Gudang Informasi

Pemahaman Pantun Yakni

Pemahaman Pantun Yakni
Pemahaman Pantun Yakni

Pada peluang kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel yang berjudul Pengertian Pantun Adalah: Ciri, Jenis, Struktur, Contoh Menurut Ahli, yuk sama-sama kita bahas dibawah ini :Pengertian-Pantun-Adalah




Pengertian Pantun


Pantun yakni jenis puisi usang yang masih terkenal sampai saat ini. Bukan hanya di dalam pelajaran bahasa Indonesia saja pantun dipelajari, tetapi juga di acara-program budpekerti atau hiburan hingga acara televisi pantun masih eksis terdengar. Karena itulah tidak alasan bagi kalian semua untuk tidak mempelajari pantun. Dan dibawah ini ialah penjelasan tentang pemahaman pantun, cirri, jenis, struktur, acuan berdasarkan hebat.




Pengertian Pantun Menurut Ahli




  1. Sunarti




Menurut Sunarti pantun yakni bentuk puisi usang yang mempunyai keindahan tersendiri dalam hal bahasa, dimana salah satunya ditandai oleh rima atau sajak a-b-a-b.




  1. Kaswan dan Rita




Penjelasan dari Kaswan dan Rita, pantun adalah jenis puisi Melayu lama, dimana dalam satu baitnya berisi 4 larik atau baris dengan sajak a-b-a-b, untuk larik pertama serta larik kedua merupakan sampiran dan untuk larik ketiga dan keempat yaitu isi.




  1. Alisyahbana




Sedangkan menurut Alisyahbana, pantun yakni puisi usang yang sudah sangat diketahui oleh orang-orang periode dahulu atau dengan kata lain sangat dikenal dimasyarakat lama.




  1. Herman J. Waluyo




Menurut Herman J. Waluyo pantun itu merupakan salah satu bentuk puisi Melayu asli yang telah mengakar begitu usang di budaya penduduk .




  1. Hidayat




Pantun merupakan salah satu puisi Melayu lama yang telah diketahui secara luas di tanah air Indonesia sejak dulu sampai kini.




Ciri-Ciri Pantun




  1. Tiap Bait Terdiri Dari Empat Baris




Jika di dalam prosa ada paragraph untuk setiap rangkaian kalimat, maka puisi lebih mengenal dengan istilah bait. Di dalam tiap bait itu sendiri berisi untaian kata-kata yang berada dalam satu ide dan mempunyai ciri khas tersendiri bergantung jenis puisinya. Dan terkhusus untuk pantun mempunyai ciri khas berpengaruh ialah tiap baitnya selalu terdiri dari empat baris.




  1. Delapan Sampai Dua Belas Suku Kata Di Tiap Baris




Awalnya pantun tidak dituliskan namun disampaikan secara verbal. Oleh karena itulah, tiap baris pada pantun dibuat sungguh singkat, lazimnya tiap baris pada pantun terdiri atas 8-12 suku kata.




  1. Memiliki Sampiran Dan Juga Isi




Pantun menjadi unik dan mudah dikenang  sebab jenis puisi lama ini tidak hanya padat berisi melainkan juga memiliki pengantar yang puitis hingga terdengar lucu. Pengantar itulah yang sering disebut selaku sampiran. Sampiran pada pantun akan senantiasa berada di baris pertama dan kedua. Lalu, isi pantun akan berada di posisi baris ketiga dan keempat.




  1. Berima a-b-a-b




Kesamaan bunyi yang terdapat dalam puisi disebut dengan rima atau sajak. Terkhusus untuk pantun mempunyai ciri khas yakni rimanya ialah a-b-a-b.




Struktur Pantun


Ada dua struktur yang membentuk sebuah pantun, diantaranya adalah sebagai berikut :



  • Sampiran : Letak sampiran pada pantun lazimnya berada di baris pertama dan kedua. Sampiran tidak berhubungan dengan bagian isi pantun.

  • Isi : Sedangkan isi pantun terletak di barisan ketiga dan keempat. Bagian isi inilah yang merupakan tujuan dari pantun itu sendiri.




Jenis-Jenis Pantun


Pantun itu sendiri mampu dikelompokkan menjadi berbagai macam, ialah diantaranya adalah :




  1. Pantun Daerah




Pantun tempat yaitu jenis pantun yang memakai bahasa daerah. Secara umum pantun ini juga berisi tentang akhlak istiadat atau kebudayaan dari tempat terkait.




  1. Pantun Perpisahan




Seperti namanya, pantun perpisahan ialah pantun yang membahas wacana perpisahan. Umumnya, kisah yang diangkat dalam pantun ini ialah perpisahan seseorang dengan orang terdekatnya.




  1. Pantun Berbalas




Apa yang dimaksud dengan pantun berbalas yakni pantun yang saling menawarkan akhir terhadap pantun lain. Oleh makacdari itu, pantun ini lazimnya diucapkan oleh dua orang atau lebih yang isinya masih berhubungan satu sama lain.




  1. Pantun Tua




Pantun renta yakni pantun yang menunjukkan citra mengenai aksara orang bau tanah, jadi tak aneh kalau ciri-ciri pantun bau tanah yang utama yakni isinya penuhdengan petuah atau pesan tersirat.



