Gudang Informasi

√Komunikasi Daring Ialah

√Komunikasi Daring Ialah
√Komunikasi Daring Ialah

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Komunikasi Daring Berikut Adalah Penjelasannya:




Pengertian Komunikasi Daring


Komunikasi ialah sebuah proses pemindahan dalam bentuk ide, berita dari seseorang ke orang lain. Komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian pikiran ataupun juga perasaan seseorang terhadap orang lain yang sering menggunakan lambang-lambang yang bermakna untuk kedua pihak, dalam suasana yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mampu mengubah sebuah tingkah laku maupun perilaku seseorang ataupun sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang mau dibutuhkan.


√ Komunikasi Daring : Pengertian, Jenis, Komponen, Tujuan, Keunggulan dan Kelemahan




Jenis Komunikasi Daring


Adapun beberapa 2 jenis komunikasi dalam jaringan adalah:


1. Komunikasi daring sinkron (serentak)


Komunikasi dalam jaringan sinkron ialah suatu komunikasi yang seringkali menggunakan komputer selaku medianya yang terjadi secara serempak, waktu konkret. misal:komunikasi sinkron diantaranya:


Video chat


Video chat adalah suatu teknologi untuk mampu melakukan interaksi audio ataupun video secara real time yang diantara antara pengguna di lokasi yang pastinya berlawanan. Video chat bisa juga dilakukan point-to-point (satu-satu) seperti Skype,maupun juga interaksi multipoint (satu ke banyak atau banyak ke banyak) Seperti Google+ Hangouts.


Teks chat


Teks chat ini yakni sebuah fitur, program, maupun juga aplikasi dalam jaringain internet untuk mampu berkomunikasi atau juga bersosialisasi eksklusif sesama pemakai internet yang sedang daring.


2. Komunikasi daring asinkron


Komunikasi dalam jaringan asinkron merupakan sebuah komunikasi memakai perangkat komputer maupun perangkat lain yang dilaksanakan secara “tunda”. contohnya yani:lembaga, email, rekaman simulasi visual, serta mampu membaca atau juga menulis dokumen daring melalui Worl Wide Web.




Komponen Pendukung Komunikasi Daring


Ada juga beberapa bagian yang harus tersedia sebelum komunikasi dalam jaringan yang bisa dikerjakan. Komponen tersebut dikelompokkan menjadi 3 bab,adalah:


1. Komponen perangkat keras (hardware)


Perangkat yang bentuknya bisa dilihat ataupun juga diraba oleh manusia secara pribadi. contohnya dari perangkat keras yang perlu ada dalam pelaksanaan komunikasi daring diantaranya adalah komputer, headset, mikrofon, atau perangkat penunjang koneksi internet.


2. Komponen perangkat lunak (software)


Program komputer yang sungguh berkhasiat untuk melakukan sebuah pekerjaan yang mau dikehendaki. Software ini sungguh diperlukan sebagai jembatan antara brainware atau hardware. Program-acara yang lazimnya juga digunakan dalam komunikasi daring seperti sky, google+ hangout, webconference, atau lainnya sebagainya.


3. Komponen perangkat nalar atau logika (brainware)


Termasuk di dalam bagian brainware merupakan suatu insan yang mau terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak atupun perangkat keras untuk mampu melaksanakan komunikasi daring.




Tujuan Komunikasi Daring



  • Untuk dapat Berbagi Sumber Daya

  • Media komunikasi

  • Integrasi data

  • Keamanan data

  • Efisiensi Tenaga

  • Efisiensi Waktu

  • Efisiensi Biaya




Keunggulan Komunikasi Daring


Komunikasi daring ini juga mempunyai beberapa keunggulan jikalau kita dibandingkan dengan komunikasi konvensional,yakni:



  • Dapat dilaksanakan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap user dapat melaksanakan komunikasi di mana saja maupun kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet atau juga memiliki fasilitas yang memadai.

  • Efisiensi ongkos: berlawanan dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring ini tidak banyak membutuhkan pihak yang berkomunikasi untuk berjumpa tatap tampang, dengan komunikasi daring Anda juga mampu meminimalisir biaya transportasi.

  • Efisiensi waktu: komunikasi dapat juga dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melaksanakan perjalanan. Pesan komunikasi mampu juga disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik meskipun kedua pihak yang akan berkomunikasi saling berjauhan.

  • Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melaksanakan komunikasi daring, Anda juga bisa mempergunakan layanan TIK yang yang lain untuk mampu mendukung pelaksanaan atau kelengkapan komunikasi tersebut.misalnya,layanan yang mampu digunakan seperti menyebarkan layar, penyajian,atau dokumen.




Kelemahan Komunikasi Daring



  • Tidak mampu mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut wajah, gerakan badan, merupakan hal yang sangat relatif sukar untuk diketahui lewat komunikasi daring.

  • Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring hanya membutuhkan adanya sebuah perangkat keras komputer yaitu, software.

  • Terlalu banyak gosip yang tidak penting: dalam komunikasi daring, kadang-kadang informasi yang didapat menjadi terlampau banyak dan mampu sehingga menciptakan bingung si peserta.


Demikianlah postingan daripengajar.co.id tentang √ Komunikasi Daring Adalah: Pengertian, Jenis, Komponen, Tujuan, Keunggulan dan Kelemahan semoga bermanfaat.


Advertisement