambah sukses sekarang…”


4. Paragraf Isi


Pada bab tersebut tempat dimana si penulis surat menggambarkan inti atau tujuan dibuatnya surat tersebut. Suatu surat pribadi juga wajib mempunyai tujuan yang terperinci serta disampaikan dengan bahasa yang mudah dikenali. Contohnya:


“Udin, teman kecilku yang bagus. Banyak yang terjadi di kampung kita semenjak kau pergi ke kota. Banyak pembangunan infrastruktur yang dibentuk pemerintah, lau sekarang banyak lowongan pekerjaan di sini. Saya mau mengajak kamu melakukan pekerjaan di perusahaan keluargaku yang telah berkembang…”


5. Paragraf Penutup


Paragraf tersebut digunakan untuk menutup atau menuntaskan surat eksklusif. Kata-kata yang sering dipakai adalah harapan, mohon diri, ajakan maaf, dsb. Contohnya:


“Udin, sekian dulu surat saya. Kalau sempat, tolong dibalas ya. Jangan lupa, sampaikan salam dari aku untuk Mama dan Papa mu…”


Contoh Surat Pribadi



Demikianlaha rtikel dari pengajar.co.id perihal Surat Pribadi Semoga Dapat bermanfaat bagi kita semua!


Advertisement