Gudang Informasi

√Puisi Kontemporer

√Puisi Kontemporer
√Puisi Kontemporer

Pada Kesempatan Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan artikel ihwal Puisi Kontemporer Berikut Adalah Pembahasannya:


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kontemporer juga berarti Waktu saat Kini. Jadi, Puisi Kontemporer merupakan puisi yang dapat diciptakan waktu saat kini. Puisi ini akan terlihat kekinian dari kebeb


Pengertian Puisi Kontemporer


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kontemporer juga berarti Waktu ketika Kini. Makara, Puisi Kontemporer yaitu puisi yang mampu diciptakan waktu dikala kini. Puisi ini akan terlihat kontemporer dari keleluasaan pembuatannya, puisi ini tidak akan dan terikat pada bentuk atau rima. Tujuan diciptakan puisi ini ialah untuk mampu menyampaikan gagasan. Berikut ini merupakan tokoh-tokoh yang akan berperan penting dalam puisi kontemporer di Indonesia diantaranya yakni :



  • Sutardji Calzoum Bachri,yang sekarang populer dalam karyanya O, Amuk, maupun O Amuk Kapak

  • Ibrahim Sattah, populer dalam kumpulan puisi Hai Ti

  • Hamid Jabbar, terkenal dalam kumpulan puisi Wajah Kita




Jenis-Jenis Puisi Kontemporer


1. Puisi Mbeling


Secara biasa , puisi mbeling juga terdapat komponen-komponen humor yang berada didalamnya, bercorak kelakar. Didalamnya juga terdapat kadang kala ada komponen kritik, yang utamanya kritik sosial.


2. Puisi Idiom Baru


Puisi idiom baru tetap akan menggunakan kata selaku alat ekspresinya, tetapi kata tersebut akan dinyatakan dengan cara baru, atau diberi nyawa gres.


3. Puisi Suprakata


Puisi suprakata yakni jenis puisi kontemporer yang akan menggunakan kata-kata konvensional yang akan di tukar-tukar atau juga mampu mencitptakan kata-kata baru yang sebelumnya tidak ada kosakatanya dalam bahasa Indonesia. Jenis puisi ini lebih utama mementingkan ritme dan suara


4. Puisi Tipografi


Puisi tipografi yakni salah satu jenis puisi kekinian yang mampu melihat bentuk ataupun tampak fisik yang terdapat memperkuat puisi tersebut.


5. Puisi Multi Lingual


Puisi multilingual ialah jenis puisi kontemporer yang mampu menggunakan kata ataupun juga kalimat ini dari banyak sekali bahasa, baik bahasa asing ataupun juga bahasa kawasan.


6. Puisi Mini Kata


Puisi mini kata ialah jenis puisi kekinian yang menggunakan kalimat-kalimat yang jumlahnya sedikit,akan dilengkapi dengan simbol lain yaitu seperti aksara, garisan titik, atapun jug simbol lain lainnya sebagainya.


7. Puisi Tanpa Kata


Puisi tanpa kata disebut juga jenis puisi kontemporer yang tidak mampu memakai kata sama sekali sebagai cara mengekspresikannya, tetapai memakai titik-titik, garis, aksara ataupun simbol lain lain yang sebagainya .


8. Puisi Mantra


Puisi mantra ialah sebuah jenis puisi kontemporer yang juga akan berafiliasi dengan salah satu jenis pusi lama, ialah mantra. Puisi mantra akan penyajiannya berhubungan dengan dunia misteri/sejarah,banyak memberikan efek kemajuran. Puisi ini akan diperkenalkan oleh Sutardji Calzoum Bachri.




Ciri-Ciri Puisi Kontemporer


Adapun ciri-ciri puisi usang ialah sebagai berikut.



  1. Tipografi unik.

  2. Penulisan kata, baris, atau juga bait akan menyimpang dari penulisan puisi yang pada umumnya.

  3. Terjadi kemacetan bunyi,lalu bahkan hampir tidak mampu dibaca alasannya adalah kadang kala hanya berbentuktanda baca yang akan disejajarkan.

  4. Menggunakan idiom-idiom yang inkonvensional.

  5. Memerhatikan kemerduan suara.

  6. Banyak pengulangan kata, frasa, atau golongan kata.

  7. Kadang-kadang mencampuradukkan kata atau kalimat bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat bahasa abnormal atau bahasa daerah.

  8. Pada biasanya bertemakan kritikan.




Contoh Puisi Kontemporer


Berikut ini ialah beberapa teladan puisi kekinian


Contoh Puisi Multi Lingual


Merapi

merapi…

gagah bak penguasa

asap putih memayungimu

lebat hutan pengawalmu

sejarah laharmu kekal sekarang

merapi…

saumpamane kowe mampu nguri-uri

kabeh sing kaleksana ing tanah Jawi

prilakune manungsa

becik lan ora

marang alam

karunia sang Illahi.




Unsur Puisi Kontemporer


Dalam puisi kekinian, ada beberapa bagian selaku berikut yaitu:



  • Unsur suara

    Adanya aksentuasi rima dan pengulanan

  • Unsur Tipografi

    Yaitu susunan baris atau baitnya serta cara penulisan aksara

  • Enjambemen

    Yaitu pemotongan kalimat atau frase


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id perihal √Puisi Kontemporer : Pengertian, Jenis, Ciri, Contoh dan Unsurnya semoga berguna.


Advertisement