Gudang Informasi

Ram Dan Rom Yaitu

Ram Dan Rom Yaitu
Ram Dan Rom Yaitu

Pada potensi kali ini pengajar.co.id akan menciptakan artikel yang berjudul RAM dan ROM Adalah : Pengertian, Perbedaan, Contoh, yuk sama-sama kita bahas dibawah in :RAM-dan-ROM-Adalah




Pengertian RAM dan ROM


RAM dan ROM ialah media penyimpanan pada perangkat elektro, tetapi ada sedikit perbedaan yang membedakan RAM dan ROM. Dan dibawah ini yakni pengertian rincian pemahaman RAM dan juga ROM.


Pengertian RAM


Random Access Memory atau yang sering disingkat RAM ialah perangkat keras didalam sebuah komputer yang mempunyai fungsi selaku memori atau  daerah menyimpan data yang bersifat sementara, tergolong berbagai instruksi acara didalamnya.


Data yang tersimpan di RAM umumnya bisa hilang terutama dikala komputer mati atau listrik yang memasok daya ke dalam komputer tersebut dicabut. Selain itu juga, isi data yang ada di RAM tidak pernah tergantung pada alat letak yang dibuat. RAM mampu diakses dengan tidak berurutan atau acak.


Besaran RAM pada suatu perangkat komputer selalu bergantung pada tingkat loading yang dimiliki oleh komputer tersebut. Jadi, jikalau makin cepat proses loading pada komputer dalam melakukan proses penyimpanan data, membuka atau menjalankan acara, maka RAM yang dimiliki pasti akan semakin besar.


Pengertian ROM


Sedangkan pemahaman dari Read Only Memory atau yang sering disingkat ROM yaitu tempat penyimpanan data yang sifatnya permanen. Karena ROM memiliki sifat permanen didalam sebuah komputer maka data yang ada di dalamnya tidak akan berganti, atau bahkan tidak akan hilang meskipun komputer mendadak mati.


ROM ialah perangkat keras yang memiliki bentuk seperti chip memori semi konduktor. Isi data yang tersimpan didalam suatu ROM hanya mampu dibaca dan tidak mampu diubah. Selain itu, untuk mampu menyimpan data di ROM itu sendiri cukup sukar dan biasanya hanya berisi data acara default bawaan pabrik. Sehingga mampu disimpulkan bahwa ROM dipakai untuk menyimpan firmware.


Perbedaan RAM dan ROM


Ada perbedaan antara RAM dan ROM, ialah diantaranya :



  1. RAM membutuhkan sumber daya dari listrik dalam melakukan maupun menyimpan data. Sedangkan ROM tetap mampu menyimpan data meskipun tidak mempunyai aliran listrik.

  2. Penyimpanan yang ada di dalam RAM tidak bersifat permanen, sementara penyimpanan di dalam ROM lebih bersifat permanen.

  3. Chip yang dimiliki RAM digunakan untuk operasi yang normal, sedangkan chip dalam ROM digunakan untuk proses start-up komputer.

  4. Chip yang dimiliki RAM umumnya berlangsung lebih cepat, berlainan dengan chip yang dipakai dalam ROM yang cenderung lebih lambat.

  5. Ukuran yang dimiliki RAM lazimnya dalam satuan gigabyte dan ukuran di dalam ROM cuma beberapa megabyte.

  6. Jenis memori yang dimiliki RAM ialah volatile sementara jenis memori yang dimiliki ROM yakni non volatile.

  7. RAM merupakan penyimpanan yang data tersimpannya tidak tetap, sementara penyimpanan yang ada di dalam ROM sifatnya tetap.


Fungsi RAM dan ROM


Adapun fungsi dari RAM dan ROM, yakni penjelasannya dibawah ini :


Fungsi RAM



  1. RAM berfungsi selaku kawasan membaca data dan isu yang telah disimpan dalam sebuah hardisk komputer.

  2. RAM berfungsi selaku kawasan penyimpanan data sementara.


Fungsi ROM



  1. ROM berfungsi sebagai media untuk menyimpan firmware dari software yang ada di dalam komputer.

  2. ROM memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan semua media penyimpanan lain.


Jenis-Jenis RAM


Dibawah ini adalah jenis-jenis RAM yang umumnya ada didalam suatu komputer.




