Gudang Informasi

√Kenakalan Sampaumur Ialah

√Kenakalan Sampaumur Ialah
√Kenakalan Sampaumur Ialah

Pada potensi kali pengajar.co.id ingin membagikan artikel √Kenakalan Remaja Adalah Berikut Adalah Pembahasannya:


√ Jenis-Jenis Kenakalan Remaja : Pengertian, Faktor, Dampak, Cara Mengatasi dan Contohnya


Pengertian Kenakalan Remaja


Kenakalan sampaumur maupun juga dalam bahasa Inggris sering disebut juga dengan juvenile delinquency yang mau berasal dari kata “juvenile” yang mau berarti anak-anak dan “delinquere” yang mau berarti terlupakan.oleh alasannya itu, kenakalan sampaumur ini dapat didefinisikan sebagai sebuah kondisi yang sering dilaksanakan oleh para akil balig cukup akal untuk berbuat onar. Kondisi ini merupakan sebuah kondisi patologis, alasannya para cukup umur tersebut berbuat maupun juga akan bertindak di luar batas norma-norma aturan yang berlaku, serta merugikan lingkungan sosialnya.




Faktor Penyebab Kenakalan Remaja


Faktor Internal


1. Krisis Identitas


Perubahan biologis ataupun juga sosiologis pada diri remaja yang memungkinkan dimana akan terjadinya 2 bentuk integrasi. Yang per 1, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya.kemudian ke 2, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena dewasa gagal meraih di masa integrasi yang kedua.


2. Kontrol Diri Yang Lemah


Remaja yang tidak dapat mempelajari atau juga mampu membedakan tingkah laku yang biasa diterima dengan yang tidak bisa diterima akan terseret pada perilaku “pembangkang”. Begitu pula mereka yang telah mengetahui suatu perbedaan dua tingkah laris tersebut, tetapi tidak mampu mengembangkan kontrol diri untuk berperilaku laku sesuai dengan pengetahuannya.


Faktor Eksternal


Kenakalan akil balig cukup akal dapat pula akan terjadi alasannya adalah faktor ekternal seperti keluarga maupun juga perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau pertengkaran diantara anggota keluarga yang mampu memicu sikap negatif pada akil balig cukup akal. Pendidikan yang salah dalam keluarga,misalnya: terlalu memanjakan anak, tidak memperlihatkan pendidikan agama, maupun juga penolakan terhadap keberadaan anak, juga dapat menyebabkan terjadinya kenakalan sampaumur.




Dampak Kenakalan Remaja


Dampak kenakalan remaja akan berimbas pada akil balig cukup akal itu sendiri, keluarga maupun juga lingkungan yang ada sekitarnya. Dampak kenakalan remaja antara lain:


Mereka akan dihindari ataupun dikucilkan oleh banyak orang yag disekitarnya, dengan pengucilan tersebut menimbulkan, cukup umur tersebut akan mengalami banyak gangguan kejiwaan, tetapi bukan gila namun juga melainkan namun ia akan merasa dikucilkan dalam hal sosial, merasa duka ataupun justru tidak senang oleh orang lain.


Dengan kenakalan sampaumur,dimana dampaknya dewasa akan berani melakukan suatu langkah-langkah kriminal. Tidak hanya untuk pelaku kenakalan sampaumur, keluarga juga akan terkena dampak dari kenakalan cukup umur berbentukmenanggung malu sebab akibat tindakan yang sudah dilakukan oleh pelaku kenakalan remaja itu sendiri.




Hal-Hal Mengatasi Kenakalan Remaja


Kegagalan mencapai identitas peran atau juga lemahnya kendali diri bisa juga dicegah atau tertuntaskan dengan prinsip keteladanan. Remaja juga harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang remaja yang sudah akan melampaui abad dimana remajanya dengan baik juga mereka yang mau sukses memperbaiki diri sehabis sebelumnya gagal pada tahap ini.

Adanya motivasi dari keluarga, guru, sobat biar untuk melakukan point pertama.

Kemauan orangtua untuk mampu merapikan keadaan keluarga kemudian sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, maupun juga nyaman bagi sampaumur.

Remaja harus pintar menentukan teman dan lingkungan yang baik serta orangtua ang akan memberi kode dengan siapa dan di komunitas mana akil balig cukup akal mesti bergaul.

Remaja yang akan membentuk ketahanan diri biar tidak mudah terpengaruh kalau ternyata sahabat sebaya maupun juga komunitas yang ada tidak sesuai dengan peluangnya.




Contoh Kenakalan Remaja


1. Mencuri


Mencuri juga mampu merusak nama baik kita,di karenakan jikalau kita tertangkap basah mencuri, kita akan merasa sangat malu, atau kita juga akan di jauhi oleh orang orang yang bersahabat dengan kita, alasannya mereka itu telah tidak yakin lagi dengan perbuatan kita.


