Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Surat Lamaran Kerja berikut penjelasannya:
Pengertian Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran pekerjaan yakni surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang yang mampu menunjukkan pekerjaan atau jabatan. Surat lamaran pekerjaan mampu diartikan selaku surat dari kandidat karyawan terhadap calon majikan yang berisi permintaan semoga karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan biasanya bersifat formal atau resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan atau jabatan tertentu sesuai dengan iklan yang ditawarkan.
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar
Bagi orang yang ingin melamar kerja cara penulisan amplop surat lamaran kerja sangatlah penting, baik itu format penulisan maupun alamat pada amplop surat lamaran yang dituju. Selain itu rancangan dan bungkus dari amplop juga mesti diperhatikan untuk mengatur tata letak dan cara penulisannya.
1. Kerapihan dan Kebersihan
Ini menjadi hal yang utama pada ketika kau menulis amplop di surat lamaran karena hal ini bisa memberikan evaluasi bagi perusahaan terhadap kau Sebuah amplop yang kusam dan berlipat-lipat akan menggambarkan aksara dari diri kau selaku pelamar kerja. Untuk itu kerapihan dan kebersihan sungguh penting dan perlu diamati.
2. Menulis Identitas Diri Secara Lengkap
Mengisi identitas diri secara lengkap mesti diamati untuk membuat lebih mudah perusahaan memberikan info kepada kamu sebagai pelamar baik itu berita terkait panggilan interview, informasi kelulusan tes maupun isu yang lainnya.
3. Tujuan surat
dapat dibayangkan jika kamu mengantarsurat lamaran tanpa mencantumkan tujuan kemana surat tersebut akan dikirim? dapat ditentukan surat tersebut tidak akan sampai ke tujuan. Jadi, penting untuk menuliskan alamat tujuan secara lengkap dan terperinci semoga membuat lebih mudah dalam mengirim surat lamaran kamu.
Syarat-Syarat Surat Lamaran Kerja
Berikut dibawah ini beberapa syarat yang harus dilakukan saat membuat surat lamaran kerja
1. Surat lamaran mesti menggunakan bahasa indonesia yang bagus.
2. Surat lamaran ditulis tangan yang rapi.
3. Surat lamaran ditulis dengan bahasa yang sopan dan simpatik
4. Surat lamaran mesti berisikan hal-hal tentang identitas pelamar, riwayat pendidikan, maksud pelamar dan lampiran.
Fungsi Surat Lamaran Kerja
Dibawah ini beberapa fungsi surat lamaran kerja ialah :
1. Sebagai bukti tertulis atas pengajuan surat permohonan pekerjaan
Melalui surat lamaran ini, pelamar menulis langsung identitasnya, dan lampiran yang berupa ijazah sebagai bukti telah lulus sekolah, fotokopi KTP, foto, dan riwayat hidup. Selain itu, tanda tangan selaku bentuk pertanggung balasan penulis kepada yang ditulisnya.
2. Sebagai media atau alat komunikasi
di surat lamaran ada beberapa lampiran, seperti KTP, ijazah terakhir, pengalaman melakukan pekerjaan , dan lain-lain. Bagian peserta lamaran akan dengan terperinci mengenali identitas sang pelamar, ijazah terakhir, dan pengalaman melakukan pekerjaan dari surat lamaran yang diberikan pelamar terhadap perusahaan melalui perwakilannya.
3. Sebagai bahan pendapatpenerimaan pekerjaan
lazimnya perusahaan yang memerlukan pegawai gres dengan jabatan yang cukup penting pada istansi atau perusahaan tertentu mempunyai banyak pertimbangan bahkan tes demi tes dijalankan secara ketat untuk mempekerjakan calon pegawai yang lebih bermutu.
Contoh surat lamaran kerja
Jakarta, 20 Juni 2014
Hal : Lamaran pekerjaan
Lampiran : 1 berkas
Kepada : Yth. Kepala bab personalia
PT kopi-ireng
jalan kusuma bangsa semarang
di kawasan
Dengan hormat
Saya yang bertanda tangan :
Nama : Budi Santoso.
Tempat tanggal lahir : Semarang, 12 april 1988.
Pendidikan terakhir : SMK N 8 jakarta teknik mesin.
Status : Belum Kawin.
Alamat : Jln. melati no 5 semarang.
no HP : 0823456712
Saya bertujuan mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Saya memiliki pengalaman sebagai seorang teknisi dibidang mesin di perusahaan mesin ternama di kota jakarta
untuk usulanBapak/Ibu bareng surat ini saya lampirkan.
1. Daftar riwayat hidup.
2. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir.
3. Fotocopy SKCK dari kepolisian.
4. Fotocopy Kartu identitas.
5. Surat pengalaman kerja.( bila ada )
6. Pas foto ukuran 4×6 .
Demikian surat lamaran ini aku ejekan. Besar impian saya bisa diterima melakukan pekerjaan diperusahaan Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian serta waktu yang di berikan saya ucapkan banyak sekali terima kasih.
Hormat saya
( tanda tangan )
Budi Santoso
Demikianlah postingan tentang √Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Cara Menulis, Syarat, Fungsi dan Contohnya dari pengajar.co.id biar bermanfaat.