Gudang Informasi

Konjungsi Yakni

Konjungsi Yakni
Konjungsi Yakni

Kali ini pengajar.co.id ingin membagikan postingan perihal Konjungsi Berikut Adalah Penjelasnnya:


Konjungsi Adalah




Pengertian Konjungsi Adalah


Konjungsi adalah kata yang berfungsi untuk penghubung antara satu kata dengan kata lainnya (dalam sebuah kalimat), atau satu kalimat dengan kalimat yang lain (dalam sebuah paragraf). Ada banyak jenis kata penghubung serta pemakaian wajib diadaptasi dengan struktur serta maksud yang mau disampaikan.


Kalau menghubungkan antar kata, jadi letaknya sering ditengah kalimat. Sementara jikalau menghubungkan antar kalimat, jadi letaknya sering diawal kalimat kedua. Mempunyai subjek yang serupa baik dikala menghubungkan antar kata atau antar kalimat. Sering diikuti dengan koma saat menghubungkan antar kalimat.




Ciri-ciri Konjungsi



  • Kalimat ada di tengah kalau menghubungkan antar kata.

  • Jika menghubungkan antar kalimat disertakan koma.

  • Mempunyai subjek yang sangat bagus saatmenghubungkan antar kata atau antar kalimat.




Jenis-jenis Konjungsi


1. Konjungsi Koordinatif


Konjungsi Koordinatif ialah kata penghubung yang berkhasiat menghubungkan kata dengan kata, atau kalimat dengan kalimat, yang mana kata atau kalimat yang dihubungkannya memiliki kedudukan setara atau sederajat.


Jenis Konjungsi Koordinatif:



  • Konjungsi Koordinatif penambahan


Contohnya : dan


Ayah dan ibu pergi ke pasar.



  • Konjungsi Koordinatif Pendampingan


Contohnya : serta


Adik membeli buku, pulpen, pensil, serta penggaris.



  • Konjungsi Koordinatif Pemilihan


Contohnya : atau


Dia boleh menggunakan baju kemeja atau kaos.



  • Konjungsi Koordinatif Perlawanan


Contoh : namun, melainkan


Dia pergi untuk belajar namun lupa menenteng buku.


Pena ini bukan milik saya, melainkan milik Joko.



  • Konjungsi Koordinatif


Contohnya : padahal, sedangkan


Udin menggunakan baju yang tebal, padahal hari ini tidak hujan.


Tasya pergi ke sekolah memakai sepeda sedangkan adiknya naik ojek.


2. Konjungsi Subordinatif


Konjungsi subordinatif adalah Konjungsi yang berfungsi menghubungkan kata dengan kata, atau kalimat dengan kalimat, dimana kata atau kalimat yang dihubungkannya mempunyai kedudukan yang tidak setara  atau tidak sederajat.


Contoh Konjungsi Subordinatif



  • Konjungsi Subordinatif Waktu


Contohnya : semenjak, ketika, ketika, sebelum, sambil, dll.


Dia sudah diajari berenang sejak kecil.


Dia terjatuh dikala bermain sepeda.


Saya makan sambil berdiri.



  • Konjungsi Subordinatif Atributif


Contohnya : yang


Ibu senantiasa membeli buah yang masih segar.



  • Konjungsi Subordinatif Tujuan


Contohnya : agar, semoga, supaya


Aku harus banyak belajar agar terpelajar.


Aku harus bisa memenangkan lomba ini agar bisa mengharumkan nama sekolah.



  • Konjungsi Subordinatif Syarat


Contohnya : bila, bila, asalkan, jika, manakala


Aku akan pergi ke bioskop asalkan ia yang membeli tiketnya.


Aku tidak jadi pergi jika nanti panas.


Aku rela asalkan kau senang.



  • Konjungsi Subordinatif Pengandaian


Contoh : andaikan, seandainya, misalnya, sekiranya


Sungguh saya akan senang seandainya bisa mendapat nilai yang tinggi.


Keluarga akan senang andaikan saya menjadi dokter kelak.



  • Konjungsi Subordinatif Konsesif


Contohnya : biarpun, meskipun, sekalipun, sungguhpun, dll.


Aku akan tetap pergi meskipun nanti hujan.


Keluarga tetap saja senang biarpun saya tidak mendapatkan juara 1.



  • Konjungsi Subordinatif Pembandingan


Contohnya : Seakan-akan, seolah-olah, sebagaimana, dll.


Dia berlagak seakan-akan orang yang paling pintar.


Dia bersikap mirip umumnya seperti tidak bersalah.



  • Konjungsi Subordinatif Hasil


Contoh : Sebab, sebab, oleh alasannya adalah, oleh alasannya adalah, dll.


Udin sering sakit alasannya adalah ia bahagia bermain hujan.


Kakak tidak pergi alasannya adalah sakit.



  • Konjungsi Subordinatif Alat atau Cara


Contoh : dengan, tanpa


Saya pergi ke sekolah dengan motor.


Mereka juga mampu melakukannya tanpa aku.



  • Konjungsi Subordinatif Komplementasi


Contoh : Bahwa


Dia menjajal menerangkan bahwa beliau tidak melakukannya.



  • Konjungsi Subordinatif Perbandingan


Contoh : Sama .. deng, lebih…ketimbang


Sendal itu sama bagusnya dengan yang saya beli kemarin.


Udin lebih tinggi dibandingkan dengan saya.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id wacana Konjungsi Semoga bermanfaat


Advertisement