2. Bolos


Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Seto Mulyadi mengatakan kebiasaan anak yang mau menghabiskan waktu luang ataupun membolos dikala jam sekolah salah satunya disebabkan karena pelajaran maupun juga acara di sekolah tidak mempesona.


3. Perbuatan zina


Adalah kekerabatan seksual yang tidak syah. Islam sudah melarang segala bentuk korelasi seksual diluar akad nikah, atau juga menetapkan eksekusi yang berat kepada pelanggaran aturan yang sudah ditentukan,maupun masih banyak lagi.




Ciri-ciri Kenakalan Remaja



  1. Dalam pengertian kenakalan, mesti terlibat adanya sebuah tindakan atau tingkah laku budpekerti.

  2. Kenakalan tersebut memiliki tujuan yang a-sosial yakni dengan perbuatan atau tingakah laku tersebut ia bertentangan dengan nilai atau norma sosial yang ada dilingkungan hidupnya.

  3. Kenakalan akil balig cukup akal yakni sebuah kenakalan yang dijalankan oleh mereka yang berumur diantara 13-17 tahun. Mengingat di Indonesia pengertian dewasa selain diputuskan oleh status akad nikah, maka bisa disertakan bahwa kenakalan sampaumur adalah suatu tindakan atau tindakan yang dikerjakan oleh mereka yang berumur anatara 13-17 tahun dan belum menikah.

  4. Kenakalan cukup umur bisa dilakukan oleh seoarang dewasa saja, atau mampu juga dilakukan tolong-menolong suatu kalangan akil balig cukup akal.




Latar Belakang Terjadinya Kenakalan Remaja


Tumbuh kembang sampaumur pada zaman kini sudah tidak bisa lagi dibanggakan. Perilaku kenakalan dewasa ketika ini susah diselesaikan. Baru-gres ini sering kita dengar info ditelevisi maupun di radio yang disebabkan oleh kenakalan akil balig cukup akal diantaranya tawuran , pelecehan seksual yang dijalankan oleh pelajar SMA , pemakain narkoba dan lain-lain.

Kehidupan akil balig cukup akal pada kurun kini mulai memprihatinkan. Remaja yang semestinya menjadi kader-kader penerus bangsa sekarang tidak bisa lagi menjadi jaminan untuk perkembangan Bangsa dan Negara. Bahkan perilaku mereka condong merosot. Oleh sebab itu , kami selaku akil balig cukup akal yang berpendidikan sadar bahwa kenakan dewasa harus secepatnya dihilangkan , kami mengangkat problem ini sebagai bahan karya tulis.




Solusi Mengatasi Kenalakan Remaja


1. Peran Orangtua :



  • Menanamkan pola latih yang bagus pada anak semenjak prenatal dan balita

  • Membekali anak dengan dasar moral dan agama

  • Mengerti komunikasi yang bagus dan efektif antara orangtua – anak

  • Menjalin koordinasi yang baik dengan guru

  • Menjadi tokoh panutan bagi anak baik dalam sikap maupun dalam hal mempertahankan lingkungan yang sehat


2. Peran Guru :



  • Bersahabat dengan siswa

  • Menciptakan kondisi sekolah yang tenteram

  • Memberikan fleksibilitas siswa untuk mengekspresikan diri pada kegiatan ekstrakurikuler

  • Menyediakan sarana dan prasarana bermain dan olahraga

  • Meningkatkan peran dan pemberdayaan guru BP

  • Remaja bakir menentukan sobat dan lingkungan yang baik serta orang renta member aba-aba dengan siapa dan dikomunitas mana dewasa mesti bergaul.

  • Remaja membentuk ketahanan diri biar tidak terpengaruh jikalau ternyata sahabat sebaya atau komunitas yang ada tidak cocok dengan cita-cita.




Tanda Tanda Munculnya Kenakalan Remaja



  1. Anak-anak tidak diminati oleh taman-temannya sehingga anak tersebut menyendiri.

  2. Anak-anak yang saring menghindarkan diri dari tanggung jawab di rumah atau sekolah.

  3. Anak-anak yang sering mengeluh dalam arti bahwa mereka mengalami problem yang oleh beliau sendiri tidak sanggup mencari permasalahannya.

  4. Anak-anak yang suka berbohong.

  5. Anak-anak yang tidak sanggup memusatkan perhatian.

  6. Anak-anak yang mengalami phobia dan bingung dalam melalui batas yang berbeda dengan panik bawah umur wajar .

  7. Anak-anak yang suka menyakiti / mengganggu sobat-temannya disekolah atau dirumah.


Demikianlah artikel tentang √Kenakalan Remaja Adalah: Pengertian, Faktor, Dampak, Cara Mengatasi dan Contohnya dari pengajar.co.id semoga berfaedah.


Advertisement