Gudang Informasi

√Komunikasi Adalah

√Komunikasi Adalah
√Komunikasi Adalah

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel perihal Komunikasi Beriut Adalah Pembahasannya:




Pengertian Komunikasi


Komunikasi ialah proses pengantaran dan penerimaan data atau berita antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga mampu dipahami dengan mudah. Sedangkan berdasarkan KBBI, komunikasi adalah pengantaran dan penerimaan berita atau pesan dari dua orang atau lebih supaya pesan yang dimaksud dapat dipahami.


√ Komunikasi Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya




Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli


Berikut dibawah ini pengertian komunikasi menurut para jago


1. Everett M. Rogers


Everett M. Rogers komunikasi yakni suatu proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu akseptor atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.


2. James A. F. Stoner


James A. F. Stoner komunikasi adalah sebuah proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara memberikan pesan terhadap orang lain.


3. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya


Prof. Drs. H. A. W. Widjaya arti Komunikasi adalah relasi kontak antara individu maupun kelompok.


4. Anderson


Anderson pemahaman Komunikasi ualah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis dan konstan berganti sesuai dengan kondisi yang berlaku.


5. Lexicographer


Lexicographer komunikasi yaitu upaya yang bertujuan untuk memberi dan menjangkau kebersamaan. Tujuan yang ingin dikehendaki kedua belah pihak akan tercapai jikalau mereka berkomunikasi dan mempunyai pengertian yang selaras tentang isu yang saling kieim dan diterima.


6. Aristoteles


Aristoteles komunikasi yaitu perjuangan yang berguna sebagai alat warga masyarakat dalam berperan dalam demokrasi.


7. Hoben


Hoben definisi komunikasi yakni suatu proses transfer ajaran atau inspirasi dan pemikiran yang disampaikan secara mulut.


8. Redi Panuju


Redi Panuju pemahaman Komunikasi ialah arus sistem yang melekat dan kinerja antara bagian-bab organisasi yang mengeluarkan sebuah keharmonisan.


9. Murphy & Mendelson


Murphy dan Mendelson pengertian komunikasi yakni suatu upaya yang dijalankan untuk mempertahankan, mempertahankan dan menjalin relasi interpersonal.


10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid


Rogers & D. Lawrence Kincaid komunikasi yakni sebuah tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar gosip satu sama lain, yang pada intinya akan timbul saling pengertian yang bersifat mendalam.




Jenis-jenis Komunikasi


Terdapat beberapa macam komunikasi, berikut dibawah ini penjelasannya


1. Komunikasi Verbal


Komunikasi Verbal ialah komunikasi Lisan yang diutarakan lewat kata-kata yang diucapkan misalnya seperti pidato, presentasi, diskusi dan dialog tatap paras . Dalam komunikasi Verbal, pengirim gosip berbagi pemikirannya dalam bentuk kata-kata. Nada pembicara serta kualitas kata yang dipakai memainkan peranan yang sungguh penting dalam komunikasi lisan. Dalam penyampaiannya, pembicara harus menggunakan bunyi yang keras atau nada yang lebih tinggi dan isi atau konten informasi yang jelas biar si penerima isu mampu dengan mudah mengerti apa yang disampaikan oleh si pengirim, sehingga tidak mengakibatkan kebingungan dan kesalah pahaman.


2. Komunikasi Non-Verbal


Komunikasi Non-Verbal melibatkan bahasa badan (body languange), gerak badan (gesture), mulut wajah (facial expression) dan bentuk tubuh (posture). Dengan kata lain, si pengirim info tidak memakai kata-kata dalam menyampaikan sesuatu yang dikehendakinya, namun, dengan memakai bahasa badan atau mulut tampang serta gerak badan tertentu untuk memberikan gosip.


3. Komunikasi Tertulis (Written Communication)


Komunikasi Tertulis atau written communication ialah proses penyampaian info dengan menggunakan banyak sekali tanda, simbol dan gambar serta tipografi. Informasi atau pesan yang ingin diutarakan tersebut bisa dicetak maupun ditulis dengan goresan pena tangan.




