Gudang Informasi

√Bola Basket Yakni

√Bola Basket Yakni
√Bola Basket Yakni

Pada Kesempatan Kali Ini Pengajar.co.id ingin membagikan postingan perihal Bola Basket Berikut Adalah Pembahasannya:




Pengertian Bola Basket


Permainan bola basket yakni sebuah olahraga berkelompok yang terdiri atas 2 tim berlawanan dengan adanya anggota masing-masing 5 orang, dimana tujuan permainan bola basket adalah untuk menemukan poin yang sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan.


Pertandingan bola basket diselenggarakan di ruangan yang mepunyai ukuran lapangan bola basket dengan panjang 28,5 meter dan juga lebar 15 meter.


Posisi utama dalam permainan bola basket, adalah Forward, yang dimana akan bertugas utuk mampu mencetak poin dan juga memasukkan bola ke dalam ring musuh, Defense, pemain yang hendak bertugas menghadang musuh, serta Playmaker, pemain yang dimana memegang peran untuk menertibkan alur bola dan juga akan mendesain taktik permainan.




Sejarah Bola Basket di Indonesia


Sejarah permainan bola basket yang ada di Indonesia berawal dari kehadiran pedagang dari Cina,yang dimana tepatnya menjelang kemerdekaan. Pada kurun itu, telah bangun beberapa klub bola basket di kota-kota besar yang berada Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung dan juga Yogyakarta. Anggota klub-klub tersebut lebih banyak dari kelompok yang dimana menempuh pendidikan sekolah Cina.


√ Pengertian Bola Basket : Sejarah, Teknik dan Peraturannya


Liem Tjien Siong maupun juga Sonny Hendrawa merupakan seorang pemain legendaris pertama dunia basket milik Indonesia. Meskipun ketika itu, tim Indonesia hanya berhasil membawa juara peringkat ke-4 setelah nya Filipina, Korea atau juga Jepang, tetapi ia sukses mengharumkan nama Indonesia di kalangan Asia. Hal inidisebabkan beliau sukses menjangkau gelar sebagai Pemain Terbaik pada Kejuaraan Bola Basket Asia IV yang dimana akan diselenggarakan di Seoul,adalah Korea Selatan.


Indonesia pertama kali akan menggelar Pekan Olahraga Nasional pada tahun 1948 di Solo. pada kali peluang ini, permainan bola basket telah masuk dalam daftar pertandingan. Itu juga bermakna olahraga ini sudah berkembang pesat di Indonesia.dengan demikian,yang faktanya olahraga bola basket baru yang resmi diakui Indonesia pada tahun 1951. Pada dikala itu, yang sudah memegang tugas selaku Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia merup akan seorang Maladi.


tidak usang kemudian, beliau akan menjabat selaku Menteri Olahraga. Organisasi Bola Basket di Indonesia sendiri baru lalu yang hendak dibentuk atas asal seruan Maladi yang akan dilaksanakan oleh Tonny Wen dan Wim Latumeten. Pada tahun 1955, organisasi ini juga mengalami pergantian menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dengan adanya tujuan untuk dapat menyatukan organisasi-organisasi bola basket yang paling besar di seluruh pelosok negeri.




Teknik Dasar Permainan Bola Basket


1. Teknik Menggiring (Dribble)


Teknik yang satu ini akan bertujuan untuk menjinjing bola megecoh musuh atau mengumpannya pada kawan satu tim yang bersahabat dengan ring lawan. Perbedaan teknik menggiring dalam permainan bola basket dan juga sepak bola yang terletak pada cara pemain menggiring bolanya tersebut.


Dribble pada bola basket ini akan dilaksanakan dengan cara memantulkan bola pada permukaan lantai dengan menggunakan tangan,sedangkan sepat bola, dribble sering dilakukan dengan menggiring bola menggunakan kakinya.


Adapun 2 jenis dribble pada permainan bola basket adalah:



  • Dribble Tinggi: Teknik menggiring bola yang hendak dijalankan secara cepat untuk dapat memasuki daerah pertahanan musuh. Dribble tinggi sering dijalankan dengan berlari maupun juga berjalan cepat ketika pemain yang memegang bola berada jauh dari pemain musuh.

  • Dribble Rendah: Teknik dribble rendah yang mau diterapkan untuk mampu menahan bola dari serangan musuh. Teknik ini digunakan dikala pemain berhadapan eksklusif dengan musuh dan juga ingin mencari celah ketika musuh sedang lengah.


