Gudang Informasi

Kata Sambutan

Kata Sambutan
Kata Sambutan

Pada potensi kali ini pengajar.co.id akan menciptakan postingan tentang Kata Sambutan yuk disimak ulasannya dibawah ini:


Kata Sambutan




Pengertian Kata Sambutan


Sambutan ialah salah satu jenis pidato yang menampung suatu rangkaian kalimat yang disampaikan secara tertulis maupun secara lisan dalam menyambut sebuah acara atau aktivitas yang mau dilakukan.




Tujuan Kata Sambutan



  1. Memotivasi orang lain supaya meningatkan mutu hidup dan kehidupannya lebih baik.

  2. Mengarahkan pendengar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.

  3. Memberi suatu pengertian perihal rancangan implikastif/isu pada orang lain.

  4. Membuat orang lain senang dengan kata sambutan yg menghibur sehingga orang lain bahagia dan puas dengan ucapan yg kita sampaikan dikala menuju langkah berikutnya.

  5. Memperteguh-menegaskan-memperkuat-mendorong sebuah aktivitas untuk dikerjakan secara operasional dan bertanggung jawab.




Ciri-Ciri Sambutan


Berikut dibawah ciri-ciri sambutan ialah:



  1. Tujuannya terperinci

  2. Isinya mengandung kebenaran

  3. Cara penyampaiannya sesuai dengan pendengar

  4. Menciptakan susana yang efektif dengan pendengar

  5. Penyampaiannya jelas dan mempesona

  6. Menggunakan intonasi, artikulasi, dan volume yang terperinci.




Kerangka Kata Sambutan


Dalam menciptakan kata sambutan,semestinya diawali dengan salam dan penyapaan pada penonton. sehabis itu,menuju ke inti pokoknya. membuat kata sambutan hampir sama mirip pidato.



  1. Salam pembuka.

  2. Kata sambutan.

  3. Isi dan kata yang ingin kau katakan.

  4. Salam epilog.




Contoh Kata Sambutan




  • Contoh Kata Sambutan Pengajian




Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Alhamduhillahi rabbil ‘alamin, wa bihi nasta’inu ‘alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala aahihi wa ash-habihi ajma’in, amma ba’du:


Kepada yang terhormat bapak kiai ………..,para ustadz yang aku muliakan, kerabat, bapak, ibu pengunjung dan hadirat sekalian yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Allah swt. yang sudah menunjukkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan potensi kepada kita sehingga pada malam ini kita bisa berkumpul di rumah Bapak Burhan yang kebetulan menerima giliran sebagai tempat terlaksananya pengajian pengajian rutin tiga bulanan yang kita selenggarakan bareng , tanpa ada suatu halangan apapun.


Shalawat dan salam biar senantiasa dilimpahkan kepadajunjungan Nabi kita Muhammad saw. yang telah mengeluarkan manusia dari gelap gulita kekafiran menuju cahaya kebenaran yang terang benderang, yakni agama Islam.


Saudara, hadirin yang saya hormati. Atas nama pimpinan Jam’yah Majelis Ta’lim atau perkumpulan jama’ah pengajian rutin tiga bulanan, kami sampaikan terima kasih kepada yang terhormat bapak kiai…….Yang berkenan hadir di majlis ini, kami mengharap nanti beliau sudi memperlihatkan mauidhatul hasanah terhadap kita semua. Kami juga memberikan terima kasih terhadap bàpak Burhan yang sudah menawarkan tempat demi terlaksananya aktivitas rutin kita ini, gampang-mudahan amal baiknya ini menerima akhir dari Allah swt. dengan balasan yang lebih baik, amin.






  • Contoh Kata Kata Sambutan Rapat




Pembukaan


Assalamualaikum


Para pengunjung yg berbahagia pertama tama mari kita panjatkan puja dan puju syukur ke hadirat allah SWT yang telah memeberikan karuna nya serta hidayah nya sehingga kita dapat berkumpul di program yg hikmat ini. Dan tidak lupa mari sanjungkan sholawat serta salam terhadap junjungan nabi besar kita Muhammad Saw.


Penutup


Sekian dari kami mohon maaf jikalau ada tutur kata yg kurang berkenan di hati.


Wassalamualaikum.






  • Contoh Kata Sambutan Hari Ibu




Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuuh.


Selamat Pagi, dan salam makmur untuk kita semua.


Hadirin serta hadirat yang kami muliakan.


Ibu-ibu yang berbahagia dan yang kami cintai.


Sebelum saya menyampaikan perkenankanlah aku mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayahnya pada bulaman Ramdhan ini kita semua mampu berkumpul di aula Sekolah Menengan Atas dalam rangka acara pondok Ramadhan. Tak lupa pula salawat serta salam supaya tetap tercurahkan kepada junjungan besar Nabi agung Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir zaman nanti.


Hadirin yang berbahagia khusunya para ibu.


Syukur alhamdulillah, pada hari ini kita diberikan potensi untuk melaksanakan acara dalam rangka memperingati Hari Ibu 22 Desember 2019, dengan tujuan mengembangkan bakti kita kepada Ibu. Pada kesempatan ini saya selaku ketua pelaksana, diberikan kesempatan untuk menawarkan sedikit sambutan saya terutama untuk para Ibu hebat yang datang disini, maupun Ibu ahli yang ada di luar sana.


Ibu sebagai madrasah bagi putra – putrinya, maka sudah selayaknya kita menawarkan pendidikan terbaik untuk anak – anak kita.


