Gudang Informasi

Pengertian Flowchart Adalah

Pengertian Flowchart Adalah
Pengertian Flowchart Adalah

Pada potensi kali ini pengajar.co.id akan menciptakan postingan yang berjudul Pengertian Flowchart Adalah: Simbol, Contoh, Jenis, Fungsi, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini :Pengertian-Flowchart-Adalah




Pengertian Flowchart


Flowchart – Kata flowchart merupakan berasal dari Bahasa Inggris yang bermakna ialah diagram alir. Flowchart biasanya disusun berdasarkan algoritma dari suatu acara yang ingin dijalankan, guna untuk membuat lebih mudah pemahaman dari bahasa program. Penyusunan flowchart diharuskan sistematis serta berurutan dengan berdasarkan alur dari acara itu sendiri. Agar lebih jelasnya, dibawah ini yakni pengertian dari Flowchart menurut beberapa mahir, adalah :




Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli




  1. Indrajani




Indrajani mempunyai suatu persepsi wacana flowchart yang lebih sederhana. Menurutnya flowchart merupakan gambaran yang dibuat dalam bentuk sebuah grafik dimana isinya merupakan tindakan program yang dibuat berdasarkan urutan dari mekanisme program itu sendiri.



  1. Jogiyanto


Pendapat Jogiyanto agak mirip dengan usulan Indrajani. Beliau berkata bahwa denah alir atau flowchart ialah sebuah skema yang dibuat untuk mengambarkan alir, arus, atau flow dalam suatu acara dengan menggunakan mekanisme yang sistematis dan berlaku secara logis.




  1. Krismiaji




Krismiaji mengeluarkan sebuah buku yang berjudul Sistem Informasi dan Akuntansi pada tahun 2010. Dalam buku tersebut, Krismiaji mengatakan bahwa flowchart atau skema alir yaitu suatu suatu teknik analitis untuk menerangkan faktor-faktor dari urutan sebuah sistem berita, dimana faktor yang dijelaskan dalam flowchart itu haruslah bersifat tepat, logis, serta terperinci.




Fungsi Flowchrt


Dibawah ini adalah fungsi dari diagram alir atau yang sering disebut Flowchart.




  1. Digunakan untuk Merancang Proyek Baru




Flowchart mampu dipakai untuk merancang sebuah proyek yang akan dibentuk.  Yaitu dengan cara memetakan proyek tersebut ke dalam bentuk diagram alir agar lebih gampang dimengerti dan menolong menyusun langkah untuk mewujudkan proyek tersebut.




  1. Mendokumentasi Proses Kerja Sebuah Program




Selain itu flowchart juga mempunyai fungsi sebagai dokumentasi suatu proses kerja dari proses pembuatan acara tertentu. Mendokumentasi itu sangat penting dalam pengerjaan suatu program yang dimana nanti mampu dijadikan rujukan dalam pembuatan acara berikutnya.




  1. Mengelola Alur Kerja




Maksud dari pengelolaan ini adalah untuk menciptakan acara yang berkualitas dengan menimbang-nimbang integritas prosedur yang dibuat dalam pembuatan program itu sendiri.




  1. Membantu Merepresentasikan Algoritma




Algoritma sangat penting dalam proses pengerjaan sebuah program. Itu dikarenakan acara memerlukan flowchart dalam pembuatannya. Dan ini disebabkan karena flowchart dapat menyanggupi keperluan representasi algoritma program yang direncanakan tersebut.




  1. Mengaudit Proses Kerja




Adapun fungsi lain dari algoritma, ialah sebagai pengaudit dari proses kerja. Dan sebab flowchart itu berbentuk diagram yang diuraikan, maka dari itu kalau suatu acara mengalami kesalahan, akan mudah mendeteksi dari mana sumber kerusakan program tersebut.




Simbol Flowchart


Dibawah ini yakni simbol-simbol flowchart beserta penjelasannya.




  • Flow Direction Symbols atau Simbol Arus




Simbol arus atau yang bisa disebut juga sebagai simbol penghubung, dipakai untuk menyatakan jalannya arus juga menghubungkan antara proses yang satu dengan proses lain.




  • Processing Symbols atau Simbol Proses




Digunakan untuk menyatakan rangkaian dari sebuah proses dalam suatu acara. Berikut ini ialah simbol proses :




  • I/O Symbols atau Simbol Masukan dan Keluaran




Simbol input dan output digunakan untuk menggambarkan masukan dan keluaran yang ada didalam suatu acara.




Jenis-Jenis Flowchart


Ada lima jenis dalam penggambaran flowchart, ialah :




  1. Flowchart Sistem




Merupakan diagram alir yang dapat digunakan untuk menggambarkan alur kerja sebuah tata cara secara keseluruhan. Flowchart tata cara juga memiliki fungsi untuk menjelaskan setiap urutan dari aneka macam mekanisme teratur yang dijalankan sebuah tata cara.


