Gudang Informasi

Promosi Yaitu

Promosi Yaitu
Promosi Yaitu

Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan wacana Promosi Berikut Penjelasnnya:


Promosi Adalah




Pengertian Promosi Adalah


Promosi ialah sebuah akitivitas komunikasi yang dijalankan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan penduduk luas, yang mana tujuannya ialah guna memperkenalkan sesuatu adalah barang,jasa,merek,perusahaan) kepada masyarakat serta sekaligus menghipnotis penduduk luas agar membeli dan memakai produk itu.


Promosi yaitu suatu acara penjualan yang biasa dilakukan oleh tenaga pemasar guna menawarkan informasi tentang produknya dan mendorong konsumen agar melakukan pembelian terhadap produk itu. Cara serta media penawaran spesial ada banyak sekali, malah sistem penawaran khusus niscaya berkembang dari waktu ke waktu.




Pengertian Promosi Menurut Para Ahli


1. Harper Boyd


Harpert Boyd Menyatakan Promosi yaitu usah membujuk orang guna menerima produk, konsep serta pemikiran .


2. Swastha


Swastha menyatakan Promosi yakni persuasi satu arah yang di buat guna menghipnotis orang lain yang maksudnya pada langkah-langkah yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.


3. Boone & Kurtz


Boone dan Kurtz menyatakan Promosi adalah proses memberitahukan, membujuk, serta mensugesti suatu keputusan pembelian.




Tujuan Promosi



  1. Bertujuan menyebarluaskan info wacana sebuah produk (barang atau jasa) kepada masyarakat serta calon pelanggan berpotensi.

  2. Bertujuan mengambil dan mendapatkan konsumen gres serta mempertahankan loyalitas mereka.

  3. Untuk menolong mengoptimalkan angka penjualan serta mengembangkan keuntungan.

  4. Untuk membantu mengangkat mutu serta membedakan suatu produk dengan produk dari pesaing.

  5. Untuk branding atau membuat citra suatu produk di mata pelanggan sesuai kemauan perusahaan.

  6. Guna mempengaruhi pendapat serta sikap konsumen pada suatu produk.




Jenis-jenis Promosi


1. Promosi Secara Fisik


Promosi mirip ini bisa kita temukan pada event atau kegiatan tertentu, contohnya bazar, konser, pameran, dsb. Dalam aktivitas penawaran spesial tersebut biasanya para pedagang membuka booth guna menawarkan produknya (barang atau jasa).


Promosi secara fisik memiliki keunggulan serta kelemahan. Kelebihan dari penawaran khusus jenis tersebut ialah memungkinkan usahawan guna menjangkau pribadi serta melaksanakan interaksi eksklusif dengan kandidat pelanggan.


Sementara kelemahan jenis penawaran spesial mirip ini yakni terbatasnya calon pelanggan yang bisa diambil. Kegiatan seperti ini hanya diadakan pada lokasi tertentu, misalnya perkantoran, sekolah, kampus, mall, dan lain-lain, jadi cuma orang yang ada di lokasi yang bisa dijangkau.


2. Promosi Lewat Media Tradisional


Promosi jenis ini dulunya sungguh efektif guna menaikkan angka penjualan. Beberapa diantaranya ialah penawaran spesial melalui media cetak (koran, majalah, tabloid, dsb), radio, televisi, iklan banner, billboard, serta lain-lain.


Promosi jenis ini mempunyai keuntungan tersendiri dibanding penawaran khusus secara fisik, yakni mampu meraih banyak calon pelanggan dalam waktu usang. Tapi, jenis promosi tersebut punya kekurangan ialah mahalnya ongkos promosi, baik dari sisi medianya ataupun ongkos promosinya.


3. Promosi Lewat Media Digital


Perkembangan teknologi serta media isu telah mengubah cara penawaran khusus di periode digital. Beberapa penawaran khusus lewat media digital yang banyak dilakukan yaitu melalui media umum, jaringan situs web, mesin penelusuran, dsb.


Para pebisnis yang sudah melek teknologi lebih menentukan untuk mengiklankan bisnis mereka lewat internet. Selain karena lebih murah, bisa meraih banyak orang, serta proses promosinya pula dipercaya lebih mudah dan cepat.


Kelebihan promosi melalui media digital yakni karena ongkosnya yang lebih murah, pelaksanaannya lebih gampang dan cepat, serta bisa meraih pemakai internet di penjuru dunia.


Sementara kekurangan promosi digital yaitu dibutuhkannya kreatifitas dalam berpromosi secara terus menerus sebab ada banyak kompetitor yang bermain di dalamnya. Dengan kata lain, kunci keberhasilan promosi digital yakni pada keunikan serta sempurna target.




Contoh Promosi



  1. Promosi di Restaurant: Beli Ayam Gratis Minuman Dingin.

  2. Promosi Penjualan retail: Membeli 2 Pasang Kaus Kaki, Gratis 1 Pasang Sarung Tangan.

  3. Promosi provider telekomunikasi: Nelpon selama 5 menit dapat Gratis telpon selama 1 jam ke provider yang sama.

  4. Promosi pemasaran property: Beli Rumah Dapat Janda.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id perihal Promosi Semoga Dapat berfaedah bagi kita semua!


Advertisement