  1. Pantun Muda


Maksud dari pantun muda yaitu pantun yang isinya membahas kehidupan para kaum muda yang lazimnya masih dipenuhi oleh gairah baik dalam hal asmara, usaha mencapai sesuatu atau pergaulan.




  1. Pantun Teka-Teki




Seperti halnya dengan namanya, pantun ini adalah pantun yang isinya berupa tebak-tebakan. Oleh alasannya itu, pada bab terakhir pantun teka-teki lazimnya berisi pertanyaan. Biasanya pantun ini digunakan dalam permainan.




  1. Pantun Percintaan




Pengertian dari pantun percintaan ialah pantun yang isinya menyinggung problem cinta serta kasih sayang. Umumnya, jenis pantun yang satu ini begitu populer di golongan muda-mudi terutama berhubungan dengan upaya mereka untuk menyampaikan perasaan kepada orang yang disukainya.




  1. Pantun Nasihat




Pantun nasihat mempunyai tujuan untuk memberikan hikmah, ajuan serta imbauan pada pembaca maupun pendengar untuk melakukan hal-hal yang sifatnya baik saja.




  1. Pantun Kias




Kiasan niscaya mengandung makna, seperti halnya pantun kias yang di dalamnya terdapat makna konotasi. Karena mempunyai nama pantun kias, dalam penulisannya pantun ini menggunakan majas sebagai gaya bahasanya.




  1. Pantun Kepahlawanan




Pantun kepahlawanan yaitu pantun yang berisi perihal bahasan usaha para hero, semangat kebangsaan serta jiwa patriotisme.




  1. Pantun Anak-Anak




Pantun bawah umur mempunyai tujuan supaya anak-anak mulai akrab dengan pantun sekaligus juga menunjukkan pendidikan kepada mereka. Dengan menggunakan bahasa yang ringan dan menggembirakan yang ditujukan kepada bawah umur.




  1. Pantun Jenaka




Pantun jenaka yakni memiliki tujuan untuk menghibur pendengarnya. Ciri-ciri pantun jenaka ini yang paling utama yaitu isinya menawan dan lucu, bahkan tidak jarang jenis pantun satu ini dimanfaatkan untuk menyindir keadaan penduduk tetapi dalam nuansa yang ringan dan tidak menegangkan.




  1. Pantun Agama




Pantun agama yakni pantun yang berkaitan dengan kekerabatan serta kehidupan manusia dengan penciptanya.




  1. Pantun Adat




Yang dimaksud dengan pantun budbahasa yakni pantun yang isinya tentang kebudayaan atau etika istiadat yang dimiliki oleh suatu penduduk atau sebuah kawasan.




  1. Pantun Persahabatan




Jenis pantun selanjutnya adalah pantun persahabatan merupakan pantun yang mengusung tema wacana persahabatan.




  1. Pantun Perkenalan




Merupakan pantun yang memiliki isi untuk mengajak seseorang untuk berkenalan.




  1. Pantun Dagang atau Pantun Nasib




Selanjutnya ialah pantun dagang atau pantun nasib ialah pantun yang menawarkan citra perihal nasib atau keadaan seseorang. Pantun ini biasa digunakan untuk mengisahkan ihwal nasib seseorang dikala berada di perantauan.




  1. Pantun Duka Cita




Pantun ini berkisah perihal kesulitan atau kesedihan. Dan lazimnya pantun ini memberikan citra tentang kehidupan pada masa kanak-kanak yang dilingkupi oleh kesengsaraan karena argumentasi tertentu.




  1. Pantun Suka Cita




Dan yang terakhir ialah pantun suka cita, merupakan pantun yang membicarakan kegembiraan serta kebahagiaan.




Contoh Pantun




  1. Pantun Jenaka




Buah rambutan buah belimbing


Amat cantik gula jawa


Senang sekali punya teman sumbing


Walau marah tetap tertawa






  1. Pantun Teka-Teki




Burung kenari burung prenjak


Terbang sejenak hinggap di tali


Kalau kerabat memang bijak


Hewan apa yang bertanduk di kaki






  1. Pantun Nasihat




Bagai pinang dibelah dua


Tangan nanah disengat lebah


Sejak muda sampai tua


Ajaran baik jangan diubah






  1. Pantun Kiasan




Bunga melati baunya harum


Bisa dipetik di pagi hari


Bunga berseri merekah ranum


Layaknya bidadari nirwana Andini






  1. Pantun Anak-anak




Makan nasi sayur rebung


Ditambah sambal juga lalapan


Rajinlah engkau menabung


Bekal untuk abad depan






  1. Pantun Muda-Mudi




Ke Surabaya bersama dia


Membeli kue dan boneka


Bergeraklah hai jiwa muda


Bekerja dengan semangat yang membara






  1. Pantun Agama




Letakkan benang dalam peti


Jarum di pasir takkan terlihat


Bersifat jujur kan bersihkan hati


Kemana pergi niscaya selamat




Demikianlah artikel dari pengajar.co.id yang berjudul Pengertian Pantun Adalah: Ciri, Jenis, Struktur, Contoh Menurut Ahli, supaya dengan adanya postingan ini mampu berfaedah dan lebih memperbesar wawasan anda.


Advertisement