Gudang Informasi

Teks Ceramah Yakni

Teks Ceramah Yakni
Teks Ceramah Yakni

Kesempatan Kali ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Ceramah Berikut Penjelasannya:


Ceramah Adalah




Pengertian Teks Ceramah Adalah


Ceramah yaitu suatu kegiatan penyampaian pesan yang memiliki tujuan untuk menunjukkan saran, petunjuk ataupun petuah pada pendengar secara mulut. Pendengar dapat semua orang, penduduk luas atau khalayak.




Ciri-ciri Cermah



  1. Ceramah disampaikan oleh orang yang mempunyai keahlian dalam bidang maupun ilmu tertentu.

  2. Mempunyai struktur yakni: atas pendahuluan, isi, penutup.

  3. Isi ceramah sesuai kepada kegiatan yang ada.

  4. Isi ceramah wajib objektif, terang, dan benar.

  5. Isi ceramah tidak akan mengakibatkan pertentangan di masyarakat.

  6. Bahasa yang digunakan penceramah gampang dipahami pendengar.




Tips Penceramah yang Baik



  1. Mereka menatap sebuah hal dari sudut pandang yang gres, mengambil titik pandang yang tak dikira pada hal-hal umum.

  2. Mereka mempunyai wawasan luas. Mereka memikirkan serta membahas gosip-berita dan bermacam pengalaman di luar kehidupan mereka sehari-hari.

  3. Mereka bergairah, menunjukkan cita-cita besar pada apa yang mereka perbuat dalam kehidupan mereka, ataupun pada apa yang dia katakan pada potensi itu.

  4. Mereka tidak mau membicarakan diri mereka sendiri.

  5. Mereka sungguh mau tahu. Mereka mengajukan pertanyaan, “Mengapa?” Mereka mau tahu lebih banyak ihwal apa yang ia katakan.

  6. Mereka menunjukkan tenggang rasa. Mereka berupaya menempatkan diri mereka pada posisi ia guna mengerti apa yang dia katakan.

  7. Mereka mempunyai selera humor, serta tidak keberatan mengolok-olok diri sendiri.Konversasionalis terbaik selalu mengisahkan pengalaman konyol mereka sendiri.

  8. Memiliki gaya bicara sendiri.




Jenis-jenis Ceramah


1. Ceramah Umum


Ceramah biasa yaitu pesan yang maksudnya guna menunjukkan suatu usulan serta isyarat -petunjuk yang diarahkan pada khalayak ramai, atau masyarakat luas. Biasanya ceramah umum sifatnya menyeluruh, tujuannya tak ada batasan apa saja baik itu dari audiens yang sudah bau tanah ataupun yang masih muda, materinya juga tidak ditentukan, sesuai dengan acara.


2. Ceramah Khusus


Ceramah khusus ialah ceramah yang tujuannya untuk memberikan nasehat serta isyarat -petunjuk pada mad’u atau khalayak tertentu serta bersifat khusus baik itu materinya maupun yang yang lain. Pada ceramah khusus tersebut, banyak persyaratan yang dibentuk misalnya materi yang menyesuaikan dengan kondisi. Contohnya Peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW.




Unsur-komponen Ceramah


1. Penceramah


Sebagai seorang penceramah, wajib mempunyai ilmu yang mumpuni pada materi yang diberikan kepada pendengar.


2. Pendengar


Unsur ceramah yang kedua yaitu pendengar. Pendengar yakni orang yang mendapatkan anjuran serta petunjuk dari penceramah.


3. Materi


Materi yang diberikan dalam ceramah asalnya dari pemikiran-ajaran suatu agama. Tapi, ceramah yang bagus adalah ceramah yang bisa dan sanggup menciptakan pendengar terdorong serta kepincutuntuk melakukan usulan-usulan yang sudah diberikan oleh penceramah.




Tujuan Ceramah


1. Informatif/instruktif


Memberikan gosip pada pendengar tentang sebuah hal sehingga pendengar mampu mengerti atau mengetahui isi informasi tersebut jelas dan benar.


2. Persuasif


Mengajak pendengar biar mengikuti apa yang telah pembicara sampaikan semoga akidah pendengar semakin bertambah guna melaksanakan sesuatu kearah yang lebih baik lagi.


3. Argumentatif


Untuk meyakinkan pendengar wacana sebuah hal.