Fungsi Komunikasi


Adapun fungsi komunikasi sebagai berikut



  1. Memastikan Komunikator bisa dipahami oleh komunikan. Makara komunikator harus menandakan dengan jelas pesan utama dengan lenhkap dan terang mungkin.

  2. Untuk mengetahui orang lain. Dengan berinteraksi, siapa saja bisa memahami satu dengan lainnya secara spesifik dengan keterampilan untuk mendengar apa yang orang lain bicarakan.

  3. Supaya pertimbangan kita disetujui oleh orang lain. komunikasi serta teknik bujukan merupakan metode bagaimana biar pandangan baru-wangsit kita mampu diterima orang lain

  4. Menggerakkan orang lain supaya menjalankan apa yang kita harapkan.




Tujuan Komunikasi


Adapun tujuan komunikasi adalah sebagai berikut :



  1. Agar yang diutarakan atau disampaikan komunikator bisa dikenali oleh komunikan, agar mampu dimengerti oleh komunikan maka komunikator perlu menjalaskan pesan utama dengan sejelas-jelasnya dan sedetailnya.

  2. Supaya mampu mengerti orang lain, dengan melakukan komunikasi, semua individu bisa memahami individu lainnya dengan keahlian mendengar apa yang dibicarakan orang lain.

  3. Agar pertimbangan kita bisa diterima orang lain, komunikasi dan pendekatan persuasif merupakan cara biar ide kita mampu diterima oleh orang lain.

  4. Menggerakkan orang lain untuk melaksanakan sesuatu, komunikasi dan pendekatan persuasif kita dapat membangun persamaan presepsi dengan orang kemudian menggerakkannya sesuai harapan kita.




Syarat Komunikasi


1. Source


Source atau sumber yaitu bahan dasar dari penyampaian pesan untuk memperkuat pesan itu sendiri. Salah satu contoh komunikasi ialah orang, buku, lembaga dan masih banyak teladan lainnya.


2. Komunikator


Komunikator adalah seseorang yang menyampaikan pesan, mampu berupa seseorang yang sedang menulis atau berbicara, berupa golongan orang ataupun organisasi komunikasi seperti film, surat kabar, radio, televisi dan lain sebagainya.


3. Komunikan


Komunikan yaitu penerima pesan dalam komunikasi berbentukseseorang, kelompok ataupun massa.


4. Pesan


Pesan ialah keseluruhan hal atau info yang disampaikan oleh seorang komunikator. Pesan memiliki tema utama selaku pengarah dalam usaha untuk mengganti tingkah laku serta sikap orang lain.


5. Saluran


Saluran merupakan media mediator yang dipakai oleh komunikator untuk memberikan pesan. Saluran komunikasi terbagi menjadi beberapa bab, yaitu akses formal atau resmi dan terusan informal atau tidak resmi.


6. Effect


Effect merupakan hasil selesai dari suatu komunikasi yang sudah terjadi.




Model Komunikasi


1. Model S – R


Model stimulus – respon (S – R) ialah model komunikasi yang paling dasar. Model istimulus ini dipengaruhi oleh disiplin ilmu psikologi, khususnya yang beraliran behavioristik. Model ini memberitahukan bahwa komunikasi selaku agresi reaksi yang sederhana.


2. Model Aristoteles


Model Aristoteles ialah model komunikasi yang paling klasik, sering juga disebut dengan versi retoris.


Model komunikasi ini terjadi dikala seorang pembicara mengatakan terhadap khalayak dalam upaya untuk mengganti sikap mereka.


Komunikator akan mengemukakan tiga unsur dasar dalam proses komunikasi adalah pembicara, pesan, dan pendengar.


3. Model Lasswell


Model komunikasi Lasswell ialah perumpamaan berupa lisan yang tersusun sebagai berikut:


Who-Says What-In Which Channel-To Whom-With What Effect?


Lasswell mengutarakan tiga fungsi komunikasi yakni: pengawasan lingkungan, korelasi berbagai bab yang terpisah dalam penduduk untuk merespon lingkungan, dan transmisi warisan sosial dari suatu generasi ke generasi yang lain.


Demikianlah postingan dari pengajar.co.id ihwal √ Komunikasi Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya biar berfaedah.


Advertisement