Tidak cuma itu, sebagai seorang Ibu kita juga sama – sama memiliki Ibu. Jangan pernah terlarut dengan permasalahan kita sendiri, sehingga kita melalaikan Ibu sendiri. Berbakti terhadap orang hukumnya wajib karena orang tua telah mengasuh dan mendidik kita hingga sekarang ini. Seperti yang telah dijelaskan di dalam surat Al-Isra ayat 23 yang artinya “Dan  hendaklah kau berbuat baik  pada ibu bapakmu dengan sebaik – baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua – duanya hingga berumur lanjut dalam pemliharaanmu, maka sekali – kali janganlah kau menyampaikan terhadap keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah terhadap mereka perkataan yang mulia”


Ketika Rasulullah ditanya kepada siapa kita wajib mendahulukan berbakti ? maka Rasulullah menjawab “ibumu” sampai 3 kali, lalu yang keempat adalah bapakmu. Begitulah Al-quran menggambarkan wacana bagaimana insan harus berbuat baik terhadap kedua orang renta. Karena memang telah sepantasnya dan sebaiknya bagi seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya utamanya ibunya, yang demikian itu sebab betapa besar jasa keduanya kepada sang anak. Jika kita sebagai anak, hingga berani kepada orang renta maka ancamannya yakni tergolong salah satu dosa besar. Alqur’an juga menyinggung bagaimana pengorbanan Ibu kepada anaknya saat sang anak masih dalam kandungan. Betapa sulit dan payahnya sang ibu dalam menjaga kandungannya supaya sang anak terlahir dengan sehat dan sempurna. Bagaimana  sakitnya derita yang di tanggung sang ibu saat menanti detik – detik kelahiran, dia berjuang sekuat tenaga antara hidup dan mati demi si mungil pujaan hati.


Maka dengan tegas Allah menyuruh dalam al qur’an Surah Al luqman ayat 14  Firmannya “Dan kami perintahkan terhadap insan  ( berbuat baik ) kepada dua orang ibu bapanya ; ibunya sudah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah – tambah dan menyapihnya dalam dua tahun ., bersyukurlah kepada –Ku dan terhadap kedua orang ibu bapakmu, cuma kepada –Kulah kembalimu”


Al-quran ialah kitab pegangan umat Islam yang sungguh sempurna, semua hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan ini sudah tercantum dalam kitab yang mulia itu, dan tak terkecuali tentang hakul awlad ‘alal walid dan hakul walid ‘alal awlad (hak anak terhadap orang tua dan hak orang tua kepada anak). Di antara kedua orang renta ini, maka berbuat lebihlah kepada Ibumu. Sebab, nirwana di bawah telapak kaki ibu. Maksudnya, surga kita berada atas keridhoan Ibu.


Hadirin yang berbahagia khusunya para ibu.


Saat ini kita sudah berada di era akhir zaman, zaman milenial maka jangan hingga kita terlarut dalam perkembangan zaman, tetapi mengikis etika baik kita. Semoga supaya orang bau tanah kita senantiasa diberikan kesehatan, rezeki, ketekunan sehingga dapat menemani sampai nanti. Untuk sahabat-temanku yang orang tuanya sudah diundang disisi Allah, agar ditempatkan di nirwana firdaus yang selalu melihat kesuksesan kita dengan senyumnya.


Sekin yang dapat aku sampaikan, jika ada yang kurang berkenan saya mohon maaf. Terima kasih


Akhiru qouli hadza, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.






  • Contoh Kata Sambutan Pada Acara Ulang Tahun




Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Teman-teman sekalian yang kami sayangi,


Syukur alhamdulillah, marilah kita bantu-membantu mengucap syukur terhadap Allah SWT, atas nikmat yang diberikan terhadap kita yang datang di ruangan ini, terutama atas nikmat yang diberikan Allah SWT pada sobat kita …, yang pada malam hari ini genap berusia 12 tahun.


Rekan-rekan yang berbahagia, sebagaimana yang telah diutarakan rekan tadi bahwa malam ini yakni malam selamatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun saudar/saudari kita …, maka marilah kita berikan ucapan selamat kepada rekan … yang sedang merayakan hari ulang tahunnya, supaya dalam usinya yang ke-12 ini akan menambah ABG, memperbesar rizki, memperbesar kekuatan jiwa dan raganya, menambah sukses dan bisnisnya, yang semuanya itu agar mendapat ridla di Allah SWT. Amin.


Teman…, dengan bertambahnya usiamu, ini bertambah pula tugas, keharusan dan tanggung jawabmu, bertambah pula persoalan yang sksn kamu hadapi. Semuanya itu hendaknya dipandang sebagai keharusan, janganlah dipandang selaku beban dalam menjalani roda kehidupan ini. dengan demikian semakin bertambahnya usia kita maka haruslah disertai kian bertambah pula kedewasaan kita.


Teman…, hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk di kurun kemudian, hilangkan kesan-kesan cengeng di era sebelumnya. Untuk itu gantilah sikapmu dengan sikap yang lebih cukup umur tanpa mesti menetralisir perilaku dan kepribadianmu selaku layaknya seorang cukup umur yang telah engkau bina sebelumnya.Semoga apa yang menjadi cita-citamu di usia dewasa yang makin berkembangitu akan mnjadi realita di atas ridho dan lindungan Allah SWT. Amin…


Teman…, karenanya sekali lagi aku sampaikan selamat berulang tahun, supaya panjang umur dan berbahagia sebagaimana yang engkau inginkan dan engkau cita-citakan. Amin…


Terima kasih dan mohon maaf jikalau ada kata-kata aku yang kurang berkenan.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


agar berguna, ya….!…. jadiin yg terbaik….. 🙂




Akhir Kata


Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id tentang Kata Sambutan: Pengertian, Tujuan, Ciri, Kerangka, & Contoh,  agar mampu bermanfaat buat anda.


Advertisement