Gudang Informasi

Rumah Akhlak Kalimantan Timur

Rumah Akhlak Kalimantan Timur
Rumah Akhlak Kalimantan Timur

Pada Kesempatan kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel perihal Rumah Adat Kalimantan Timur berikut ulasanya:




Rumah Adat Kalimantan Timur


Rumah Adat Kalimantan Timur


Kalimantan Timur yaitu wilayah yang memiliki karakteristik khas dalam  hal budaya. Bermacam pakaian etika dan suku-suku yang terkenal mirip Dayak, menjadi identitas yang menempel dan dikenang pada nama Kalimantan Timur.


Namun disamping itu, ada jenis budaya lain yang tetap terus menempel sampai sekarang ini. Budaya tersebut yaitu rumah akhlak Kalimantan Timur. Rumah budbahasa Kalimantan Timur dinamakan Rumah Lamin. Sebenarnya rumah tersebut asalnya ialah rumah identitas milik Suku Dayak Kenyahk


Lalu ditetapkan menjadi rumah tradisional oleh pemerintah pada tahun 1967. Bila kamu perhatikan sekilas saja, Rumah Lamin tampaksangat besar dan luas. Lantai rumah yang tampaksungguh lapang, tentu mampu ditempati oleh banyak orang.


Rumah Lamin mempunyai nilai-nilai filosofis tersendiri yang terletak pada bagian-bagiannya. Ukiran khas pada bab dinding, pagar, tangga, serta bagian rumah lainnya yang memiliki nilai filosofis tuah selaku penolak bala.




Filosofi Rumah Adat Kalimantan Timur


Nilai filosofis yang lain ialah ukuran bangunan yang besar, yang menunjukkan penduduk Dayak selaku penduduk yang hidup secara berbarengan serta dalam gotong-royong.


Melihat karakter Rumah Lamin yang memiliki ukuran yang sangat besar dan lebar itu, tentu menciptakan anda penasaran untuk mengetahuinya lebih dalam.


Bangunan dengan ukuran yang sangat luas tersebut menyimpan bermacam tanda tanya perihal bagaimana karakteristik Rumah Lamin yang khas.




Karakteristik Rumah Adat Lamin Begitu Unik


Rumah Lamin adalah jenis rumah budpekerti yang mempunyai gambaran luar berupa rumah yang dibuat seperti panggung. Lantai Rumah Lamin ada di atas tiang penyangga yang berbentuk silindris atau tabung dengan jumlah yang banyak serta tersebar pada bagian bawah bangunan.


Ukuran rumah tersebut adalah 300 m x 15 m x 3 m serta mampu menampung jumlah orang yang sangat besar, adalah hingga 100 orang. Secara keseluruhan, Rumah Lamin terbuat dari kayu ulin ialah kayu khas Pulau Kalimantan yang terkenal sangat kuat dan tahan lapuk.


Kayu ulin tersebut jika terkena air, maka akan menjadi lebih besar lengan berkuasa hingga seperti besi. Rumah Lamin juga mempunyai tangga yang mengantarkan pengunjung ke lantai rumah. Selain beberapa tiang yang menyangga lantai rumah, juga ada tiang yang menyangga atap rumah dengan materi pembuatan yang sama.




Ciri Khas Rumah Lamin Sebagai Rumah Adat Kalimantan Timur


1. Terdapat Ukiran


Ciri khas yang pertama serta mencolokdari Rumah budbahasa Kalimantan Timur ini adalah goresan-gesekan etnik indah berupa gambar yang bermakna. Gambar-gambar yang diukir lazimnya mempunyai motif makhluk hidup


Seperti penampilan muka manusia, tanaman, binatang, dll. Menurut dogma setempat, goresan-tabrakan yang dibuat tersebut bisa mempertahankan keluarga yang menempatinya dari ancaman ilmu hitam yang sewaktu-waktu menyerang.


2. Bahan Konstruksi


Bahan-bahan konstruksi yang dipakai adalah kayu ulin, yang hanya bisa ditemukan di hutan Kalimantan. Kayu ulin yakni kayu yang terbaik dan bersifat sangat berpengaruh, serta tidak gampang lapuk.


Lalu jika terkena air, justru kayu tersebut bertambah keras dan kuat sepatutnya besi. Oleh alasannya itu, banyak orang yang menjulukinya dengan kayu besi, yang mana mampu dengan efektif dipakai untuk penyangga lantai dan dinding.


3. Warna Yang Khas


Rumah Lamin mempunyai ciri khas berbentukwarna-warna yang didesain kontras serta mampu menghiasi dasar dindingnya. Kuning, merah, hitam, biru, dan putih yakni warna-warna yang utama yang sering senantiasa digunakan dalam arsitektur Rumah Lanin tersebut.


Dalam makna filosofis, merah adalah simbol keberanian, kuning adalah simbol kewibawaan, putih adalah simbol kebersihan jiwa, serta hitam yakni simbol keteduhan.


4. Pembagian Ruangan


Ruangan dalam Rumah Lanin tersebut dibagi menjadi 3 ruangan, yakni ruang tamu, ruang tidur, dan dapur. Wujud  dari ruang tamu yaitu ruang yang kosong dan panjang yang digunakan sebagai tempat menerima tamu atau ruang konferensi budbahasa.


Ruang tidur yang dimiliki dipisahkan berdasarkan jenis kelaminnya, yakni laki-laki dan perempuan. Ada juga ruangan tidur yang khusus bagi pasangan yang telah resmi menikah.


5. Tangga Dan Kolong Rumah


Tangga dalam Rumah Lanin difungsikan untuk mengirim tamu atau pengunjung ke lantai rumah. Sebab bentuknya ialah panggung, maka sungguh diharapkan penggunaan tangga untuk menghubungkannya dengan dasar tanah. Tangga pun juga dibuat dari kayu ulin, jadi tidak mudah lapuk atau dimakan rayap


Sementara kolong rumah yakni ruangan terbuka di bawah rumah yang dihimpit oleh tiang-tiang penyangga yang tersebar di sepanjang bagian bawah lantai rumah. Kolong rumah biasa digunakan selaku kandang sapi, kambing, atau kuda. Kolong rumah tersebut juga sering digunakan selaku lumbung padi.


6. Aksesoris Rumah


Setiap rumah memiliki aksesoris rumah, demikian Rumah Lamin. Aksesoris rumah yang dimiliki pada biasanya adalah ornamen-pernak-pernik tertentu serta kerajinan-kerajinan yang yang dibuat dari kayu.


Aksesoris lain yang dimiliki mampu berupa bahan-materi yang terbuat dari logam, mirip guci emas, senjata, dll. Untuk penduduk Dayak kuno, mereka menambahkan patung-patung  ilahi yang mereka yakini sebagai penjaga rumah dari malapetaka.


Demikianlah artikel dari pengajar.co.id perihal Rumah Adat Kalimantan Timur semoga berfaedah


Advertisement