2. Teknik Mengumpan (Passing)


Teknik mengumpan pada prinsipnya akan dijalankan untuk mengarahkan bola terhadap rekan satu tim yang yang lain. Teknik ini dapat dijalankan dengan cara melempar bola kepada rekan satu tim setelah menggiring bola dengan satu maupun juga 2 tangan


Terdapat 6 jenis passing yang sering ditemukan dalam permainan bola basket adalah:



  • Overhead Passing: Teknik ini sering dikerjakan dengan melempar bola dari arah atas kepala. Overhead passing yang mau digunakan saat pemain sudah dikepung oleh lawan.

  • Chest Pass: Teknik mengumpan dengan cara melempar bola di depan dada memakai 2 tangan. Chess past biasa akan diterapkan saat mengumpan bola pada rekan yang berada erat dari kita. Agar tidak mudah terbaca oleh lawan, pemain ini juga umumnya akan memakai gerakan tipuan ke arah ang lain.

  • Baseball Pass: Teknik melempar yang mirip dengan dimana gerakan melempar bola pada permainan baseball. Teknik ini sering dipakai untuk dapat mengejutkan musuh dengan lemparan yang tidak disangka-sangka.

  • Bounce Pass: Teknik ini akan memantulkan bola ke bawah agar diterima oleh rekan satu tim yang digunakan untuk mampu menyingkir dari hadangan lawan.

  • Hook Pass: Teknik yang sering dilakukan dengan satu tangan dengan posisi melipat di atas nya bahu. Teknik ini dipakai untuk mampu menghancurkan pertahanan lawan.

  • Under Pass: Teknik mengumpan yang akan dijalankan dari arah pinggang.


3. Teknik Pivot


Teknik pivot ialah untuk melaksanakan gerakan tipuan pada lawan. Caranya yaitu pemain mampu menggerakkan badan dengan bertumpu pada salah satu kaki dan juga kedua tangan mempertahankan bola dari serbuan lawan.


4. Teknik Menembak (Shooting)


Teknik shooting merupakan suatu teknik dasar yang sungguh wajib dikuasai pemain untuk menerima sebuah poin.


Teknik ini dilaksanakan dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan dengan menggunakan teknik set shoot (membisu di kawasan atau juga memasukkan bola dengan satu atau dua tangan), jump shoot (memasukkan bola dengan melompat), dan lay up (memasukkan bola dengan berlari lalu melompat ke ring).


5. Teknik Rebound


Rebound ialah teknik untuk mampu mengambil bola yang gagal masuk ke dalam ring.


Ada 2 jenis rebound, yakni rebound ofensif ataupun defensif.


Rebound ofensif ialah dimana lemparan ini yang gagal masuk ,kemudian kemudian dimasukkan lagi ke dalam ring oleh rekan tim dan jikalau sukses masuk, tim mendapatkan dua poin. Sementara rebound defensif ialah teknik merebut bola yang gagal akan dimasukkan oleh musuh agar tidak ada lagi perjuangan untuk dapat memasukkan bola ke ring.




Peraturan Bola Basket


Peraturan dasar permainan bola basket yaitu,yakni:



  • Pemain ini mampu melemparkan bola dari segala arah yang dimana menggunakan salah satu atau kedua tangan.

  • Pemain tidak bola berlari sambil memegang bola. Bola mesti dilemparkan di titik pemain yang menerima bola.

  • Bola harus dipegang baik di dalam atau di antara telapak tangan.

  • Pemain tidak diperbolehkan menjengal pemain musuh dengan cara apapun. Tindakan menjegal musuh mampu dikenai hukuman pelanggaran yang berat.

  • Jika salah satu pemain melakukan kesalahan 3 kali berturut-turut, maka kesalahan tersebut akan dijumlah poin untuk musuh.

  • Poin ini akan diperoleh kalau bola yang dilemparkan masuk ke dalam keranjang.

  • Jika bola akan terlempar keluar dari arena pertarungan, maka yang berhak memainkannya pertama kali merupakan seorang pemain pertama yang menyentuhnya.

  • Waktu pertandingan yakni empat kuarter yang masing-masing berdurasi sepuluh menit.

  • Tim yang sukses memasukkan bola ke dalam ring dengan jumlah poin terbanyak itulah dinyatakan selaku pemenang.


Demikianlah artikel perihal √ Bola Basket Adalah : Sejarah, Teknik dan Peraturannya dari pengajar.co.id supaya bermanfaat.


Advertisement