4. Deskriptif


Untuk menggambarkan atau melukiskan perihal suatu keadaan.


5. Rekreatif


Untuk menghibur atau menggembirakan pendengar agar merasa puas.


6. Naratif


Untuk menceritakan sesuatu hal pada pendengar.




Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah



  1. Memakai kalimat simpleks,tunggal,kompleks,serta majemuk.

  2. Memakai kata kerja mental, Contohnya memprihatinkan.

  3. Kalimat sifatnya deklaratif serta imperatif (persuasif/permintaan).

  4. menggunakan kata-kata yang menunjukkan kaitan alasan (karena-akibat) satu dengan yang lainnya.

  5. Memakai kata-kata teknis/peristilahan yang berhubungan dengan topik yang dibahas penceramah.

  6. Memakai kata sapaan orang kedua atau ketiga yang sesuai dengan bahasa kawasan lokal, santun serta sesuai dengan kondis atau suasana.




Metode Ceramah


1. Ekstemporan


Metode ceramah dengan cara hanya menuliskan pokok pembahasan maupun ide utama saja,


2. Impromptu


Metode yang paling sering dipakai oleh para penceramah senior sertaz berpengalaman, alasannya tidak ada antisipasi serta menyampaikan ilmu yang dipunyai yang diingatnya,


3. Membaca naskah


Biasanya metode ini digunakan oleh para penceramah gres serta pemula alasannya adalah gampang untuk membaca naskah secara lengkap,


4. Menghafal


Metode dengan menghafal teks ceramah yang pertama.




Struktur Teks Ceramah


1. Pendahuluan



  • Pembuka


Bagian tersebut berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, serta ucapan syukur.



  • Pengantar


Bagian tersebut adalah paragraf pengantar yang mengarah pada topik. Biasanya pengantar berasal dari berita maupun info yang aktual yang masih berafiliasi dengan topik ceramah.


2. Isi Ceramah



  • Inti


Berisi paparan dari penceramah, persepsi umum, serta ilustrasi dari bahan yang diberikan.



  • Gagasan


Berisi inspirasi besar yang mau disampaikan pada pendengar. Ceramah yang bagus isinya satu ide besar lalu dikembangkan dalam subtopik.


3. Penutup



  • Simpulan

  • Ucapan usul maaf

  • Salam penutup




Contoh Teks Ceramah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.


Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena sudah memberikan kepada kita semua nikmat sehat serta nikmat akidah jadi kita mampu berkumpul di daerah yang insya Allah mulia ini.


Sholawat serta salam selau kita limpahkan kepada junjungan kita adalah Nabi Besar Muhammad SAW.Hadirin yang dirahmati Allah,


Allah serta Rasul-Nya sudah mengajarkan terhadap kita untuk bisa menjalani hidup dengan lapang serta damai. Salah satu sifat yang wajib kita punya untuk mampu hidup lapang serta damai ialah adalat sifat sabar. Kata tabah berasal dari bahasa arab yang bermakna menahan diri. Jika diartikan dalam kehidupan sehari-hari maka cakupan maknya sangat luas.


Kita akan semakin mudah untuk mampu bersabar dalam menghadapi cobaan jikalau kita semakin sadar akan siapa diri kita bekerjsama. Oleh sebab itu hal pertama yang bisa kita bangkit dalam diri kita ialah dengan menyadari bahwa kapanpun serta di manapun kita ada pasti tak akan pernah lepas dari yang namanya cobaan.


Dalam Al-Alquran aneka macam ayat-ayat yang membahas ihwal akibat untuk orang-orang yang bersabar. Beberapa ayat tentang tabah ada dalam surah Al-Baqarah ayat 153, 155,156,157. Untuk ayat 153 berbunyi yang berarti “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah sumbangan (terhadap Allah) dengan tabah dan shalat. Sungguh Allah niscaya bersama pada orang-orang yang tabah.


Tanpa meminimalisir rasa hormat aku, aku mengajak saudara – kerabat semua guna senantiasa memajukan kualitas sabar kita tentang hal apapaun yang sudah terjadi dalam hidup kita. Sehingga hati kita bisa lebih damai dalam menerima apa yang telah Allah takdirkan.


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


 


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id ihwal Ceramah Semoga dapat Bermanfaat!



Advertisement