Gudang Informasi

Pengertian Seni Budaya Ialah

Pengertian Seni Budaya Ialah
Pengertian Seni Budaya Ialah

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan menciptakan postingan yang berjudul Pengertian Seni Budaya Adalah: Fungsi, Macam, Contoh, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini :Pengertian-Seni-Budaya-Adalah




Pengertian Seni Budaya


Seni budaya yaitu semua hal yang dibuatan oleh manusia yang terkait dengan pola hidup dan berkembang bareng dalam golongan yang mempunyai unsur keindahan (estetika) dari generasi ke generasi.


Ini didasarkan pada makna setiap kata sebagaimana disebutkan di atas, jikalau kata “seni” dan “budaya” digabungkan dalam “seni budaya”, itu dapat diartikan sebagai karya seni apa pun yang diciptakan dengan sengaja. Pembuatannya didasarkan pada logika atau budi yang dimiliki oleh beragam acuan golongan sosial masyarakat yang diwariskan dari generasi ke generasi.




Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli




  1. Menurut Andreas Eppink


    Budaya ialah suatu pernyataan artistik dan intelektual yang mesti menjadi ciri khas masyarakat.



  2. Menurut Edward Burnett Tylor


    Budaya berarti keseluruhan kompleks yang mengandung banyak sekali aspek perihal penduduk .



  3. Menurut Ida Bagus Putu Perwita


    Seni budaya ialah pendukung sebuah sarana upacara tradisional.





Macam-Macam Seni Budaya


Berikut dibawah ini ialah macam macam seni budaya, yaitu :




  1. Seni TariSeni-Tari


    Salah satu seni budaya yang masih meningkat di masyarakat sampai sekarang ini adalah seni tari. Tentu saja, beberapa orang sering menghadiri pertunjukan seni tari, dan terkadang tidak jarang ada yang ikut memperagakan gerakan seni tari tersebut.




  2. Seni RupaSeni-Rupa


    Pengertian seni rupa ialah suatu pola seni yang dibuat lewat media yang dapat ditangkap oleh mata dan dicicipi dengan sentuhan. Penciptaan karya-karya seni pada rancangan titik, bidang, bentuk, garis, warna, volume dan lain-lain dengan rujukan estetika.




  3. Seni MusikSeni-Musik


    Seni musik yakni suatu pola seni budaya yang tidak dapat dipisahkan dari penduduk . Arti seni musik adalah cabang seni yang berkonsentrasi pada penggunaan melodi, tempo, ritme, harmoni dan instrumen lainnya. Seni musik bertindak selaku fasilitas untuk mengekspresikan perasaan penciptanya dan mampu meningkat dan berubah seiring waktu.




  4. Seni TeaterSeni-Teater


    Seni teater yakni suatu seni pentasyang ditampilkan di atas panggung. Secara lengkap, seni teater yakni seni yang memperlihatkan gerakan insan yang disajikan dengan obrolan dan akting dari para pemainnya.




  5. Seni KriyaSeni-Kriya


    Seni Kriya mampu diartikan selaku seni yang dibentuk memakai tangan dan memperhatikan berbagai faktor seni dan fungsional. Perkembangan zaman, seni kriya itu sendiri identik dengan seni kerajinan. kerajinan ini sudah ada semenjak Zaman Kuno.






Fungsi Seni Budaya


Berikut dibawah ini ialah fungsi seni budaya, yakni :




  1. Praktis


    Ini bermakna bahwa fungsi karya seni bekerjasama dengan pemenuhan keperluan insan secara fungsional. Misalnya bangku dan meja yang dibuat oleh penduduk Jepara. Tidak cuma indah untuk dilihat, namun karya seni budaya ini juga mampu berkhasiat dalam kehidupan masyarakat.



  2. Estetika


    Ini memiliki arti bahwa fungsi karya seni terkait dengan menyanggupi keperluan manusia dalam hal hiasan. Misalnya, patung,  lukisan, arca dan sejenisnya. Terkadang karya seni budaya ini juga dipakai untuk ritual keagamaan.





Contoh Seni Budaya


Berikut dibawah ini ialah teladan seni budaya, ialah :




  1. BatikBatik


    Batik Indonesia ditetapkan selaku salah satu warisan budaya oleh UNESCO tepatnya pada 2 Oktober 2009, yang berikutnya diperingati selaku Hari Batik Nasional. Batik pertama kali diperkenalkan ke dunia internasional oleh mantan Presiden Indonesia Soeharto, yang mengenakannya selama pertemuan PBB. Hingga saat ini, batik terus mengalami pertumbuhan pada motif atau teknik pengerjaan.




  2. Alat Musik AngklungAlat-Musik-Angklung


    Angklung yakni alat musik tradisional dari Jawa Barat. Angklung terbuat dari bambu, bersuara jika ada benturan antara tubuh pipa dan bambu, sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dengan susunan nada 2, 3, hingga 4 nada disetiap masing-masing ukuran, besar dan kecil.




  3. Kesenian Wayang KulitKesenian-Wayang-Kulit


    Wayang kulit yakni seni tradisional Indonesia yang meningkat terutama di pulau Jawa. Kata wayang berasal dari “Ma Hyang” yang memiliki arti menuju ke arah roh spiritual, tuhan atau Tuhan Yang Mahakuasa.




  4. Reog PonorogoReog-Ponorogo


    Reog Ponorogo adalah salah satu seni budaya yang berasal dari bagian barat laut Jawa Timur dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang bekerjsama. Di gerbang kota Ponorogo, ada dekorasi berupa sosok warok dan gemblak, dua sosok tersebut juga muncul ketika Reog ditampilkan.



  5. KerisKeris

    Keris yaitu senjata tikam yang juga termasuk dalam kelompok belati (yang mempunyai titik tajam dan kedua sisi tajam). Keris memiliki banyak fungsi budaya yang terkenal di wilayah nusatara bagian barat dan tengah Nusantara.




Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Seni Budaya Adalah: Fungsi, Macam, Contoh, biar dengan adanya postingan ini mampu berfaedah.


Advertisement