  1. Dynamic RAM (D RAM)




RAM berjenis ini merupakan penyimpanan yang memerlukan refresh ataupun penyegaran dari CPU yang dijalankan secara berkala supaya data yang ada di dalam RAM tersebut tidak hilang.




  1. SD RAM




SD RAM merupakan kependekan dari Sychronous Dynamic Random Access Memory. RAM berjenis ini ialah lanjutan dari D RAM, tetapi sudah mengalami sinkronisasi dari clock system. Proses dari SD RAM lebih singkat dari yang dimiliki oleh D RAM.




  1. DDR RAM




Double Rate Random Access Memory atau biasa dikenal dengan DDR ialah jenis RAM yang memiliki teknologi lanjutan dari SD RAM. Versi modern yang dimiliki DDR RAM yaitu DDR2 dan DDR3.




  1. RDR RAM




RDR RAM yang memiliki kepanjangan dari Rambus Dynamic Access Memory ialah tipe RAM dengan kecepatan kerja yang lebih singkat, juga mempunyai harga yang umumnya juga lebih mahal dari SD RAM. Biasanya RDR RAM digunakan dalam komputer yang mempunyai pentium 4.




  1. S RAM




Static Random Access Memory atau yang lebih dingkat S RAM ialah suatu RAM yang mampu menyimpan data tanpa mesti melaksanakan proses penyegaran yang dilaksanakan CPU. RAM jenis ini mempunyai proses kerja yang jauh lebih singkat dari D RAM dan SD RAM.




  1. EDO RAM




EDO RAM mempunyai kepanjangan dari Extended Data Out Random Access Memory merupakan suatu RAM yang biasa dipakai dalam OS Pentium dan mampu melaksanakan proses penyimpanan dan pengambilan data dalam waktu berbarengan.


Jenis-Jenis ROM




  1. Stock ROM




Stock ROM ialah ROM bawaan dari sistem operasinya yang orisinil dan belum dimodifikasi. ROM jenis ini mempunyai fungsi yang masih sesuai dengan patokan pabrik dari komputer dan tidak memiliki pengembangan dan pergantian. Apabila ingin mengetahui jenis Stock ROM, maka mampu dilihat dari tampilan Apple IOS dan Palm’s WebOS.




  1. Custom ROM




Custom ROM merupakan ROM yang gampang dimodifikasi dan cocok dipakai oleh para pengembang independen. ROM jenis ini sangat sesuai untuk menyimpan banyak sekali data penting yang dimiliki perusahaan, karena custom ROM bisa dimodifikasi sesuai dengan keperluan perusahaan itu sendiri.


ROM jenis ini dikembangkan pribadi dari Google dan OS, serta paling banyak didapatkan pada perangkat android.




  1. Manufacturer




ROM jenis ini juga dikenal sebagai Carrier Stock ROM dan telah mendapatkan perubahan dari pabrik yang memproduksinya.


Manufacturer umumnya ditemukan pada aplikasi android dan jarang sekali didapatkan dalam perangkat komputer ataupun PC. Hal ini disebabkan oleh pergantian yang dikerjakan pada ROM ialah jenis penambahann custom pada aplikasi.


Contoh RAM dan ROM



  • Inilah teladan dari RAM

  • Dan inilah pola ROM


RAM dan juga ROM ialah tata cara penyimpanan yang wajib ada dalam setiap perangkat elektronika, baik komputer maupun ponsel. Tanpa adanya mereka aplikasi dari perangkat bawaan metode operasi tidak akan berjalan maksimal. Demikian juga ihwal penyimpanannya, tanpa RAM dan ROM tentu tidak akan ada ruang penyimpanan.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id yang berjudul RAM dan ROM Adalah : Pengertian, Perbedaan, Contoh, agar bisa berfaedah.


Advertisement