Urutan tata cara ini harus berisikan data dalam suatu sistem dan proses transformasi data dari sistem tersebut. Flowchart sistem hanya mampu berproses baik secara online maupun offline dan terpisah dari komputer, contohnya yakni kalkulator dan mesin kasir.




  1. Flowchart Dokumen




Flowchart dokumen dapatdigunakan untuk menjelaskan tentang arus laporan dan beberapa formulir lengkap dengan tembusannya atau hal yang bersifat administratif. Simbol yang digunakan dalam diagram alir ini sama dengan flowchart tata cara.




  1. Flowchart Skematik




Flowchart skematik mempunyai bentuk yang sungguh mirip dengan flowchart sistem. Namun, flowchart skematik mengguankan ilustrasi lain berbentukgambar komputer ataupun tools lain sesuai kebutuhan.


Flowchart skematik ini mempunyai fungsi selaku penjelasan ihwal mekanisme sistematis yang berlangsung di dalam suatu sistem.




  1. Flowchart Program




Flowchart acara mempunyai sifat yang rincian dalam menggambarkan langkah-langkah dari proses sebuah acara dan dibentuk dengan berdasarkann derivasi flowchart sebuah tata cara. Terdapat 2 macam flowchart yang terkadang dipakai, adalah flowchart akal acara dan flowchart acara komputer yang terang.




  1. Flowchart Proses




Merupakan teknik penggambaran suatu proses rekayasa industrial yang bermaksud untuk memecah sekaligus menganalisis langkah yang diambil dalam sebuah prosedur atau tata cara yang terlah terstruktur.


Simbol yang sering sekali dipakai dalam flowchart proses yaitu simbol operasi, simbol transportasi, simbol inspeksi, simbol penundaan, dan simbol penyimpanan.




Tujuan Flowchart


Dapat ditarik kesimpulan bahwa flowchart memiliki tujuan untuk mempersempit suatu proses secara rapi, singkat, terurai, dan jelas sehingga sebuah acara mampu diketahui dengan lebih baik. Pembuatan flowchart pula mampu memudahkan dan mudah mengerti dalam pembuatan sebuah program.




Contoh Flowchart


Agar mengerti dengan terang tentang flowchart, dibawah ini akan diperjelas dengan teladan-contohnya.




  1. Menghitung Luas Segitiga




Analisis :


Input : a (bantalan) dan t (tinggi) Luas Segitiga = a*t/2


Algoritma :


Masukan nilai alas (a) dan nilai tinggi segitiga (t). Untuk mengkalkulasikan luas segitiga dipakai rumus ganjal dengan tinggi yang telah diputuskan. Rumus Luas Segitiga adalah L = 1/2*a*t


Flowchart :


contoh-Menghitung-Luas-Segitiga




  1. Menghitung Keliling Persegi yang dimengerti luas




Analisis :


Input : L (Luas). Input : S ( segi ). Hitung Sisi : S = L : 2. Hitung Keliling Persegi : K= 4*S


Algoritma :


Masukkan Luas Persegi. Kemudian hitung Sisi Menggunakan rumus diatas. Hitung keliling persegi juga menggunakan rumus diatas. Nilai  K (Keliling Persegi) akan dicetak selaku output ke perangkat output (keluaran)


Flowchart :


contoh-Menghitung-Keliling-Persegi-yang-diketahui-luas




  1. Menentukan Kelulusan Mahasiswa




Algoritma :


Nama mahasiswa dan nilai (sudah terbaca). Kalau mahasiswa mendapat nilai  >70 maka ket “ lulus”Kalau mahasiswa menerima nilai <70 maka ket “tidak lulus”Data nama, nilai dan keterangan akan ditampilkan.


Flowchart :


contoh--Menentukan-Kelulusan-Mahasiswa




  1. Konversi


    Suhu



Algoritma :


Inputkan besaran suhu dalam satuan celcius. Untuk melakukan konversi suhu dari celcius ke Reamur dipakai rumus  :  R = 4/5 * C. Dan untuk  melaksanakan konversi suhu dari celcius ke Farenheit dipakai rumus berikut : F = 9/5 * C + 3


Flowchart :


contoh-Konversi-Suhu




  1. Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap




Algortima :


Inputkan bilangan bundar.Kemudian bagi bilangan yang sudah diinputkan dengan angka 2. Jika menghasilkan sisa pembagian ( 0 ) maka bilangan tersebut genap. Dan bila menciptakan sisa pembagian bukan (0) bimaka bilangan tersebut ganjil


 Flowchart :


contoh-Menentukan-Bilangan-Ganjil-atau-Genap




Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Flowchart Adalah: Simbol, Contoh, Jenis, Fungsi, supaya mampu berfaedah dan lebih memperbesar wawasan anda.


Advertisement